Studi Kelayakan Usaha

Studi kelayakan usaha Hal pertama yang harus dilakukan dalam memulai usaha baru adalah menganalisis kelayakan usaha. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan suatu penelitian secara komprehensif dan sistematis tentang variabel strategis yang menentukan kelayakan dan kemampuan memperoleh laba dari dari usaha baru dalam jangka panjang. 

Definisi studi kelayakan usaha

Studi kelayakan bisnis atau usaha adalah kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang usaha atau bisnis yang akan dijalankan dalam rangka menentukan layak atau tidaknya usaha tersebut dijalankan Kasmir dan Jakfar (2003:10) 


Kelayakan artinya Penelitian yang dilakukan secara mendalam untuk menentukan usaha yang dijalankan akan memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Dengan kata lain, kelayakan dapat diartikan sebagai usaha yang dijalankan an-an memberikan keuntungan finansial dan nonfinansial sesuai dengan tujuan yang diinginkan. 

Layak di sini diartikan dengan memberikan keuntungan tidak hanya bagi perusahaan yang menjalankannya tetapi juga bagi investor kreditor pemerintah dan masyarakat luas. 

Menurut suad Hassan (1995:6) pada umumnya studi kelayakan bisnis akan menyangkut tiga aspek yaitu 

1. manfaat ekonomis bagi usaha (sering pula disebut manfaat finansial)  yang berarti usaha yang akan dijalankan cukup menguntungkan dibandingkan dengan risikonya.  

2. Manfaat ekonomis usaha bagi negara tempat usaha tersebut dilaksanakan sering disebut sebagai manfaat ekonomi nasional

3. Manfaat sosial usaha bagi masyarakat sekitar.

Tujuan studi kelayakan ini adalah untuk menghindari risiko kerugian memudahkan perencanaan memudahkan pelaksanaan pekerjaan memudahkan pengawasan dan juga memudahkan pengendalian. 

 a. Menghindari risiko kerugian untuk mengatasi risiko kerugian pada masa yang akan datang harus ada semacam kondisi kepastian kondisi ini ada yang dapat diramalkan akan terjadi atau terjadi tanpa dapat diramalkan fungsi studi kelayakan adalah meminimalkan Resiko yang tidak diinginkan baik risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan. 

b. Memudahkan perencanaan apabila sudah dapat meramalkan yang akan terjadi pada masa yang akan datang kita dapat melakukan perencanaan dan hal-hal yang perlu direncanakan. 

c. Memudahkan pelaksanaan pekerjaan berbagai rencana yang sudah disusun akan sangat memudahkan pelaksanaan usaha pedoman yang telah tersusun secara sistematis menyebabkan usaha yang dilaksanakan dapat tepat sasaran dan sesuai dengan rencana yang sudah disusun. 

d.  memudahkan pengawasan pelaksanaan usaha yang sesuai dengan rencana yang sudah disusun akan memudahkan kita untuk melakukan pengawasan an-nur hadap jalannya usaha pengawasan ini perlu dilakukan agar tidak melenceng dari rencana yang telah disusun. 

e. Memudahkan pengendalian apabila dalam pelaksanaan pekerjaan telah dilakukan pengawasan jika terjadi penyimpangan akan mudah terdeteksi sehingga dapat dilakukan pengendalian atas penyimpangan tersebut tujuan Pengendalian adalah mengendalikan pelaksanaan agar tidak melenceng dari Rel yang sesungguhnya sehingga tujuan perusahaan akan tercapai. 

Studi kelayakan memakan biaya tetapi biaya tersebut relatif kecil dibandingkan dengan resiko kegagalan suatu usaha yang menyangkut investasi dalam jumlah besar hal-hal yang perlu diperhatikan dalam studi kelayakan yaitu :

1.ruang lingkup kegiatan usaha 
2. Evaluasi kegiatan usaha dilakukan 3evaluasi terhadap aspek-aspek yang menentukan keberhasilan suatu usaha
4Hasil kegiatan usaha serta biaya yang harus ditanggung untuk memperoleh hasil tersebut
5. Akibat-akibat yang bermanfaat atau yang tidak dari adanya usaha tersebut

Aspek-aspek studi kelayakan bisnis

Menurut Husein Umar dalam studi kelayakan bisnis manajemen metode dan kasus 1997:10 aspek-aspek dalam studi kelayakan meliputi sebagai berikut:

A.  Aspek teknis

Evaluasi aspek teknis mempelajari kebutuhan teknis proyek seperti penentuan kapasitas produksi jenis teknologi yang digunakan penggunaan peralatan dan mesin serta lokasi usaha yang paling menguntungkan

 setiap gagasan kewirausahawan baik produksi barang maupun penyedia jasa mempunyai aspek teknis yang harus dianalisis sebelum usaha implementasi gagasan dilaksanakan. Ada dua langkah penting dalam proses ini yaitu sebagai berikut:

1.  Identifikasi spesifikasi teknis penting

Evaluasi gagasan Ventura baru hendaknya dimulai dengan identifikasi persyaratan teknis yang kritis terhadap pasar sehingga mampu memenuhi harapan dari pelanggan potensial. Persyaratan teknis yang paling penting adalah:

a. Desain fungsional produk dan daya tarik penampilannya
b. Fleksibilitas memungkinkan adanya modifikasi ciri luar dari produk untuk memenuhi permintaan konsumen atau perubahan teknologi dan persaingan
c. Daya tahan bahan baku produk dapat diandalkan kinerja produk seperti yang diharapkan pada kondisi operasi normal
d. Keamanan produk tidak menimbulkan bahaya pada kondisi operasional daya guna yang bisa diterima
e. Kemudahan dan biaya pemeliharaan yang rendah
f.  standarisasi melalui dihilangkannya suku cadang yang tidak perlu
g. Kemudahan untuk diproduksi dan diproses kemudahan untuk ditangani

2. Pengembangan dan uji coba produk

 Pengembangan dan uji coba produk termasuk juga studi rekayasa uji laboratorium evaluasi bahan baku alternatif serta fabrikasi model dan prototipe untuk uji lapangan untuk setiap tahap pengujian hasil negatif dan positif harus ditimbang dan dilakukan penyesuaian yang perlu. 

Langkah pertama dalam menetapkan kelayakan teknis gagasan Ventura Baru adalah identifikasi persyaratan teknis penting dan perumusan spesifikasi kinerja pada setiap langkah berikutnya hasil-hasil yang dicapai harus dievaluasi terhadap persyaratan dan spesifikasi tersebut wirausahawan yang mengimplementasikan gagasan dengan cara ini menetapkan kelayakan teknisnya dan mendapatkan jaminan bahwa produk atau jasa tersebut dapat memenuhi gagasan pelanggan potensial. 

B. Aspek pasar dan pemasaran

Evaluasi aspek pasar dan pemasaran sangat penting dilakukan karena tidak ada usaha yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang atau jasa yang dihasilkan oleh usaha tersebut pada dasarnya aspek pasar dan pemasaran bertujuan untuk mengetahui luas pasar pertumbuhan permintaan dan pangsa pasar produk atau jasa yang bersangkutan. 

Para wirausahawan selalu membutuhkan informasi dan pengetahuan tentang pasar tujuan Pemasaran adalah memenuhi permintaan pelanggan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel