Ekonomi Kreatif : Pengertian, Contoh, Manfaat Dan Juga Jenisnya

Ekonomi Kreatif adalah suatu konsep di era globalisasi seperti sekarang ini, dimana Sumberdaya Manusialah yang menjadi alat utamanya dalam menjalankan suatu kegiatan usaha ataupun bisnis tersebut karena membutuhkan ide dan juga skil yang dimiliki untuk dapat memberdayakan suatu barang sederhana yang ada di sekeliling kita, seperti barang bekas ataupun sampah dan lainnya, untuk dapat diolah menjadi produk yang memiliki harga jual yang cukup tinggi.



Contoh Ekonomi Kreatif

Jadi dalam bentuknya sendiri kita dapat melihat beberapa contoh Ekonomi Kraetif disekitar kita tinggal seperti Bisnis di bidang Kerajinan Tangan, Taman Bunga Mini, Poster Karikatur, Hantaran dan yang lainnya, dengan memanfaatkan Sumberdaya yang ada baik itu bahan baku ataupun Manusianya untuk dapat di berdayakan dengan semaksimal mungkin agar dapat menghasilkan sebuah produk dengan bentuk yang baru dan juga mampu terjun dalam bidang dunia usaha berbasis digital. jadi untuk cara pemasarannya bisa menggunakan sosial media ataupun media Internet.

Pengertian Ekonomi Kraetif

Dan menurut para ahli,: Simantupang (2007), Ekonomi Kreatif adalah sebuah Industri yang mengandalkan dan berkonsentrasi pada sebuah keahlian yang dimiliki seseorang, seperti bakat dan juga kraetivitas yang dapat berpotensi meningkatkan kemakmuran dan penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Manfaat Ekonomi Kreatif 

Jadi, ekonomi kreatif ini juga harus mampu berkolaborasi dengan pemangku kepentingan baik itu Pemerintah ataupun para pembisnis yang lainnya. Dengan adanya kolaborasi tersebut diyakini akan mempermudah dalam perkembangan ekonomi kreatif tersebut. Jadi dengan adanya ekonomi kreatif yang ada disekitar kita maka diharapkan dapat menambah pendapatan perekonomian masyarakat, mengurangi pengangguran dan juga membuka lapangan pekerjaan secara luas. 

Jernis Ekonomi Kreatif

Yang namanya kraetif, maka nantinya akan banyak bermunculan ide usaha dengan bentuk yang baru dan juga produk yang baru juga tentunya. Dengan hal tersebut maka pola pikir manusia akan semakin berkembang pesat dan kualitas produk akan lebih baik lagi karena pastinya nanti akan muncul persaingan bisnis tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel