8 Tips Menjadi Ibu Yang Sukses Dalam Mendidik Anaknya

Menjadi seorang Ibu bagi Anak bukanlah perkara mudah, dari awal mengandung sampai dengan melahirkan, apalagi hal tersebut adalah pengalaman pertama kali dalam melahirkan seorang anak maka orang tua mulailah mendapat tantangan dan ujian tersendiri. Dari si kecil minta di ganti popok karena BAB ataupun ngompol dan sampai dengan menangis karena lapar dan haus. Maka kedua orang tua harus peka.Seiring waktu dari bayi mulai tumbuh menjadi anak-anak yang mulai lagi dengan perlakukan yang berbeda. Terkadang ada anak-anak yang sifatnya bandel dan juga susah untuk di atur, nah itulah sifat naluri sang anak sebenarnya mereka kadang minta di perhatikan dengan lebih.


Oleh karena itu selaku orang tua harus peka terhadap anaknya, dan apa saja kiat-kiat menjadi seorang ibu ataupun orang tua yang sukses dalam mendidik anaknya ?, berikut ulasannya...!

1. Menjalin Komunikasi yang baik pada Anak

Kerap anak yang bandel dan susah untuk dinasehati seorang Ibu suka uring-uringan dan membentak sang anak, sungguh hal tersebut justru perilaku yang salah dalam mendidik anak. Seorang anak yang masih kecil di usia 2 - 3 Tahun ia mudah merekam apa yang ibunya ucapkan maka ada baiknya hindari perlakukan kasar terhadap anak. Jalinlah komunikasi yang baik kalau nasihati maka nasihatilah dengan baik dan menggunakan pendekatan yang halus, agar anak itu nurut apa yang ibunya ucapkan. Contohnya : Nak jangan buang sampah sembarangan nanti kamu di gigit nyamuk mau? mau rumah kamu jadi sarang nyamuk?, dengan hal tersebut maka anak akan berfikir dan menuruti apa yang dikatakan seorang Ibu.

2. Jadi Contohlah yang baik bagi Anakmu

Mayoritas orang tua mendambakan anaknya berperilaku baik namun apa yang didapatkan anak dikehidupan di rumahnya tidak begitu baik. Bahkan suara ibu suka kasar dan hal tersebut sangat salah dalam memberikan contoh baik pada anak. Kalau anak anda ingin baik maka berikanlah contoh yang baik, baiuk itu berupa ucapan maupun tingka laku seorang tua terhadap anaknya.

3. Luangkan waktu pada Anak (Quality Time)

Masa kanak-kanan ataupun sampai dengan Remaja, yang namanya seorang anak itu membutuhkan kasih sayang serta waktu bersama dengan orang tuanya. Maka kalau anda selaku orang tua sibuk dengan pekerjaan anda maka jangan salahkan anak anda kalau lupa dengan orang tua ataupun menjadi anak yang brutal dan liar. Karena anak itu butuh perhatian dan juga kehangatan dalam keluarga. Maka apabila anda ingin menjadi seorang Ibu yang suksess dalam mendidik anak maka aturlah waktu anda dengan baik dan berikan kehangatan keluarga yang harmonis, ajaklah sesekali berlibur bersama-sama satu keluarga.


4. Jangan Suka Membanding Bandingkan Anak Dengan Anak Yang Lainnya

Walaupun anak Anda itu bandel ataupun sulit di atur jangan sampai Anda membanding-bandingkan dengan Anak yang lainnya. Karena hal itu akan membuat anak jadi terluka hatinya dan bisa jadi semakin bandel. Membanding-bandingkan Anak juga bukan cara Ibu yang Ideal dan hal tersebut kurang tepat.

5. Berikan Pujian dan juga Penghargaan

Memberikan penghargaan bagi anak apabila ia berprestasi adalah hal yang wajar asalkan sesuai dengan porsinya dan usianya. Adapun hal tersebut salah satu cara  orang tua dalam memberi pujian dan juga penghargaan bagi Anak, agar nantinya ia lebih semangat lagi untuk meraih prestasinya dalam waktu yang akan datang.

6. Apabila Anak Anda gagal jangan terlalu menyalahkannya

Siapapun orang tuanya pasti menginginkan anaknya sukses dan tidak gagal. Namun boleh dikata kalau Anak anda gagal berarti hal tersebut adalah kesuksesan yang tertunda, berilah motivasi pada Anak anda agar nantinya lebih semanat dan giat dalam meraih apa yang ia impikan. Jangan kalian sebagai orang tua menyalahkan anak anda ketika gagal karena iapun tidak menghendaki kegagalan tersebut. Langkah yang baik adalah memberi Motivasi anak anda agar terus berjuang dan jangan putus semangat.

7. Libatkan juga Ayahnya dalam mendidiknya

Karakter anak itu berbeda beda, ada yang tunduk dengan ayah ada juga yang tunduk dengan ibunya. Namun dalam artian tunduk tersebut adalah patuh dan segan. Dalam mendidik anak maka bagi seorang Ibu libatkan juga sumai anda dalam mendidik anak. Karena anak adalah buah hati kalain berdua. Maka kesuksesan Anak juga kesuksesan bagi kedua orang tua.

8. Didiklah dengan kesabaran

Mendidik dan juga membesarkan seorang anak itu perlu kasih sayang yang tulus dari seorang Ibu. Ketika anak anda tumbuh dalam masa remaja, ada baiknya hindari cara-cara yang mengandung paksaan, karena hal tersebut bisa jadi berbuah kekerasan. Karena dalam masa remaja seorang anak akan lebih suka membangkang karena pada sejatinya ia sedang mencari jati dirinya. Namun bagi Ibu yang baik tetap mengingatkannya untuk selalu berbuat dalam kebaikan.

Nah, itulah 8 Tips Menjadi Ibu Yang Sukses Dalam Mendidik Anak, semoga bermanfaat dan menjadikan sumber referensi bagi pembaca terutama mama muda yang baru punya anak satu atau dalam masa hamil yang pertama kalinya. Semoga bermanfaat sampaijumpa di pembahasan yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Menjadi Ibu Yang Sukses Dalam Mendidik Anaknya"

Post a Comment