7 Cara Meningkatkan Semangat Belajar di Rumah

Cara meningkatkan semangat belajar di rumah. Belajar adalah suatu kegiatan yang bisa dibilang mengasikan dan juga membosankan. Namun terkadang ketika kita sudah membuat program untuk belajar bisa buyar walaupun sudah ada jadwalnya. Rasa bosan dan mod yang tidak bagus mengakibatkan kita tidak bergairah dalam belajar baik belajar tentang mata pelajaran Sekolah ataupun belajar dalam mengerjakan tugas rumah (PR).


Nah, untuk itu, akan saya share mengenai tips untuk membangun Mod dalam belajar. Untuk itu silahkan Anda simak tipsnya berikut ini..!

7 Tips Meningkatkan Semangat Belajar di Rumah

1. Bawa Refresing Dulu

Biasanya kalau udah banyak waktu dihabiskan belajar di sekolah dan sore atau malam harinya mau belajar lagi pasti rasanya boreng atau bosen. Nah, biasanya kalau saya dalam zona ini saya sering membawa diri untuk jalan-jalan keluar rumah sejenak dulu, agar Mod atau rasa bosan tersebut bisa memudar dan berkurang. Apabila jalan-jalan tersebut dirasa cukup maka saya akan kembali kerumah dan mulai memantapkan untuk mulai belajar kembali.

2. Dengarkan Musik

Nah, agar otak lebih fresh sehabis di gembleng di sekolah biasanya saya sampai drumah memutar musik yang slow ataupun musik yang memberikan suasan happy. Terkadang saya puter musik alan walker ataupun Bondan prakoso. Dengan memutar musik ini nantinya akan membuat otak kita lebih slow dan fresh. Ketegangan pada saraf otak menjadi berkurang sehingga ketika malam harinya bisa mulai belajar kembali untuk mengerjakan pr sekolah.

3. Makan Cokelat ataupun Berburu Makanan di Luar Rumah

8 Jam udah disekolahan, dan gak mungkin donk dirumah belajar lagi ? kalau tidak di selingi dengan kegiatan yang lainnya bisa stress nantinya. Nah biasanya saya lebih suka untuk menyelingi kegiatan tersebut selain belajar adalah berburu makanan, santai dan menikmati waktu sore atau malam untuk bersantai dan makan sesuatu yang manis-masnis atau makanan kesukaan. Nah, setelah kegiatan berburu makanan selesai dan istirahata sejenak maka tenaga mulai terkumpul dan mod mejadi lebih baik , ets tapi makannya gak kebanyakan ya, jadi nantinya gak ngantuk dan mulai deh mengerjakan tugas sekolah dan lanjut belajar lagi.

4. Nonton Anime atau Film Kesukaan

Bukan berarti nonton Anime atau nonton film itu membuat rasa malas belajar menjadi besar ya. Kegiatan ini dilakukan supaya otak tidak bekerja secara keras. Agar dapat moment yang slow dan membangkitkan mod yang baik untuk belajar nantinya. Jadi ketika kegiatan nonton film selesai nah, malam harinya bisa untuk belajar lagi untuk ngerjakan tugas sekolah, jadi otak-pun tidak terus di tuntut untuk berfikir.

5. Main Game

Hmm,,, yang suka main Mobile Legend atau free fire ? pasti setiap hari gak bisa kalau gak main game ini ya. Apalagi game tersebut kini menjadi game favorite dari semua kalangan. Namun bermain game bukan berarti tidak mau belajar ya.. bermain game ini hanya untuk selingan semata dari kegiatan yang cukup keras di sekolah. Namun dalam bermain game ini tentunya ada batasnya. Jadi kalau waktunya untuk belajar sudah tiba, ya gamenya di offkan dan mulai di on-kan kembali aktifitas belajarnya. 

6. Mengingat Kembali Komitmen

hayoo?siapa yang udah punya cita-cita lebih dari satu?  ..Pasti semua orang mayoritas punya banyak cita-cita. Nah, biasanya kalau mod udah jelek mau belajar juga gak bakalan masuk kedalam otak pelajaran tersebut. Sebenarnya ini agak memaksa sih, akantetapi bagaimana lagi?kalau ini memang harus dilakukan, ya dilakukan walaupun terasa berat. Apalagi kalau hal ini menyangkut masa depan dan mewujudkan cita-cita. Maka mod yang buruk ini harus dirubah menjadi mod yang baik dengan menjunjung komitmen untuk belajar agar cita-cita dapat terwujudkan.

7. Ingat Persaingan Siswa Terbaik Dikelas

Hmm,,, Kalau udah bicara siapa siswa teladan ataupun siswa tergesit, maka hal ini udah jadi prioritasku di sekolahan, mungkin kalian juga ya?

Cara ini juga menjadi cara untuk meningkatkan gairah atau disaat modku sedang buruk. Ketika aku ingat teman-temanku yang rajin dan berusaha menjadi siswa yang tecepat maka akupun harus lebih dari mereka. Mau tidak mau, mod yang buruk ini harus dirubah 360 derajat agar bisa baik. Dengan mengingat persaingan yang ketat di kelas, maka akupun harus berusaha juga lebih besar. Nah, ternyata cara ini juga cocok dan jitu untuk meningkatkan mod belajar kita disaat dirumah guys.

Dan itulah ke-7 Tips jitu untuk meningkatkan Mod belajar yang bisa kalian coba saat pulang sekolah. Nah, semoga dengan tips ini pembaca bisa mendapatkan cara-cara mudah untuk meningkatkan mod yang lagi buruk atau tidak baik. Selamat mencobanya ya sobat, semoga cita-cita kalian bisa terwujud, tetap semangat..!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel