Cara Membujuk Anak agar mau makan buah dan sayuran

Hal yang harus dilakukan Orang Tua Jika Anaknya Tidak Mau Makan Budah dan Sayuran. Memberi makan seorang anak bisa menjadi menimbulkan masalah nyata. Setiap orang tua telah melalui pengalaman ini ke tingkat yang lebih besar atau lebih rendah. Dan, ketika anak yang lebih muda mulai makan, mereka biasanya memiliki beberapa tuntutan. Kebanyakan anak menolak makanan karena penampilan makanan yang mereka lihat, penampilan makanan atau bisa jadi mereka hanya takut dengan tampilan makanan yang baru. Hal ini terutama bagi seorang ibu memberikan makanan ketika mencoba memberikan makanan berupa buah dan sayuran.


Apa yang dapat orang tua lakukan agar anaknya mau memakan buah dan sayuran ? 

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memecahkan masalah ini. Karena seorang anak harus makan semuanya. Hal ini disebabkan oleh tahap pembangunan melalui mana ia bisa tumbuh berjalan. Tapi terkadang anak memiliki preferensi makanan yang lebih mencolok dan tidak selalu sehat.

Hal ini dapat menjadi rasa sakit yang nyata bagi orang tua mendapati anak mereka susah untuk makan buah, padahal buah sangat bagus untuk kesehatan anak. 

Apa yang harus dilakukan jika seorang anak tidak ingin makan buah dan sayuran?

Memaksa anak tidak akan pernah menjadi cara terbaik untuk mencapai akhir. Ada banyak strategi lain yang lebih sehat dan lebih cerdas. Yang penting adalah untuk memastikan bahwa anak menikmati nya.


Dengan memaksanya makan sesuatu yang tidak ia inginkan, ia mungkin akan frustrasi dan kesal. Ini hanya akan menghasilkan penolakan makanan, pada umumnya. Banyak orang cenderung meremehkan makanan tertentu. Ini mungkin karena, sebagai anak, mereka dipaksa untuk memakannya. Selama masa kecil, setiap tindakan buruk atau sikap dapat mempengaruhi anak, psikologis.

Memaksa seorang anak untuk makan sesuatu yang tidak ingin mereka makan tidak akan pernah menjadi pilihan yang tepat.

Jika seorang anak menutup mulutnya sebelum makanan tertentu, ia tidak akan mempertahankan makanan tersebut untuk masuk kedalam mulutnya. Hal ini penting untuk menghormati keinginan Anda. Dengan cara yang sama, adalah Anda sebagai orang tua  Jangan terburu-buru, atau meminta anak untuk makan.

Contohnya adalah yang terpenting, anak selalu cenderung meniru. Jika seorang ibu atau ayah ingin anaknya untuk mulai makan buah dan sayuran, ia harus melakukannya juga. Itu harus melakukannya dengan cara yang menyamar, sehingga anak ingin meniru tindakan.


Seorang anak akan selalu ingin mencicipi makanan dari piring orangtuanya. Ini adalah strategi yang baik untuk membuat anak ingin makan buah dan sayuran.

Resep berdasarkan buah dan sayuran

Mungkin buah dan sayuran tidak terlalu mencolok dalam sebuah makanan. Tapi bagaimana kalau kita mencobanya di kue? Ada banyak yang dapat dibuat.


Smoothies, smoothie, Desserts, kue, es krim buatan sendiri, dan banyak pilihan lainnya. Mungkin anak tidak suka buah dan sayuran sendiri, tetapi ia akan membawa mereka dengan senang hati jika kita tahu bagaimana cara untuk menyajikan hal yang unik kepada mereka.

Ini juga bisa menjadi strategi yang baik. Seluruh buah dan sayuran tampaknya membosankan bagi si kecil. Memotong makanan ini menjadi potongan atau membuat bentuk dengan mereka akan mengubah segalanya. Anda bahkan dapat membuat tokoh lucu dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. Anak akan senang untuk mencoba angka.


Bicaralah dengan anak tentang manfaat buah-buahan dan sayur-sayuran

Ketika anak mulai membaca, semuanya berubah. Pada usia 5 atau 6 tahun anak dapat diberitahu tentang manfaat luar biasa dari makanan tertentu untuk kesehatan mereka. Ini akan mendorong anak untuk memakannya.

Dalam situasi semacam ini, kesabaran adalah yang terpenting. Orang tua harus memahami proses anak. Juga menghormati waktu dan ruang mereka, terutama saat makan siang. Penolakan makanan tidak boleh dihubungkan dengan emosional. 


Meskipun anak tidak suka buah-buahan dan sayuran, setelah beberapa saat seorang anak akan mau mencoba buah tersebut. Untuk melakukan hal ini Anda harus melihat bahwa di rumah Anda, Semua senior makan makanan buah atau sayuran tanpa  ada masalah.

Dengan anak suka makan buah dan sayuran maka gizi mereka akan membaik. Setiap hari Anda akan ingin mencoba lebih banyak hal dan lebih banyak makanan. Hal yang sama akan terjadi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. Oleh karena itu, anak tidak boleh  dipaksakan untuk makan. Biarkan imajinasi anak bekerja selaku orang tua gunakan bujukan yang lucu agar anak suka makan buah dan sayuran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel