Ketika PMS, Wanita bisa berubah kejam melebihi T-REX !

Perempuan bisa menjadi lebih menyeramkan daripada seekor T-Rex kalau sedang PMS atau datang bulan.
Marah gak jelas, ngamuk, dan kita jadi serba salah.
Kadang mereka juga bisa sedih dan girang secara tiba², sampai nafsu makan yg muncul berlebihan.

Apa yg perlu kita lakukan? Tetap sabar dan pengertian. Karna, pertama wanita selalu benar, kedua kalau tengah PMS mereka lebih mengerikan dibanding guru Matematika.
Tapi kita akan lebih menyayangi mereka kalau saja kita tau betapa sakitnya PMS dan menstruasi itu, siksaan seperti apa yg mereka rasakan.


Mulai dari yg bersifat fisik seperti muncul nya jerawat, pegal² di sekitar badan, nyeri yg menyiksa di seluruh tulang, kram perut, atau konstipasi (sembelit), konstipasi ya, bukan konspirasi. Apalagi konspirasi untuk menjatuhkan rezim Jokowi saat ini sampai kepada sakit kepala dan demam.

Atau yg bersifat mental seperti insomnia, susah konsentrasi, dan emosi ekstrem yg cepat naik turun macam roller coaster, seperti orang yg menderita Bipolar.

Ada perbedaan antara PMS dan haid.

Pre menstrual syndrome (PMS) adalah kondisi dari gejala fisik atau psikologis yg terjadi dua minggu sebelum wanita menstruasi.
Dimama tandanya adalah mood swings (perubahan mood yg datang secara tiba²) nyeri luar biasa di sekitar payudara, perut dan pinggul, jadi gampang marah, tersinggung, perut menjadi kembung seperti masuk angin.

Sedangkan menstruasi/haid sendiri adalah periode bulanan terjadinya keluarnya darah lewat vagina. Terjadi penebalan dan peningkatan aliran darah (vaskularisasi) di uterus (rahim). 

Ini akan terjadi sama semua cewek, karna tubuh mereka tengah mempersiapkan diri untuk terjadinya proses kehamilan.
Ingatkah kalian momen pertama kali kalian menstruasi? Sama menariknya seperti saat pertama kali kaum pria mimpi basah.
Ada banyak pertanyaan yg muncul setelah kejadian itu. Oh yeah, aku ingat saat mimpi basah pertama ku 😆.

Salah satu penderitaan yg sering perempuan alami saat menstruasi adalah Dysmenorrhea (Kram menstruasi), yg terjadi karna kontraksi pada uterus yg terlalu kuat.
Karna itu pembuluh darah yg ada di sekitar uterus menjadi tertekan dan akan menghambat keluar masuknya oksigen ke uterus. Jadi, kram menstruasi terjadi karna uterus kekurangan oksigen.

Karna begitu sakitnya kram menstruasi ini sampai salah seorang Profesor kesehatan reporduksi dari University College London mengatakan,
“Rasa sakit kram menstruasi itu sama seperti rasa sakit karena serangan jantung.”

Belum selesai sampai disitu, nyeri karna kram akan semakin buruk karna tubuh kalian akan mengeluarkan semacam zat kimia bernama Prostaglandin yg bisa memicu otot rahim untuk terus berkontraksi.
Zat kimia Prostaglandin juga bisa mendatangkan mual, diare, lemas, dan sakit kepala yg biasanya disertai nyeri.

Untuk perempuan yg tengah dalam masa PMS atau haid, you can't cure PMS, but you can take steps to ease your symptoms.

Banyak minum air putih, konsumsi buah²an dan sayuran , kurangi makanan atau minuman yg mengandung gula berlebih, garam, kafein, apalagi alkohol.

Perbanyak konsumsi suplemen seperti asam folat, vitamin B-6, atau Magnesium agar sedikit - banyak mengurangi nyeri kram di perut. Istirahat yg cukup, untuk mengurangi rasa lemas dan lemah saat haid. Atau bisa juga mengkonsumsi obat farmakologis kalau gejala symptomatis sudah mulai terasa sangat menyakitkan.

Saya dan pria lainnya diluar sana tentu tidak tau dan tak akan pernah tau betapa sakit dan menyiksa nya PMS dan haid. 

Kalian, Perempuan, adalah kaum yg luar biasa. Untuk proses mengandung dan melahirkan saja kalian harus melewati kesakitan seperti ini, saat melahirkan kan pun harus merasakan sakit yg jauh lebih sakit lagi. Kalian pantas mendapatkan kasih sayang dan rasa hormat dari kami.

Penulis: Angga Prasetya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel