Awas..! Kibarkan Bendera Kusut atau Robek Bisa Didenda 100 Juta

Kibarkan Bendera Kusut ataupun Robek Anda bisa didenda 100 Juta. HUT RI pada tanggal 17 Agustus sudah sebentar lagi, maka persiapan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 74 mulai dipersiapakan bahkan ada yang sudah memulai dengan beberapa perlombaan. Seluruh masyarakat Indonesia dari Kota sampai dengan di Desa sudah memasang Bendera di depan rumah masing-masing. Bahkan di Sekolah, Kantor, di Gunung, disawah, di jalanan Masyarakat mulai memasang bendera Merah Putih dan juga menghias lingkungannya dengan warna Merah Putih sebagai warna identik negara Indonesia.



Foto: Layarberita.com

Namun dari kegiatan itu semua terutama dalam pemasangan Bendera Merah Putih ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik itu Tiang Bendera diusahakan yang kokoh dan juga keadaan bendera Merah Putih itu sendiri.

Tadi disampaikan di Televisi di acara Liputan6 siang ada info yang membuat saya tergerak untuk menulis kembali berita tersebut, serta saya cari lagi informasi untuk menguatkan bahwa di situs resmi jawapos juga telah merilis mengenai Undang-undang yang mengatur tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan juga Lagu Kebangsaan. Bahwa dalam Undang-undang RI No. 24 Tahun 2009 yang mengatur tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan juga Lagu Kebangsaan bahwa undang-undang tersebut berisi terdapat ancaman pidana jika seseorang sengaja mengibarkan bendera merah putih yang dinilai sudah tidak layak untuk dikibarkan atau dipasang.

Ancaman pidana tersebut telah di atur dalam Pasal 24 huruf c yang isinya bahwa, siapapun yang mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut ataupun kusam dengan ketentuan pidana Pasal 67 huruf b. isinya, apabila dengan sengaja mengibarkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut, ataupun kusam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c, maka dapat pidana penjara paling lama 1 Tahun atau denda paling banyak Rp. 100 juta.

Nah, dengan adanya informasi tersebut kiranya dapat ditersukan dan disampaikan kepada masyarakat luas di Negara Indonesia ini. Demikian nformasi mengenai aturan dalam mengibarkan bendera Merah Putih, hal ini tidak berlaku disaat menjelang 17 Agustusan saja akan tetapi berlaku setiap waktu. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat, janganlupa share seluas-luasnya karena hal ini saya rasa penting untuk diketahui oleh Masyarakat Indonesia. janganlupa kunjungi situs Mediasiana setiap hari karena kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting lainnya.

Sumber referensi: Liputan6.com dan JawaPos

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel