20 buah yang paling sehat di planet ini

Inilah 20 buah yang paling sehat di planet ini. Makan buah secara teratur dapat meningkatkan kesehatan. Namun, tidak semua buah diciptakan sama. Beberapa dari mereka memberikan manfaat kesehatan yang unik. Nah buah apasakah itu yang sehat, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Buat kalian yang tidak suka makan buah mudah-mudahan dengan membaca ulasan tentang buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh bisa menjadikan Anda semua lebih suka dan gemar mengonsumsi buah ketimbang mengonsumsi obat-obat kimia.


Berikut adalah 20 buah yang paling sehat di bumi

1. Grapefruit

Grapefruit adalah salah satu buah jeruk yang paling sehat. Selain menjadi sumber yang baik vitamin dan mineral, hal ini dikenal karena kemampuannya untuk membantu penurunan berat badan dan mengurangi resistensi insulin. Misalnya, dalam sebuah studi di 91 orang, mereka yang makan setengah jeruk segar sebelum makan akan hilang 2,9 pound (1,3 kg) lebih berat badan mereka daripada mereka yang tidak mekonsumsi grapefruit ini.

Dalam studi yang sama, kelompok jeruk memiliki penurunan yang signifikan dalam tingkat insulin dan mengurangi resistensi insulin. Grapefruit Juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dan membantu mencegah batu ginjal. 

Intinya: Grapefruit sangat bergizi. Rutin mengonsumsi Grapefruit dapat mengurangi resistensi insulin, kolesterol dan membantu mencegah batu ginjal. Grapefruit  juga berguna untuk penurunan berat badan cocok untuk yang lagi program diet.

2. Nanas

Di antara buah-buahan tropis, nanas adalah buah yang banyak mengandung nutrisi. Satu cangkir (237 ml) nanas menyediakan 131% dari referensi asupan harian (RDI) untuk vitamin C dan 76% dari RDI untuk mangan.

Nanas juga mengandung Bromelain, campuran enzim yang dikenal untuk sifat anti-inflamasi dan kemampuan untuk mencerna protein.

Test-Tube dan studi hewan menunjukkan bahwa Bromelain dapat membantu melindungi terhadap pertumbuhan kanker dan tumor.

Intinya:

Nanas kaya akan vitamin C dan mangan. Konten Bromelain yang dapat melawan peradangan dan mengurangi risiko kanker.

3. Alpukat

Alpukat berbeda dari kebanyakan buah-buahan lainnya. Sebagian besar buahyang ada mengandung karbohidrat tinggi, sementara alpukat rendah karbohidrat dan terdiri dari lemak sehat.

Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan peradangan dan kesehatan jantung yang lebih baik. Selain lemak sehat, alpukat yang serat dengan kalium, serat dan magnesium.

Satu bagian seluruh alpukat menyediakan 28% dari RDI untuk kalium. Asupan kalium yang memadai dikaitkan dengan tekanan darah berkurang dan risiko lebih rendah terkena penyakit stroke

Intinya:

Alpukat kaya akan lemak sehat dan kalium, keduanya terkenal karena perannya dalam mempromosikan kesehatan jantung.

4. Buah Blueberry

Blueberry memiliki manfaat kesehatan yang kuat. Mereka memiliki profil gizi yang mengesankan, yang sangat tinggi serat, vitamin C, Vitamin K dan mangan. Blueberry juga sangat tinggi antioksidan. Bahkan, Blueberry diyakini mengandung kandungan antioksidan tertinggi yang ada di golongan buah.

Antioksidan dalam blueberry dapat mengurangi risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung, diabetes dan Alzheimer. Blueberry juga dikenal untuk efek yang kuat pada sistem kekebalan tubuh.

Satu studi menemukan bahwa makan Blueberry secara teratur dapat meningkatkan sel pembunuh alami dalam tubuh. Ini membantu membela Anda terhadap stres oksidatif dan infeksi yang disebabkan oleh virus.

Selain itu, antioksidan dalam blueberry memiliki efek protektif pada otak Anda. Sebagai contoh, Makan blueberry telah ditunjukkan untuk meningkatkan memori pada orang dewasa yang lebih tua..

Intinya:

Blueberry kaya dalam beberapa nutrisi penting. Mereka memiliki kapasitas antioksidan tinggi dan sifat meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.

5. Apel

Apel adalah salah satu buah yang paling populer, dan juga kebetulan sangat bergizi. Buah Apel banyak mengandung jumlah serat yang tinggi, vitamin C, kalium dan vitamin K. Buah Apel juga menyediakan beberapa vitamin B.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dalam apel dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes tipe 2, kanker dan Alzheimer.

Aktivitas antioksidan dalam apel juga telah dikaitkan dengan peningkatan kepadatan tulang dalam hewan dan tes-tabung studi. Manfaat kesehatan lain penting dari apel adalah konten pektin.

Pectin adalah serat Prebiotik yang feed bakteri baik dalam usus dan membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan metabolik.

Intinya:

Apel sangat bergizi. Nutrisi, antioksidan dan serat dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

6. Delima

Delima adalah salah satu buah yang paling sehat yang Anda bisa makan. Tidak hanya padat dengan gizi, Delima juga mengandung senyawa tanaman yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Tingkat antioksidan dalam delima telah terbukti tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau dan anggur merah.

Studi juga menunjukkan bahwa buah delima memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Intinya:

Delima memiliki luas manfaat kesehatan. Mereka sangat tinggi antioksidan dan senyawa tanaman lain yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah penyakit.

7. Mangga

Mangga adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Buah Mangga juga mengandung serat larut, yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Selain itu, Mangga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit.

Dalam penelitian hewan, senyawa tanaman pada Mangga telah ditunjukkan untuk melindungi terhadap diabetes.

Intinya:

Mangga mengandung vitamin C dan serat larut. Mereka juga mengandung senyawa tanaman dengan antioksidan dan anti-inflamasi efek.

8. Stroberi

Stroberi sangat bergizi. Stroberi kaya dengan vitamin C, mangan, folat dan isi potasium adalah di mana stroberi menjadi buah yang sangat bersinar. Dibandingkan dengan buah lainnya, stroberi memiliki indeks glikemik yang relatif rendah.

Sama dengan buah lainnya, stroberi memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Hewan dan tes-tabung studi telah menemukan bahwa stroberi juga dapat membantu mencegah kanker dan pembentukan tumor.

Intinya:

Stroberi kaya akan beberapa nutrisi dan antioksidan. Makan buah Stroberi dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda dan mengurangi risiko beberapa penyakit.

9. Cranberries

Cranberries memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Cranberries memiliki profil gizi yang sangat baik, yang kaya vitamin C, mangan, vitamin E, vitamin K1 dan tembaga.

Cranberries juga mengandung sejumlah besar antioksidan yang disebut flavanol polyphenols, yang dapat meningkatkan kesehatan.

Apa yang membuat cranberry unik dari buah-buahan lainnya adalah bahwa jus dan ekstrak Cranberries membantu mencegah infeksi saluran kemih.

A-jenis Proanthocyanidins adalah senyawa yang dianggap bertanggung jawab untuk efek ini, karena mereka dapat mencegah bakteri menempel pada lapisan kandung kemih dan saluran kemih.

Intinya:

Cranberries kaya dalam beberapa nutrisi dan antioksidan. Cranberries juga mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat yang membantu mencegah infeksi saluran kemih.

10. Jeruk nipis

Lemon adalah buah jeruk yang sangat sehat yang dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Jeruk nipis sangat membantu dalam mempromosikan kesehatan jantung karena potensi buah jeruk dapat untuk menurunkan lipid darah dan tekanan darah.

Berdasarkan temuan dari studi hewan, para peneliti juga telah mengusulkan bahwa senyawa tanaman dalam lemon dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Studi lain menunjukkan bahwa asam sitrat dalam jus lemon memiliki kemampuan untuk mengobati batu ginjal.

Intinya:

Lemon kaya vitamin C dan senyawa tanaman lain yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan berat badan dan membantu mencegah batu ginjal.

11. Durian

Durian dijuluki "raja buah-buahan." Satu cangkir (237 ml) durian memberikan 80% dari RDI untuk vitamin C. Hal ini juga kaya mangan, vitamin B, tembaga, folat dan magnesium. Selanjutnya, durian mengandung beberapa senyawa tanaman yang sehat yang berfungsi sebagai antioksidan.

Intinya:

Durian kaya akan nutrisi dan senyawa tumbuhan yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang menjanjikan.

12. Semangka

Semangka tinggi vitamin A dan C. Hal ini juga kaya dalam beberapa antioksidan penting, termasuk Lycopene, karotenoid dan cucurbitacin E. Beberapa semangka yang mengandung antioksidan telah dipelajari untuk efek obat anti kanker.

Asupan Lycopene dihubungkan dengan penurunan risiko kanker pada sistem pencernaan, sementara cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Mengkonsumsi makanan kaya Lycopene juga dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kemampuan mereka untuk mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

Dari semua buah-buahan, semangka adalah salah satu yang paling hydrating. Hal ini terdiri dari 92% air, yang dapat membantu Anda merasa lebih fresh.

Intinya:

Semangka tinggi dalam air, nutrisi dan antioksidan. Hal ini juga sangat tinggi dalam antioksidan kuat yang disebut Lycopene.

13. Zaitun

Zaitun adalah sumber yang baik vitamin E, besi, tembaga dan kalsium. Zaitun juga menyediakan banyak antioksidan, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kerusakan hati, serta memiliki efek anti-inflamasi.

Demikian pula untuk alpukat, zaitun mengandung asam oleat, yang dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan jantung dan pencegahan kanker.

Selain itu, studi hewan telah menghubungkan beberapa senyawa tanaman di zaitun dengan penurunan risiko osteoporosis.

Intinya:

Zaitun menyediakan berbagai vitamin, mineral dan antioksidan. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan osteoporosis.

14. Blackberries

Blackberries adalah buah lain yang sangat sehat, dikemas dengan vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Blackberries memberikan jumlah kandungan mengesankan yaitu vitamin C, Vitamin K dan mangan. Satu cangkir (237 ml) dari BlackBerry memberikan kekalahan 8 gram serat.

Juga, antioksidan dalam BlackBerry telah ditunjukkan untuk mengurangi peradangan dan penuaan arteri. Kedua efek dapat melindungi terhadap penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Intinya:

Blackberries adalah sumber yang baik dari banyak nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi mereka dapat menurunkan risiko penyakit kronis.

15. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang paling populer dan bergizi di dunia. Makan satu jeruk menengah akan memberikan sejumlah besar vitamin C dan kalium. Jeruk juga adalah buah sebagai sumber yang baik vitamin B, seperti Tiamin dan folat.

Senyawa tanaman dalam jeruk bertanggung jawab untuk sebagian besar manfaat kesehatan kita. Ini termasuk flavonoid, karotenoid dan asam sitrat. Misalnya, asam sitrat dapat mengurangi risiko batu ginjal.

Jeruk mirip dengan lemon dengan jumlah yang mengesankan mengandung vitamin C dan asam sitrat, yang membantu meningkatkan penyerapan besi dan mencegah anemia.

Intinya:

Jeruk mengandung beberapa vitamin penting, mineral dan antioksidan. Ini dapat mengurangi risiko beberapa kondisi seperti batu ginjal dan anemia.

16. Pisang

Pisang kaya akan vitamin dan mineral dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan. Buah Pisang terkenal karena tinggi kalium. Satu pisang menengah menyediakan 12% dari RDI untuk mineral. Salah satu properti unik pisang adalah makeup carb mereka.

Karbohidrat dalam hijau, pisang mentah sebagian besar terdiri dari pati resisten, yang dapat meningkatkan kontrol gula darah dan membuat Anda merasa kenyang. Pisang juga mengandung pektin, yang dapat meningkatkan kontrol gula darah dan kesehatan pencernaan.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa karbohidrat tinggi dan kandungan mineral pisang membuat pisang sebagai buah kaya dengan bahan bakar sebelum melakukan aktifitas.

Intinya:

Pisang menyediakan beberapa senyawa nutrisi dan tumbuhan, termasuk pati resisten dan pektin. Pisang dapat memiliki manfaat untuk latihan, kontrol gula darah dan kesehatan pencernaan.

17. Anggur merah dan ungu

Anggur sangat sehat. Kandungan antioksidan tinggi. Anthocyanin dan Resveratrol dalam anggur memiliki keduanya telah ditunjukkan untuk mengurangi peradangan.

Juga, studi hewan menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam anggur dapat membantu melindungi jantung Anda, mata, sendi dan otak.

Intinya:

Merah dan anggur ungu kaya nutrisi dan senyawa tanaman lainnya yang dapat mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit Anda.

18. Jambu biji

Guava memiliki profil gizi yang luar biasa. Makan hanya satu ounce (28 gram) dari jambu biji akan memberikan Anda 107% dari RDI untuk vitamin C. Jambu biji juga kaya akan serat, folat, vitamin A, kalium, tembaga dan mangan.

Para antioksidan dalam jambu biji telah ditunjukkan untuk melindungi sel dari kerusakan oksidatif, menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Jambu biji lain sumber besar Pectin, yang manfaat pencernaan dan dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Intinya:

Jambu biji adalah tinggi vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Hal ini dapat mengurangi peradangan dan membantu mencegah kanker tertentu.

19. Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat sehat yang tinggi vitamin C, vitamin A, kalium dan folat. Hal ini juga kaya antioksidan anti-kanker Lycopene.

Terlebih lagi, studi menunjukkan bahwa tubuh menyerap Lycopene lebih baik dari pepaya daripada dari buah-buahan, dan sayuran Lycopene kaya lainnya.

Ada juga beberapa bukti bahwa Pepaya dapat meningkatkan pencernaan. Ini berisi Papain, enzim yang membuat protein lebih mudah untuk mencerna.

Intinya:

Pepaya adalah padat gizi dan kaya antioksidan. Makan dapat mengurangi risiko kanker dan meningkatkan pencernaan.

20. Buah Ceri

Ceri kaya nutrisi, terutama kalium, serat dan vitamin C. Ceri banyak mengandung antioksidan, termasuk anthocyanin dan karotenoid, yang dapat mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah beberapa penyakit.

Manfaat kesehatan lain yang mengesankan dari ceri adalah konten melatonin yang ada di dalam buah Ceri.

Melatonin adalah hormon yang sinyal otak Anda ketika saatnya untuk tidur. Ini dapat membantu mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Satu studi menyimpulkan bahwa melatonin konten dalam jus ceri tart ditingkatkan tidur durasi dan kualitas.

Intinya:

Ceri kaya nutrisi dan antioksidan. Mereka juga mengandung melatonin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Note: 
Semua buah-buahan yang sehat, tetapi beberapa bahkan lebih sehat daripada yang lain. Cobalah makan berbagai buah dari daftar buah di atas untuk meningkatkan kesehatan Anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat, janganlupa baca artikel kesehatan yang lainnya dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel