Wortel merah versus wortel Orange: mana yang akan Anda pilih?

Wortel merah atau  wortel oranye. Jadi apa perbedaan antara keduanya? Apakah hanya warna atau ada perubahan yang signifikan dalam profil nutritif juga?

Menurut buku, Healing Foods, oleh DK Publishing, wortel kaya akan beta karoten dari mana tubuh membuat vitamin A. wortel yang tinggi dalam serat mempromosikan perasaan kenyang dan membantu pencernaan dan keteraturan usus. Hal ini juga berisi bentuk kalsium mudah berasimilasi oleh tubuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk. Selain itu, mereka juga membantu kesehatan mata karena mereka beta-karoten, Lycopene dan lutein konten. 

Pasar dilapisi dengan wortel, dari merah tua ke oranye ke keunguan hitam, sayur penjual memiliki mereka semua. Wortel ungu atau kali Gajar ditemukan hanya di beberapa bagian India Utara yang terbatas, wortel ini mendapatkan rona karakteristiknya karena pigmen antioksidan ekstra yang dapat menguntungkan penyakit seperti arthritis dan banyak penyakit jantung. Wortel merah atau Desi Gajar dan wortel oranye dinikmati oleh seluruh negeri. Jadi apa perbedaan antara keduanya? Apakah hanya warna atau ada perubahan yang signifikan dalam profil nutritif juga? Ayo Cari tahu.

Ahli gizi berbasis Bangalore Dr Anju Sood mengatakan,  "wortel oranye adalah varietas hibrida. Mereka rekayasa genetika. Sedangkan yang merah adalah varietas asli non-hibrida, dibudidayakan dalam jumlah yang lebih tinggi di wilayah Asiatic. Merah wortel, seperti yang lebih bergizi dalam nilai. Ini memiliki lebih beta karoten yang memberikan semang merah  "
Perbedaan



Wortel merah

Wortel merah memperoleh warna dari beta karoten, kelompok pigmen alami yang menentukan warna banyak buah dan sayuran. Beta karoten sangat penting untuk membuat vitamin A, yang diperlukan untuk penglihatan yang baik. Beta-karoten yang paling melimpah dalam wortel, juga ditemukan di labu, aprikot dan Nektarin. Senyawa lain yang disebut Lycopene, yang juga ditemukan dalam tomat juga bertanggung jawab untuk rona kemerahan. Lycopene melindungi tubuh kita terhadap radikal bebas untuk sifat antioksidan yang tinggi, menempatkan risiko penyakit jantung di Teluk.


Jeruk wortel

Wortel oranye juga mendapatkan warna cerah mereka dari beta-karoten yang sedikit bervariasi dari wortel merah. Wortel merah pasti memiliki pigmen tambahan antioksidan alami. Tapi wortel oranye juga dimuat dalam vitamin A, E dan K. Hal ini juga mengandung mata yang sehat antioksidan lutein dan Lycopene.

Penggunaan Red wortel dan Orange wortel

Wortel adalah sayuran yang paling sederhana untuk memasak. Mereka bisa dikukus, direbus, ditambahkan ke Stews, sup atau salad

1. wortel mentah: kedua wortel merah dan oranye menawarkan manfaat nutrisi maksimum ketika dimakan mentah menurut buku ' Healing Foods ',  "beberapa wortel tongkat sehari dapat membantu memperkuat dan membersihkan gigi anak dan juga dapat membantu mendorong perkembangan rahang bawah.

2. Peras: jus Peras memberikan konsentrasi tertinggi beta karoten. Membuat bahan dasar yang baik untuk campuran buah dan sayuran jus. Dr Anju Sood mengatakan,  "wortel oranye dibuat dengan mengubah gen, untuk menerima nutrisi karakteristik terbaik dari sayur. Oleh karena itu output nutritif dari wortel oranye bisa lebih pada jus. Juga ada kandungan gula yang lebih rendah daripada Desi merah Gajar.  "

3. Cooking: Chef Gurpreet Gill dari Punjab Grill mengatakan,  "Desi wortel adalah musiman, sedangkan varietas hibrida ditemukan sepanjang tahun. Desi atau Red wortel lebih manis, juicy dan renyah dan karenanya lebih disukai untuk persiapan makanan penutup. Sebagai orang India kita memiliki kemewahan menggunakan wortel merah untuk rentang waktu yang lebih lama di tahun dibandingkan dengan Eropa atau Amerika di mana ketersediaan wortel rendah, mereka menggunakan lebih dari yang oranye yang kurang manis dan banyak untuk memanggang , menumis dan salad.  "

Red, oranye atau ungu, wortel pasti salah satu yang paling sehat sayuran bergizi yang Anda dapat konsumsi setiap hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel