9 manfaat kesehatan terbukti dari buah naga (Pitaya) cara memakannya?

Pernahkah Anda mendengar tentang buah yang disebut dragun buah (Pitaya)? Ini adalah buah eksotis dengan rasa manis dan halus, juga dikenal sebagai "buah naga". Buah ini tumbuh sebagai bagian dari dua tanaman milik keluarga kaktus di Amerika Selatan dan tengah.



Hal ini telah menjadi luas di seluruh belahan dunia. Cangkang buah berwarna merah, Pink, ungu atau kuning, dan daun mirip dengan daun artichoke. Isi buah juicy biasanya putih atau ungu dan memiliki ribuan biji hitam kecil.

Dalam setiap 100 gram buah, 87% air, 1,1 gram protein, 3 gram serat, 0,16 vitamin mg B2, 20,5 mg vitamin C, 8,5 mg kalsium, 1, 9 mg besi dan 22,5 mg fosfor.

9 manfaat terbaik Dragon Fruit (Pitaya)

1. membantu melindungi kesehatan dan kepadatan tulang

Setelah usia tertentu, tulang mulai kehilangan kekuatan dan kepadatan mereka. Proses ini terjadi terutama pada wanita. Anda bisa makan buah naga (Pitaya) untuk membantu mencegah arthritis dan menjaga kesehatan tulang.

Buah ini adalah sumber yang baik dari kalsium dan magnesium, yang merupakan dua komponen yang membantu untuk mempertahankan kekuatan tulang. Ini adalah nutrisi yang kaya kalsium, meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, ditemukan bahwa magnesium yang ditemukan di Pitaya menjaga tulang sehat dan kuat.

2. membantu melindungi sistem pencernaan

Pitaya kaya akan serat, membantu buang air besar, melepaskan cairan pencernaan dan memberikan bagian halus ke sistem pencernaan.

Ini membantu mencegah sembelit, sindrom usus dan bahkan kanker kolorektal dengan mengatur fungsi usus dengan serat. Selain itu, telah diamati bahwa buah dragun (Pitaya) merangsang flora usus yang sehat.

3. menjaga kulit sehat dan Glowing

Vitamin dan mineral dalam buah naga, bersama dengan kadar air yang tinggi, membuat kulit menjadi sehat dan berkilau. Vitamin C, juga dikenal sebagai antioksidan dalam Pitaya, membantu untuk menjaga kulit kita sehat dan lembab, menekan radikal bebas dan mencegah efek berbahaya pada tubuh kita.

Selain itu, vitamin ini juga membantu dalam pengobatan terbakar sinar matahari, jerawat dan kulit kering, sehingga buah naga adalah sumber yang baik untuk pencegahan dan pengobatan berbagai masalah kulit.

4. mencegah perkembangan sel kanker

Hal ini kaya antioksidan lain seperti buah naga, karoten dan Lycopene, bersama dengan kehadiran vitamin C, yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan ini membantu mengurangi risiko kanker prostat dengan mengurangi jumlah tumor yang tersedia sambil mencegah perkembangan sel kanker lainnya.

Sebuah studi di Malaysia menunjukkan bahwa, bersama dengan aktivitas fisik, konsumsi buah Likopen-kaya dan sayuran membantu secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat.

5. sumber serat

Serat sebenarnya adalah karbohidrat tercerna dan memiliki manfaat kesehatan yang besar. Asupan serat harian yang direkomendasikan adalah 25 gram per hari untuk wanita dan 35 gram per hari untuk pria.

Pitaya mengandung 3 gram serat per 100 gram buah, dan meskipun serat lebih dikenal sebagai pengawet sistem pencernaan, berbagai penelitian juga terbukti efektif terhadap diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan berat badan yang sehat.

6. buah naga membantu mencegah diabetes
Seperti disebutkan, buah naga kaya akan serat yang membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, konsumsi buah naga dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi sehari-hari rutin buah eksotis mungkin bermanfaat dalam pencegahan dan bahkan pengobatan diabetes.

7. buah naga (Pitaya) melindungi hati Anda

Pitaya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini disebabkan oleh minyak nabati yang ditemukan di Pitaya. Berlemak di Pitaya juga membantu mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

8. memastikan kerja sistem imunitas yang baik

Seperti disebutkan di atas, buah naga adalah antioksidan tapi kaya vitamin C yang melindungi sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, besi, protein dan serat vitamin berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh kita menyerang dan menghancurkan zat berbahaya, antioksidan yang kuat, seperti vitamin C dan karotenoid, dapat menetralisir radikal bebas dan melindungi sel darah putih terhadap kerusakan.

9. meningkatkan kadar besi dalam tubuh

Pitaya adalah salah satu dari beberapa buah segar yang mengandung zat besi. Besi memainkan peranan penting dalam pengangkutan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Sayangnya, banyak orang tidak dapat mengkonsumsi besi yang cukup, dan menurut penelitian, 30% dari populasi dunia menderita kekurangan zat besi. Untuk memerangi besi, kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging, ikan, sayuran, kacang-kacangan, sereal dan tentu saja Pitaya.

Rekomendasi artikel:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel