6 Manfaat kesehatan yang luar biasa dari Lychee

Lychee (Litchi chinensis) adalah varietas buah yang tumbuh di pohon sabun. Hal ini tumbuh di daerah subtropis di seluruh dunia dan sangat populer di Cina (di mana mereka lokal) dan Asia Tenggara.

Buah ini sering dimakan segar dan terkadang digunakan dalam es krim, terkadang juga dikonversi menjadi jus, anggur, serbet dan selai. Hal ini dapat dikeringkan dan dimakan.


6 Manfaat kesehatan yang luar biasa dari Lychee

Di Cina menggunakan buah kering sebagai pemanis dalam teh mereka. Hal ini disimpan dalam pembekuan penuh dan kemudian segera dicairkan dan dikonsumsi. Shell dari Lychee dapat dimakan tetapi biasanya dikupas sebelum makan, dan dimakan bagian transparan.

Nilai gizi dari Lychee
Tabel di bawah ini menunjukkan nutrisi dalam Lychee segar dan kering.

  • Kuantitas untuk 100 g Lychee
  • Kalori 66 kkal
  • Air 82%
  • Protein 0,8 g
  • Karbohidrat 16,5 g
  • Gula 15,2 g
  • Minyak 0,4 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak monounsaturated 0,12 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,13 g
  • Omega-3 0,07 g
  • Omega-6 0,07 g
  • Kalsium 5 mg
  • Besi 0,31 mg
  • Magnesium 10 mg
  • Kalium 171 mg
  • Natrium 1 mg
  • Vitamin C 71,5 mg
  • Tiamin 0,01 mg
  • Riboflavin 0,07 mg
  • Nidi 0,6 mg

Lychee terutama terdiri dari air (82%) dan karbohidrat (16,5%).
Sebuah Lychee tunggal (segar atau kering) mengandung 1.5-1.7 gram karbohidrat.

Ini adalah sumber yang baik untuk berbagai vitamin, mineral dan antioksidan. Ini mengandung jumlah tinggi vitamin C, tembaga dan kalium.

  • Vitamin C: Lychee adalah vitamin yang paling sering ditemukan dalam buah. Sebuah Lychee dapat mengambil sekitar 8% dari asupan vitamin C harian Anda.
  • Tembaga: Lychee adalah sumber tembaga yang baik. Asupan tembaga yang tidak memadai mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan jantung.
  • Kalium: Apakah nutrisi penting bagi kesehatan jantung ketika dimakan dalam jumlah yang cukup.

Ini mengandung jumlah polifenol antioksidan yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah. Antioksidan ini adalah epicatechins dan rutinitas.

  •  Epicatechin: antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker dan diabetes.
  • Rutin: ini adalah antioksidan kuat. Studi menunjukkan dapat membantu melindungi terhadap penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.

Cara makan Lychee?

Buah Lychee dikelilingi oleh cangkang keras. Setelah kulit ini mudah dikupas, inti mirip dengan persik di tengah harus dihapus, kemudian dimakan.

Buah Lychee, yang dapat ditemukan di bagian buah tropis pusat perbelanjaan utama di Turki, harus disimpan dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Baca Juga: Manfaat Wortel Bagi Kulit Anda

 6 Manfaat kesehatan yang luar biasa dari Lychee

Imunitas Booster

Vitamin C merupakan senyawa antioksidan penting dan dikenal untuk merangsang aktivitas sel darah putih, garis utama pertahanan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang tinggi dalam Lychee dapat memberikan lebih dari 100% kebutuhan sehari-hari dalam satu porsi. Oleh karena itu, merupakan pendukung utama dari sistem kekebalan tubuh.

Membantu dalam mencegah kanker
Senyawa polifenolik dan Proanthocyanidins ditemukan di Lychee menetralisir radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dalam penelitian hewan, telah dilaporkan bahwa ekstrak Lychee dapat membantu dalam kanker hati.

Antivirus

Proanthocyanidins di Lychee telah diteliti secara ekstensif dan kemampuan antivirus mereka telah dilaporkan. Litchitannin A2, senyawa yang ditemukan dalam Lychee, telah dikaitkan dengan mencegah penyebaran virus, termasuk virus herpes simpleks dan Coxsackie virus.

Kontrol tekanan darah

Lychee memiliki banyak kalium, natrium rendah. Hal ini dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan. Keseimbangan cairan merupakan bagian integral dari fungsi metabolisme tidak hanya, tetapi juga hipertensi. Kalium dianggap sebagai suatu vasodilator, yang berarti mengurangi penyempitan pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Aktivitas anti influenza

Senyawa fenolik yang kuat ini ditemukan di Lychee memiliki berbagai manfaat, termasuk aktivitas anti-influenza, peningkatan sirkulasi darah, penurunan berat badan dan perlindungan kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya ketika terkena sinar matahari.

Meningkatkan sirkulasi darah

Tembaga adalah mineral penting lain yang ditemukan dalam jumlah yang signifikan dalam Lychee, dan meskipun besi paling sering dikaitkan dengan sel darah merah, tembaga juga merupakan bagian integral dari formasi RBC. Oleh karena itu, kandungan tembaga dalam Lychee dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan input oksigen ke organ dan sel.

Baca Juga: 13 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Jenis Lychee :

Brewster

Spesies yang paling umum dan komersial di Amerika adalah Brewster, yang tumbuh di South Florida Brewster memiliki buah manis dan berair.

Dengan baik, Bewster sangat lezat dan rasanya sangat berbeda dengan yang lain. Satu-satunya keluhan orang tentang bewster adalah bahwa inti buah besar. Ketika buah bewster matang, putures kecil pada buah kecil secara bertahap berkurang.

Mauritius

Spesies Umum dan komersial kedua adalah Mauritius. Ia datang ke Amerika Serikat dari Mauritius, salah satu pulau surga di Madagaskar Timur.

Buah Mauritius matang beberapa minggu lebih awal dari Bewster dan dapat dengan mudah dibedakan dari orang lain dengan kulit berwarna kemerahan-hijau. Buahnya jelas berbeda, dan aroma yang lebih berbeda dari Bewster's, dan itu cukup lezat.

Fitur penting lainnya adalah bahwa ia memiliki inti kecil dan buah-buahan dalam bentuk Malai kayu dan berlimpah. Matang Mauritius memiliki membran benih yang sedikit asam dan sedikit lembut, daging buahnya lebih juicy dan padat.

Hak IP

IP kanan adalah spesies komersial dan umum lainnya. Baru-baru ini telah nyata disukai oleh produsen. Hak IP adalah spesies berharga yang host semua fitur ideal bersama-sama.

Buah besar, rasa yang sangat baik, inti kecil dan warna merah gelap, Semua fitur ini adalah fitur yang disukai dan layak di IP. Hak IP, dibandingkan dengan Brewster, dapat dianggap sebagai lebih manis daripada Bewster.

Tapi ini berlaku untuk buah bewster sangat matang. Tapi itu benar tidak pernah mengurangi nilai IP. Hak IP memiliki shell lebih tipis dari Brewster.

Bulge dan putures di Shell lebih permanen. Hal ini juga berlaku ketika buah matang, dan merupakan alasan yang paling penting mengapa produsen Lychee lebih memilih IP yang tepat. Pemupukan yang memadai, nilai pH tanah, kelembaban dan perubahan iklim adalah hal yang mempengaruhi hasil dari pohon Lychee.

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Diet

Spesies lain terkenal Lychee yang telah dibesarkan termasuk Bengal, Ohia, Sweet Cliff, Sweetheart, Hanging Green, No Mai Tze, Kaimana, Kwai Mai Pink, Groff, Wai Chee, kuning merah dan Kaisar.

Dari ini, Kaisar menonjol dari yang lain dengan penampilan yang tidak biasa dan rasa yang sangat baik. Satu-satunya masalah dengan Kaisar adalah bahwa pohon ini berkembang sangat lambat dan tidak ada cukup pembibitan untuk produksi komersial.

Perhatian!

Karena Lychee juga merupakan sumber gula yang sangat baik, individu dengan diabetes tidak boleh mengkonsumsi terlalu banyak. Konsumsi lyche berlebihan dapat menyebabkan membran iritasi, pendarahan, demam, atau sakit tenggorokan. Namun, dalam jumlah normal, tidak ada risiko kesehatan alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel