10 Manfaat Ketimun Bagi Kesehatan Tubuh

Mentimun atau Latin ketimun sativus. L dimasukkan ke dalam jenis sayuran, mungkin masyarakat umum hanya tahu mentimun hanya untuk menurunkan darah tinggi sedangkan masih banyak manfaat yang ada di mentimun.



1. Mengendalikan tekanan darah tinggi

Bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi mentimun dapat langsung atau membuat jus. Kandungan kalium, magnesium dan serat tinggi mentimun dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Memperlancar pencernaan

Ketimun mengandung banyak serat yang terbukti pencernaan, sehingga dengan mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu pencernaan menjadi normal.

3. Mencegah kanker

Ketimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga isi ini sangat penting dalam menghambat pertumbuhan kanker seperti kanker serviks, prostat, kanker usus besar dan sebagainya.

4. Meningkatkan & kekebalan tubuh mencegah dehidrasi

Ketimun mengandung banyak vitamin C yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu melawan berbagai penyakit. Ketimun juga merupakan buah yang mengandung banyak air sehingga dapat mencegah dehidrasi ringan.

Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

5. Kesehatan ginjal

Banyak air di mentimun juga dapat mengatasi masalah ginjal dan kandung kemih, sehingga dapat membuat ginjal menghasilkan menghasilkan urin.

6. membantu menurunkan kadar kolesterol

Bagi para teman steemian yang mengalami kadar kolesterol tinggi harus mulai sekarang berlipat ganda, karena di mentimun adalah senyawa sterol yang Merit lebih rendah kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

7. Menurunkan kadar gula darah

Mengkonsumsi mentimun baik untuk penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan berguna selama proses sintesis hormon insulin dalam tubuh.

8. Baik untuk kesehatan kulit

Menerapkan mentimun pada wajah mungkin telah dilakukan oleh beberapa orang karena diyakini baik untuk kulit wajah. Bukan hanya isinya tapi biji mentimun juga mengandung vitamin E dan kalium yang baik untuk kulit.

Baca Juga: Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

9. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Serat tinggi mentimun dan juga sifat mentimun dingin dapat membantu masalah peradangan gigi termasuk gingivitis. Mentimun makan dapat meningkatkan produksi air liur dan menetralisir asam di mulut sehingga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi

10. Menjaga kesehatan mata

Mungkin selama ini vitamin A hanya ditemukan pada wortel, ternyata ketimun juga mengandung banyak vitamin A.


Dengan menempatkan irisan mentimun di mata dapat bersantai Oto dan saraf sehingga mata lelah dapat disegarkan, selain mengkonsumsi mentimun dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel