7 Fakta Menarik Universitas Brawijaya yang bikin BAPER MABA

Universitas Brawijaya (UB) adalah salah satu kampus yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 1963 tepatnya di Kota Malang, Jawa Timur. Pada tanggal 5 januari 1963 Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan meresmikan Universitas Brawijaya dan pada tanggal itu juga ditetapkan sebagai Dies Natalis Universitas Brawijaya. Nama Brawijaya adalah nama raden Wijaya (Brawijaya 1) selaku pendiri Kerajaan Majapahit, dan nama kampus tersebut diberikan oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno. Dengan harapan nama tersebut mampu menjadi kampus yang gemilang dan menjadi kampus kebanggaan bangsa Indonesia.


Nah, disini akan saya uraikan mengenai 7 Fakta Menarik Universitas Brawijaya yang bikin BAPER Mahasiswa Barunya. Universitas Brawijaya mempunyai empat kampus. Untuk kampus utamanya terletak di di sebelah barat Kota Malang (Ketawanggede) dan untuk Kampus yang kedua berada di Puncak Dieng yang dikenal dengan UB Dieng, kampus yang kedua ini biasa digunakan untuk fasilitas olahraga outdoor dan juga beberapa fasilitas riset maupun perkuliahan.

Untuk kampus yang ketiga ada di kediri dan kampus yang ke empat berada di Jakarta. Secara keseluruhan Universitas Brawijaya memiliki aset seluas 981 hektar dan dana abadi sebesar 5,12 Triliun rupiah kalau di dolarkan dengan setar US$768, Juta. Maka tidak heran kalau kampus ini banyak sekali peminatnya, karena kampus ini berada di urutan No 2 kampus terbesar di Indonesia setelah Universitas Indonesia. Dan berikut ulasannya 7 Fakta Menarik Universitas Brawijaya yang bikin BAPER Mahassiwa Baru :

1. Kampus Elite menduduki peringkat ke 5 di Indonesia

Universitas Brawijaya adalah kampus elit yang secara konsisten menduduki peringkat ke 5 terbaik di Indonesia, hal tersebut berdasarkan penilaian resmi oleh Kemenristekdikti. Dan untuk tingkat Internasional Universitas Brawijaya menduduki peringkat 51 di Asia dan peringkat 400 kampus di Dunia.

2. Akreditasi kampus Universitas Brawijaya ( A )

Dilansir dari situs resmi UB : https://ub.ac.id/id/about/accreditation/ , bahwa akreditasi kampus  Universitas Brawijaya adalah A dari Badan Nasional Perguruan Tinggi menurut SK Nomor 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018, tertanggal 4 Desember 2018. Dan disni ada 18 fakultas yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemauan kalian masing-masing, serta terdapat 221 program studi.

3. Infrastruktur Kampus Sangat Bagus dan Komplit

Universitas Brawijaya yang memiliki empat kampus ini secara geografis terletak di daerah yang berbeda-beda.  Namun untuk memberikan pelayanan dan juga kemajuan untuk generasi bangsa terutama Mahasiswanya terdapat beberapa fasilitas yang sangat memadai seperti:
  • ATM dan KCP
Nah di area Kampus terdapat beberapa KCP atau Kantor Cabang Pembantu dan juga ATM dari berbagai Bank yang ada di dalam kampus Universitas Brawijaya tersebut, diantaranya: Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA, dan juga Bank BTN.
  • Masjid Raden Patah
Masjid raden Patah adalah masjid utama yang ada di Universitas Brawijaya. Nama Masjid ini di ambil dari nama Raden Patah, nama ini digunakan sebagai bentuk penghormatankepada Raden Patah yang sekaligus beliau adalah pendiri Kesultanan Demak yang merupakan putra dari Prabu Brawijaya Kertabumi. Bangunan masjid ini dirancang oleh Dr. Ali Sukirno, beliau adalah dosen senior Arsitektur di fakultas Teknik Universitas Brawijaya dengan gaya bangunan khas Majapahit. Untuk luas bangunan masjid ini mencapai 6.830 m2 dengan kapasitas mampu menampung 4.500 jamaah dengan kegiatan sholat harian dan mampu menampung lebih dari 7.000 jamaah untuk kegiatan Pengajian.
  • Fasilitas Kesehatan
Fasilitas yang ada di Universitas Brawijaya cukup komplit karena fasilitas yang ada merupakan perwujudan dari rumpun keilmuan kesehatan yang di miliki Universitas Brawijaya agar keberadaannya dapat dirasakan masyarakat. Maka dari berbagai Fakultas seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran Hewan maka terwujdulah beberapa fasilitas Kesehatan di antaranya: 

1. Poliklinik Universitas Brawijaya
2. Rumah Sakit Universitas Brawijaya
3. GPTs (Gedung Pendidikan Terpadu Dokter Spesialis)
4. RSHP UB (Rumah Sakit Hewan Pendidikan)
  • Fasilitas Olahraga dan Seni
Universitas Brawijaya yang memiliki mahasiswa terbanyak di Indonesia maka untuk memberikan fasilitas yang bagus terdapat beberapa fasilitas olahraga dan seni seperti:

1. Gor Pertamina UB
2. Sport Center
3. Lapangan Rektorat
4. Lapangan Sepak Bola
  • Fasilitas Difabel
Universitas Brawijaya adalah perguruan tinggi yang paling ramah bagi kaum difabel, hal ini dibuktikan dengan adanya penerimaan mahasiswa khusus difabel dengan nama SPKPD (Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas) dan didirikan Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD UB), maka fasilitas yang disediakan diantaranya seperti braile disemua fasilitas umum UB, trotoar ramah difabel, maupun fasilitas yang lainnya.

4. Pusat-Pusat (Center) UB

Hingga kini UB telah memiliki berbagai macam pusat (Center) yang membawahi sektor riset ataupun pusat studi (Reserach Center) dan juga pelayanan yang memiliki wewenang untuk meningkatkan mutu dan reputasi UB beserta layanannya kepada sivitas akademika. Pusat-pusat ini berada dibawah koordinasi dua lembaga berbeda yakni, LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dan LP3M (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu).
  • Pusat Studi UB
Universitas Brawijaya memiliki 26 Pusat Studi, adapaun fungsinya sebagai kegiatan penelitian untuk meningkatkan reputasi ilmiah, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi agar berdaya guna bagi umat manusia. Pusat-pusat studi tersebut diantaranya adalah:
  1. Pusat Studi Jagung
  2. Pusat Studi Kebumian dan Mitigasi Bencana
  3. Pusat kajian Anti Korupsi
  4. Pusat Studi Peradaban
  5. Pusat Studi Halalan Thoyib ( Halal Thoyib Science Center) 
  6. Pusat Riset dan Enterpreneurial Agroindustri Atsiri (PUREAA)
  7. Pusat Studi Tanaman Ubi-ubian
  8. Pusat Studi Budaya dan Laman Batas
  9. Pusat Studi Gender (PSG)
  10. Pusat Studi Biosystem
  11. Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH)
  12. Sentra Hak Kekayaan Intelektual (Sentra HKI)
  13. Pusat Penelitian Teknologi Sistem dan Material Maju
  14. Pusat Studi Pesisir dan Kelautan (PSPK)
  15. Pusat Penelitian dan Pengembangan Porang Indonesia (P4I)
  16. Pusat Studi Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat
  17. Pusat Studi Pengembangan Pangan Lokal
  18. Pusat Studi Energi dan Sumber Daya Alam
  19. Pusat Pengelolaan Lahan Terdegradasi dan Bekas Tambang
  20. Pusat Studi Penyakit Degeneratif
  21. Pusat Kajian Wisata
  22. Pusat Studi Perancangan Hukum dan Kebijakan Publik
  23. Pusat Pengembangan Riset Sistem Peradilan Pidana (PERSADA)
  24. Porsmouth Brawijaya Centre For Global, Health, Population and Policy
  25. Pusat Studi Pembangunan desa (PPs desa)
  26. Pusat Studi Molekul Cerdas Berbasis Sumber Genetik Alami.
  • Pusat Layanan
Pusat layanan dibawah ini merupakan gabungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan juga Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M), meliputi sebagai berikut:
  1. Pusat Pelayanan Pengembangan Teknologi Tepat Guna
  2. Pusat Pelayanan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P4M)
  3. Pusat Layanan Konsultasi dan Pengolahan data
  4. Pusat Layanan Kuliah Kerja Nyata
  5. Pusat Pengembangan Manajemen Penelitian (PHK)
  6. Pusat Inkubator Bisnis dan Layanan Masyarakat (PIBLAM)
  7. Peningkatan Publikasi Internasional Karya Ilmiah Dosen (PPIKID)
  8. Pusat Pembinaan Agama
  9. Pusat Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
  10. Pusat Pengembangan Aktivitas Teknologi Pembelajaran
  11. Pusat Informasi, Dokumen dan Keluhan
  12. Pusat Pengembangan Relevansi Pendidikan
  13. Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik dan Profesional 
  14. Pusat Pengembangan Manajemen Pendidikan
  15. Pusat Urusan Internasional
  16. Pusat Jaminan Mutu
  17. Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD)
  18. Pusat Pemeringkatan
5. LSIH (Laboratorium Sentral Ilmu Hayati)

Laboratorium ini merupakan pusat yang adai di Universitas Brawijaya dengan spesialis di bidang keilmuan hayati. Bidang ini meliputi ilmu-ilmu Biologi, Agrikompleks, Kedokteran, serta ilmu-ilmu yang terkait lainnya. LSHI diresmikan pada 26 juli 2007 dan menjadi sentra laboratorium utama di Indonesia yang telah berstandar Internasional ISO 9001.

6. Jalur Daftar Kuliah di Universitas Brawijaya
  1. Jalur SNMPTN (Jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi
  2. Jalur SBMPTN (jalur selseksi ujian tertulis untuk menjaring calon mahasiswa baru)
  3. Jalur SPMB (Jalur mandiri yang diadakan oleh Universitas Brawijaya)
  4. Jalur masuk pascasarjana (untuk memneyeleksi mahasiswa baru Pascasarjana)
  5. Jalur Program Profesi (Untuk menyeleksi mahasiswa baru Program Profesi)
  6. Jalur Program Vokasi (Untuk menyeleksi mahasiswa baru Program Vokasi/Diploma)
  7. Seleksi Alih Jenjang
  8. Seleksi Mahasiswa Baru Internasional
  9. Seleksi program khusus penyandang Disabilitas
7. Gambar Kampus Universitas Brawijaya
  • Kampus UB Utama yang di Malang

  • Kampus UB yang ketiga di Kediri

  • Kampus UB yang kedua di Puncak Dieng

  • Kampus UB yang keempat di Jakarta

Gimana ? teman-teman, apakah kalian sudah baper dengan kemegahan dan fasilitas yang ada?, semoga ulasan ini dapat memberikan gambaran, kalau kamu sekrang jadi keluarga dari Universitas Brawijaya Malang ini? betapa bangganya ya, kampus yang elit dan fasilitas saya katakan  komplit dapat memotivasi kita lebih semangat belajar di kampus ini dan menjadi ilmuan hebat yang dapat memberikan manfaat untuk orang banyak. 

Sumber:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel