Kelebihan Mobil ESEMKA Buatan Anak Negeri

Mobil ESEMKA adalah mobil yang dibuat oleh para siswa SMK yang bekerja sama dengan salah satu institusi dan perusahaan industri dalam negeri. Adapun untuk komponen Mobil ESEMKA ini berbahan dari buatan Lokal dalam Negeri. 

Baru-baru ini Presiden Jokowi meresmikan Pabrik ESEMKA (PT. ESEMKA) yang ada di Boyolali. Dari beberapa mobil yang sudah di produksi diantaranya adalah Mobil ESEMKA Rajawali I, Mobil ESEMKA Rajawali R2, Mobil ESEMKA Digdaya Generasi I dan Mobil ESEMKA Bima 1.1.




Hal menarik dan kelebihan Mobil ESEMKA buatan anak Negeri ini adalah sebagai berikut:

1. Mobil ESEMKA Rajawali



Mobil ESEMKA Rajawali ini adalah mobil ESEMKA yang bermodel SUV dengan mesin Esemka 1.5i cc yang multi point dengan injection 4 slinder. Mobil ESEMKA Rajawali ini memiliki kemampuan dengan tenaga pacu yang sangat besar yaitu 103 tenaga kuda dengan putarannya sebesar 5.500 rpm. Untuk torsi puncaknya saja bisa mencapai 145 Nm di 4.100 rpm.

Mobil ESEMKA Rajawali ini mampu memuat 7 orang penumpang dengan panjang mobilnya 5.035 mm dan lebarnya 1.690 mm adapun untuk tingginya 1.630 mm. Mobil ESEMKA Rajawali sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti central lock, AC dual zone, sensor parkir, power window dan juga unit CD player. Mobil ESEMKA Rajawali ini dirakit oleh beberapa siswa dari SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta. 

2. Mobil ESEMKA Rajawali R2



Mobil ESEMKA Rajawali R2 adalah upaya pengembangan dari tipe Mobil ESEMKA Rajawali I diatas. Pengembangan mobil ESEMKA Rajawali R2 ini lebih pada peningkatan pada kapasitas Mesinnya agar bisa lebih dapat berlaju kencang. Mobil ESEMKA Rajawali R2 ini mengacu pada fitur keamanan, dengan dilengkapi fitur ABS (Anti Lock Brake System), BA (Brake Assist), EBD (Elektronic brakeforce distirbution) dan SRS Air Bag.

3. Mobil ESEMKA Digdaya



Mobil ESEMKA Digdaya adalah mobil dengan desain Mobil Pikap dengan Kabin ganda. Mobil ini dirakit oleh siswa SMK 1 Singosari. Mobil ini berjenis MPV dengan mesin eks timor 1.500 cc. Mobil ini sengaja dirancang dengan mobil Multifungsi. Bisa digunakan untuk aktifitas Niaga dan juga bisa untuk mengangkut penumpang lebih banyak. Mobil Esemka digdaya ini dibandrol dengan harga Rp. 150 jutaan. Adapun untuk kapasitas mesin Mobil Esemka digdaya ini ada berbagai varian, ada yang berkapasitas 2.000 cc, 1.800 cc, dan ada yang berbahan bakar diesel dengan kapasitas mesinnya 2.500 cc.

Mobil ini juga terus dikembangkan dan nantinya akan di produksi yang tipe Esemka Digdaya II dengan mesin Esemka 1.5i.

4. Mobil Esemka Bima 1.1



Mobil Esemka Bima 1.1 ini mirip sekali dengan mobil buatan Cina yaitu Mobil Cina Changan. Akantetapi mobil Esemka Bima 1.1 ini adalah mobil buatan dari PT. ESEMKA hanya saja body mobil ini mirip dengan produksi buatan china. Maka tidak heran banyak sekali netizen meyoroti mobil Esemka Bima ini.

Mobil Esemka Bima 1.1 ini dilengkapi fitur Power Steering dan AC. Mesin mobil ini berkapasitas sebesar 1.100 cc dengan kapasitas penumpang 2 orang. Dengan model baknya yaitu model tree way dengan bahan bakar 1 liter.

Nah, itulah beberapa tipe mobil ESEMKA hasil produksi perusahaan dalam negeri dengan karya asli dari anak bangsa. Kita patut bangga dengan hadirnya mobil ESEMKA buatan anak bangsa tersebut. Semoga dengan hadirnya mobil ESEMKA ini membawa kemajuan dibidang pengembangan Industri Teknologi dalam Negeri terutama di dunia otomotif. Dan hal ini dapat menjadi penambahan pendapatan negara dan sebagai perusahaan penyalur bakat anak negeri dalam mengembangkan ilmu teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel