12 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh. Anda mungkin pernah mendengar bahwa para ahli merekomendasikan orang dewasa mendapatkan 150 menit dari aktivitas moderat atau 75 menit aktivitas yang penuh semangat setiap minggu. Renang adalah cara terbaik untuk bekerja seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular. Satu jam berenang membakar hampir sama banyak kalori seperti berjalan, tanpa semua dampak pada tulang dan sendi.

Renang adalah keempat sumber terpercaya aktivitas populer di Amerika Serikat. Tapi mengapa, tepatnya? Ada sejumlah manfaat yang mungkin Anda peroleh dari lap berenang secara teratur. Baca terus untuk mempelajari tentang manfaat berenang dan cara memasukkan berenang ke dalam rutinitas Anda.


Manfaat fisik dan mental dari berenang. Berenang adalah sebuah latihan untuk orang dari segala usia. Hal ini dapat mudah dan murah, dan seseorang dapat pergi pada kecepatan mereka sendiri. Berenang membantu seseorang untuk mendapatkan atau tetap bugar, tetapi manfaat juga meluas ke kesehatan mental.

Orang yang berusia 19 sampai 64 tahun harus mendapatkan 150 menit dari aktivitas aerobik moderat setiap minggu. Anak yang lebih muda harus aktif secara fisik juga.
Penting untuk menggabungkan latihan kekuatan pelatihan ke dalam setiap rutinitas, untuk menjaga otot yang kuat dan fleksibel. Seperti kesehatan memungkinkan, ini harus dilanjutkan selama mungkin sepanjang hidup.

Seseorang dapat memilih berenang di atas bentuk lain dari latihan untuk berbagai alasan. Ini memberikan tubuh latihan yang menyeluruh dan memiliki banyak keuntungan bagi orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Manfaat Berenang Bagi Tubuh

1. Menggerakan Organ seluruh tubuh Anda

Salah satu manfaat terbesar dari berenang adalah bahwa hal itu benar-benar bekerja seluruh tubuh Anda, kepala sampai kaki. Berenang dapat meningkatkan denyut jantung, otot nada, dan mengelola berat badan. Berenang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama, membutuhkan seseorang untuk menggunakan lengan, kaki, batang tubuh, dan perut.

Berenang juga: 
  • Meningkatkan denyut jantung tanpa menempatkan tekanan pada tubuh
  • Meningkatkan kekuatan nada otot
  • Meningkatkan kebugaran
  • Membantu mengelola berat badan
Ada berbagai gaya yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan variasi untuk latihan berenang Anda, termasuk:
  • Gaya dada
  • Gaya punggung
  • sidestroke
  • Butterfly
  • Freestyle
Masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda, dan air memberikan perlawanan lembut. Tidak peduli apa stroke Anda berenang, Anda menggunakan sebagian besar kelompok otot Anda untuk memindahkan tubuh Anda melalui air.

2. Berenang Dapat Bekerja Pada Tubuh Bagian Dalam

Sementara otot Anda mendapatkan latihan yang baik, sistem kardiovaskular Anda juga. Berenang membuat jantung dan paru-parunya kuat. Berenang begitu baik untuk Anda bahwa para peneliti berbagi bahkan mungkin mengurangi risiko kematian. Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif, perenang memiliki sekitar setengah risiko deathTrusted source. Beberapa penelitian lain telah menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan darah pressureTrusted source dan mengontrol darah sugarTrusted.

3. Berenang Bagus Untuk Penderita Cedera, Radang Sendi, dan Kondisi lain

Berenang bisa menjadi pilihan latihan yang aman untuk orang dengan:
  • Arthritis
  • Cedera
  • Cacat
Berenang bahkan dapat membantu mengurangi rasa sakit Anda atau meningkatkan pemulihan Anda dari cedera. Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan osteoarthritis melaporkan penurunan yang signifikan dalam nyeri sendi dan kekakuan, dan mengalami kurang keterbatasan fisik setelah terlibat dalam kegiatan seperti berenang dan Bersepeda.

Bahkan lebih menarik, ada sedikit atau tidak ada perbedaan dalam manfaat antara kedua kelompok. Jadi, berenang tampaknya memiliki banyak manfaat yang sama seperti yang sering diresepkan latihan darat. Jika Anda ingin kegiatan non-air berenang, coba Cukai air ini untuk orang yang menderita sakit arthritis.

4. Pilihan Yang Baik Untuk Penderita Asma

Lingkungan yang lembab di kolam renang dalam ruangan membuat berenang aktivitas besar bagi penderita asma. Tidak hanya itu, berenang dapat sebagai latihan pernapasan, hal ini juga terkait dengan olahraga, seperti menahan napas Anda, mungkin membantu sumber terpercaya Anda memperluas kapasitas paru dan mendapatkan kontrol atas pernapasan Anda.

Baca Juga : Berapa Banyak Buah Yang Harus Anda Makan Setiap Hari

Beberapa studi menunjukkan bahwa berenang dapat mengurangi risiko asma karena bahan kimia yang digunakan untuk mengobati kolam. Bicaralah dengan dokter Anda tentang potensi risiko berenang jika Anda memiliki asma, dan, jika mungkin, mencari kolam yang menggunakan air garam bukan klorin.

5. Bermanfaat Bagi Orang Penderita MS

Orang dengan Multiple Sclerosis (MS) mungkin juga menemukan berenang bermanfaat. Air membuat anggota badan yang mengapung, membantu mendukung mereka selama latihan. Air juga memberikan resistensi yang lembut.

Dalam satu studyTrusted source, program renang 20 minggu mengakibatkan pengurangan rasa sakit yang signifikan bagi penderita MS. Orang ini juga menunjukkan perbaikan dengan gejala seperti kelelahan, depresi, dan kecacatan. Pelajari lebih lanjut tentang terapi air untuk MS.

6. Membakar Kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Seorang dengan berat badan 160 pound membakar sekitar 423 kalori satu jam sambil berenang dengan kecepatan rendah atau sedang. Orang yang sama dapat membakar hingga 715 kalori satu jam berenang pada kecepatan yang lebih kuat. Seorang 200-pon orang melakukan kegiatan yang sama akan membakar antara 528 dan 892 kalori per jam. Seorang 240-pon orang bisa membakar antara 632 dan 1.068.

Untuk membandingkan jumlah ini untuk kegiatan lain yang berdampak rendah, yang sama 160-pon orang hanya akan membakar sekitar 314 kalori berjalan di 3,5 mil per jam untuk 60 menit. Yoga bisa membakar hanya 183 kalori per jam. Dan pelatih elips mungkin membakar hanya 365 kalori dalam jam itu.

7. Meningkatkan Tidur Anda Semakin Nyenyak

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sumber studyTrusted pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, peserta melaporkan baik dorongan dalam kualitas hidup dan tidur setelah terlibat dalam latihan aerobik biasa.

Hampir 50 Persen terpercaya sumber orang tua mengalami beberapa tingkat insomnia, jadi ini adalah berita yang sangat baik. Studi ini difokuskan pada semua jenis latihan aerobik, termasuk elips, StairMaster, Sepeda, Kolam Renang, dan video latihan.

Berenang dapat diakses oleh berbagai orang yang berurusan dengan masalah fisik yang membuat latihan lain, seperti berlari, kurang menarik. Yang dapat membuat berenang pilihan yang baik untuk orang dewasa yang lebih tua mencari untuk meningkatkan tidur mereka.

8. Berenang Dapat Meningkatkan Mood Anda

ResearchersTrusted sumber dievaluasi sekelompok kecil orang dengan demensia, dan melihat peningkatan mood setelah berpartisipasi dalam 12 minggu program air. Berenang dan olahraga air tidak hanya psikologis bermanfaat bagi orang dengan demensia. Latihan telah ditunjukkan untuk meningkatkan mood pada orang lain, juga.

9. Membantu Mengelola Stres

Peneliti yang disurvei sekelompok perenang segera sebelum dan setelah berenang di YMCA di New Taipei City, Taiwan. Dari 101 orang yang disurvei, 44 melaporkan menjadi agak tertekan dan merasa stres yang berhubungan dengan kehidupan yang serba cepat. Setelah berenang, jumlah orang yang masih melaporkan perasaan tertekan menurun menjadi hanya delapan.

Sementara penelitian lebih perlu dilakukan di daerah ini, para peneliti menyimpulkan bahwa berenang adalah cara yang ampuh untuk meringankan stres dengan cepat.

10. Aman Selama Kehamilan

Wanita hamil dan bayi mereka juga dapat menuai hadiah yang luar biasa dari berenang. Dalam satu studyTrusted source pada hewan, seorang ibu tikus renang ditunjukkan untuk mengubah perkembangan otak pada keturunannya. Bahkan mungkin melindungi bayi terhadap jenis masalah neurologis yang disebut hipokxia-iskemia, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan. Selain potensi manfaat bagi anak, renang adalah kegiatan yang dapat dilakukan di semua tiga trimester.
Sumber studyTrusted lain menunjukkan tidak ada efek samping dari berenang di kolam berklorin saat hamil. Pada kenyataannya, wanita hamil yang berenang selama awal sampai pertengahan kehamilan memiliki risiko lebih rendah dari persalinan prematur dan cacat bawaan.

Perlu diingat bahwa sementara berenang umumnya dianggap aman selama kehamilan, beberapa wanita mungkin memiliki pembatasan aktivitas karena komplikasi pada kehamilan. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan baru selama kehamilan, dan jika Anda memiliki komplikasi, tanyakan tentang kegiatan yang aman.

11. Sangat Bagus Untuk Anak

Anak membutuhkan minimal 60 minutesTrusted sumber latihan aerobik setiap hari. Tidak perlu merasa seperti tugas baik. Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan dan tidak selalu merasa seperti bekerja formal.

Anak Anda dapat melakukan baik pelajaran berenang terstruktur atau menjadi bagian dari tim renang. Waktu berenang yang tidak terstruktur adalah pilihan padat lainnya untuk menggerakkan anak.

12. Harga Terjangkau

Berenang juga dapat menjadi pilihan latihan yang terjangkau dibandingkan dengan beberapa orang lain, seperti Bersepeda. Banyak kolam renang menawarkan harga yang wajar untuk bergabung. Beberapa sekolah umum dan pusat lainnya menawarkan berenang jam gratis, atau disesuaikan dengan pendapatan Anda.

Jika Anda masih khawatir tentang biaya bergabung dengan kolam renang, tanyakan pada majikan Anda atau asuransi kesehatan Anda. Beberapa menawarkan penggantian untuk bergabung dengan program kebugaran.

Persiapan Berenang:

Untuk memulai berenang, pertama-tama Anda harus mencari kolam di dekat Anda. Banyak pusat kebugaran dan komunitas yang menawarkan kolam renang, aerobik air, dan kelas Aqua-jogging. Anda mungkin ingin membuat daftar fasilitas di daerah Anda yang memiliki kolam renang, dan kunjungi untuk melihat mana yang bekerja untuk gaya hidup dan anggaran Anda.
  • Siapkan otot Anda
Dari sana, mulai lambat. Anda bahkan mungkin ingin memulai perjalanan Anda di gym dengan kekuatan pelatihan yang bekerja otot Anda sebelum Anda menekan air. Coba pindah seperti dibantu atau tidak dibantu pull-up, sampai dengan repetisi dua digit. squats dan DeadLifts berat badan Anda atau menekan overhead setengah berat badan Anda juga praktek yang baik. Jika Anda mengalami kesulitan, pertimbangkan untuk meminta bantuan pelatih pribadi dalam bentuk.
  • Mulailah Belajar Berenang 
Orang baru untuk berenang dapat memperoleh manfaat dari mengambil pelajaran berenang, yang ditawarkan dalam pengaturan pribadi atau kelompok. Dalam pelajaran, Anda akan belajar stroke yang berbeda, teknik pernapasan, dan tips berguna lainnya untuk mendapatkan yang paling dari latihan Anda.
Untuk menemukan pelajaran berenang dewasa di dekat Anda, cobalah memeriksa database Master renang Amerika Serikat dengan kode pos Anda.
  • Ikuti Aturan Pelatih "kalau ada"
Setelah Anda berada di air, pastikan untuk mengamati Etiket kolam renang. Sering ada jalur lambat, sedang, dan cepat. Tanyakan penjaga pantai yang jalur yang untuk menemukan kecepatan yang tepat Anda.

Jika Anda harus melewati seseorang di depan Anda, melakukannya di sisi kiri. Ketika memasuki dan keluar dari kolam renang, cobalah untuk menghindari tindakan yang akan menciptakan gelombang atau mengganggu perenang lain, seperti melompat. Anda mungkin juga ingin menjaga kuku dan kuku dipangkas untuk menghindari secara tidak sengaja menggaruk perenang lain.
  • Risiko
Berenang aman bagi kebanyakan orang. Seperti halnya latihan, ada risiko tertentu yang terkait dengan berenang. Jika Anda terluka atau memiliki kondisi medis tertentu, pastikan untuk memeriksa dengan dokter Anda sebelum berenang lap. Secara umum, itu adalah ide yang baik untuk Check-in dengan dokter Anda setiap kali Anda memulai program latihan baru.

Baca Juga : Berapa Banyak Buah Yang Harus Anda Makan Setiap Hari

Nah, itulah 12 Manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan dengan gratis, selamat menjaga kesehatan Anda dengan berenang. Janganlupa baca artikel kesehatan yang lainnya dibawah ini  !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel