Seni bersikap bodo amat dari Billie Eilish yang patut kita contoh

Perempuan dengan wajah dingin dan tatapan tajam memang selalu menarik untuk dibahas.
Apalagi dia adalah tipe orang yg apa adanya, gak peduli dengan bacotan orang, dan dia bertingkah seperti apa yg dia mau, tidak ingin menjadi orang lain dalam hidupnya.
"I've always done whatever I want and always been exactly who I am", katanya.


Nama lengkapnya adalah Billie Eilish Pirate Baird O'Connell (lahir 18 Desember 2001; umur 17 tahun). Yes, masih 17 tahun, tapi pemikiran dan cara dia berbicara sangat dewasa.
Billie adalah penyanyi yg punya ciri khas, makanya dia gampang diingat.
Her music is dark, grungy, whimsical and honestly, pretty damn weird.
Billie bukan penyanyi yg tiba² terkenal di Youtube karna suatu hal, seperti Sinta dan Jojo atau Norman Kamaru.

Billie pecinta seni, dia bahkan sudah menulis lagu sejak umur 11, terkenal seantero bumi dan punya uang hampir 100 miliar saat berumur 17.
Apa yg kau lakukan saat berumur 11 dan apa yg kau dapat saat berumur 17?
Saat saya berumur 11, saya ingat saat itu masih teriak² di rental Playstation saat sedang bermain Bully, mengejar layangan, ngemilin upil, dan nonton video porno pertama saya. Dan di usia 17, gak beda jauh saat masih umur 11.

Gak banyak penyanyi, apalagi yg seumuran dia bisa langsung terkenal dan punya banyak fans.

Kenapa Billie terkenal? Selain karna punya suara yg unik, gaya yg unik, dan wajah serius yg manis, kepribadiannya juga sangat unik bagi saya pribadi.

Dia aneh, tapi dia merasa nyaman dengan itu, karna baginya.. itu lah dia. Dia tidak ingin merubah dirinya menjadi orang lain cuma karna banyak yg mengatakan dirinya aneh.

Billie dari kecil dikenal jarang tersenyum, sampai banyak yg bilang dia sombong. Tapi Billie dan wajah dinginnya tidak peduli. 

Baginya, dia terlihat lemah dan tidak berdaya kalau terlalu sering tersenyum. Tapi bukan berarti dia sombong, karna beberapa kali kamera dan mata orang lain pernah menangkap senyum manis dari wajah dingin dan mata sayunya.

Billie juga mengidap Tourette Syndrome atau gangguan sistem saraf yg menyebabkan gerakan berulang atau suara yg tidak diinginkan atau tidak disadari oleh Billie.

Dia sering tiba² mengangkat alis dan bahunya, menari-nari kecil tanpa sadar, dan seringkali bibirnya bergerak mengatakan sesuatu juga tanpa dia sadari.
Billie sering ditertawakan karna ini. Tapi Billie tetap tidak peduli.

Yang paling sering dijadikan bahan olokkan dari sosok Billie selain sikap "sombong"nya, sindrom anehnya, tingkahnya yg aneh, adalah cara berpakaian Billie yg memang sedikit absurd, nyentrik, dan tidak biasa bagi kita.

Selain sering bergaya dengan fashion yg tomboy, Billie juga sering berpakaian Baggy atau kedodoran.

Billie sering menjadi bahan ejekan dan meme di internet karna pakaiannya yg kedodoran itu.

Kenapa dia ser
ing berpakaian over-sized? Karna Billie punya filosifi tersendiri akan itu. Baginya pakaian kedodoran buman cuma sekadar gaya²an semata.

Billie menjelaskan dia berpakaian seperti itu karna dia gak mau publik dan dunia mengetahui segala hal tentang dirinya, termasuk tubuhnya dan menjadikan fashion untuk menjadi tameng dan melindungi dirinya sendiri.

Saat dia memakai pakaian yg kedodoran, maka bagi Billie gak akan ada orang² yg sibuk menilai fisiknya, karna bentuk tubuhnya yg asli tertutupi oleh pakaian kedodoran itu.
Gak akan ada orang yg sibuk mengurus tubuh Billie dengan menganggapnya cewek yg kurus, gendut, atau pantatnya rata, dada kecil/besar atau apa pun yg membuatnya gak nyaman.

Apa yg paling saya kagumi dari Billie Eilish selain wajah manis dan video² lagunya yg keren adalah, cara dia menangani para hatersnya.

Tentu Billie punya banyak haters yg mungkin saja jumlahnya sama dengan fans nya atau bahkan lebih banyak. Mungkin saja kalian yg baca postingan saya ini adalah hatersnya? 🤔
Billie dibenci karna dia punya semua yg orang inginkan. 

The Eilish that we see seems like she had a perfect adolescence.
Wajah cantik dan manis, dikagumi dan dipuji banyak orang, rebellious, insanely talented, and increasingly popular, surrounded by a loving entourage of family and friends, dan punya banyak uang di usia muda tentu saja.
Singkatnya orang² yg benci dengan Billie sebenarnya bukan benci dengan dirinya, they’re jealous of her.

Mereka iri dengan kesuksesan Billie.

Bagaimana cara Eilish mengatasi para hatersnya?

Eilish banyak dicaci di internet. Gaya berpakaiannya jadi bahan ledekan. Foto²nya di edit dan dijadikan meme untuk menjelekkan citranya.

Tapi itu lah Eilish. Dia berkata, hidup memang selalu penuh dengan tekanan, ejekan, hinaan, dan hal² menyakitkan lainnya. Tapi, bagi Billie, daripada terus memikirkannya hingga membuat mu gila, kenapa tidak menjadikannya sebuah lagu yg bisa dinikmati?
Karna haters cuma sekumpulan pecundang yg ingin menjadi seperti orang yg dia benci tapi tidak mampu, makanya selalu iri. Their minds closed but their mouths always fucking open.
Billie sadar itu. Dia sadar kalau para hatersnya tidak akan pernah berhenti untuk membencinya. Billie tidak ingin membalas mereka, apalagi mempedulikan mereka.

Balas dendam terbaik yg Billie ketahui untuk bisa benar² lebih menghajar para haters itu adalah, dengan menjadi lebih sukses.

Pada akhirnya, memang orang² hebat akan selalu punya banyak pembenci.
Eilish adalah orang baik yg memperlakukan fans-nya dengan baik. Justru, dia tidak ingin memanggil para penggemarnya dengan julukan, "fans", tapi, "families".

Karna baginya para penggemar adalah bagian dari keluarga. She loves her fans and wants to meet them unlike other artists. That's why I love her as a singer and as a person.
Billie juga tipe perempuan tegar, mandiri, tapi sekaligus cerdas yg susah percaya dengan orang lain. Baginya kepercayaan itu mahal. Dia pernah ditipu oleh teman baiknya karna sempat terlalu percaya.

Billie Eilish mengajarkan kita semua untuk bersikap bodo amat dengan bacotan manusia yg benci dan gak suka dengan kita. Bodo amat mereka mau bicara apa aja ke kita, karna gak mengganggu hidup kita juga, justru sepertinya hidup mereka lah yg tidak berarti dan tidak berguna karna selalu memikirkan dan mengurusi hidup kita.
Kita diciptakan, dilahirkan oleh ibu kita, bukan untuk membuat semua orang bahagia dengan kita. Karna memang ada beberapa manusia licik yg tidak pantas kita bahagiakan. Bukan untuk membuat semua orang senang dengan kita. Nabi dan Tuhan saja punya banyak pembenci, apalagi kita?

Billie mengajarkan kita secara tak langsung agar gak perlu terlalu memikirkan penilaian orang² yg tidak mengenal kita tapi sok tahu akan kita, makanya sangat naluriah dan wajar sekali kalau ada orang yg secara instan menghakimi dan menilai kita seenak jidatnya. Tapi, ayo lah, gak mempersulit hidup kita karna itu. Karna bagaimanapun, sampai kapanpun, dimanapun, manusia² seperti itu akan selalu ada di sekeliling kita.

Banyak hal yg berada di luar kontrol kita, dan saat seseorang atau banyak orang yg menilai dan menghakimi kita walaupun salah adalah salah satunya, dan memikirkannya terlalu dalam pun hanya akan sia², gak ada gunanya, cuma bikin kita stres.

Kita manusia biasa, kita gak bisa mengatur dunia menjadi seperti keinginan kita.
Dan ingatlah, kalaupun sejuta orang membenci kita dan mengkritik apapun yg kita lakukan, dunia akan terus berputar. Kehidupan kita akan terus berjalan. Kalian mau hidup kalian terhenti hanya karna omongan manusia² sampah itu?

Memangnya apa hal terburuk kalau banyak yg membencimu? Tidak ada. Mereka justru hanya akan semakin membuatmu terkenal. Jangan fokus dengan mereka² yg membencimu, fokuslah untuk mencari teman, membahagiakan diri dan orang terdekat.

"In the public eye, girls and women with strong perspectives are hated. If you're a girl with an opinion, people just hate you. There are still people who are afraid of successful women, and that's so lame."
— Billie Eilish.

Penulis: Angga Prasetya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel