7 Cara Mudah Mengatasi Rasa Gengsi Yang Muncul di Pikiran

Gengsi adalah rasa yang muncul pada diri seseorang yang mana menyangkut kehormatan dan juga harga diri. Namun gengsi biasanya muncul karena ada rasa malu dan tidak percaya diri. Dari kalangan pembisnis Pemula Gengsi kerap sekali muncul bahkan bisa menghantui aktivitas sehari-hari. Apalagi kalau pembisnis pemula tersebut adalah diri kita.

Rasa Gengsi muncul ketika kita sedang berbisnis atau berwirausaha dan disaat itu datang seorang wanita maupun pria sedangkan disaat itu kita adalah seorang pemuda yang masih polos. Rasa gengsi kerap datang secara tiba-tiba dan menjadikan rasa percaya diri terasa di uji.

Cara menghilangkan rasa gengsi - Apalagi bisnis yang kita jalankan adalah bisnis kecil-kecilan contohnya saja seperti jualan roti keliling, jualan sepatu bahkan jualan gorengan. Rasa gengsi pasti datang namun kita harus ingat bahwa pekerjaan yang kita lakukan adalah pekerjaan yang halal dan baik, daripada kita meminta-minta kepada orang tua maupun orang lain.



Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan berikan beberapa tips untuk cara menghilangkan rasa gengsi atau cara mengatasi rasa gengsi yang muncul secara tiba-tiba, berikut ulasannya:

1. Fokus Pada Tujuan

Hmm... Ketika Rasa Gengsi datang secara tiba-tiba, ada baiknya kita ingat kembali apa tujuan kita berbisnis atau berwirausaha. Dengan mengingat tujuan maka rasa gengsi yang sekeras karang akan terhancurkan dengan tujuan ibarat pepatah " Karang yang keras dapat dihancurkan oleh Ombak yang menerjang".

2. Jangan Dengarkan Apa Kata Orang

Biasanya dalam berbisnis atau berwirausaha muncultuh bisikan tetangga baik dari temen maupun orang yang lebih tua. Kalau kita mendengarkan perkataan orang maka hal ini akan menjadi ujian buruk yang terngiang di dalam diri kita, untuk itu sebaiknya jangan dengarkan apa kata orang, karena gengsi itu mahal. Kalau menuruti Gengsi kapan kita bisa melangkah maju, jadi sebaiknya buang jauh-jauh celetukan orang lain yang mendownkan tekadmu.

3. Jangan Suka Ikut-ikutan

Sebaiknya hidup ini jangan suka ikut-ikutan orang lain, hidup orang lain belum tentu cocok jika kamu yang masuk dalam kehidupan orang lain, jadi biarkan saja orang lain dengan gaya kehidupannya lebih baik kita hidup dengan gaya hidup kita sendiri. Karena belum tentu yang mereka miliki cocok untuk kita miliki. Jadi gak perlu gengsi hidup sederhana karena jadi diri sendiri itu lebih baik.

4. Pikirkan Bahwa Kamu Tak Selalu Di Atas Kejayaan

Setiap orang ada zonanya dimana berada di puncak kesuksesan dan juga berada di puncak kesuksesan. Kita bisa ambil contoh dari sosok Khairul Tanjung, dulu disaat Mahasiswa Khairul Tanjung sudah belajar berwirausaha Khairul Tanjung membuka kios Fotocpy di bawah anak tangga. Dan kini Khairul Tanjung sudah memiliki banyak usaha dan menjadi seorang pengusaha yang sukses.

5. Bangkitkan Rasa Percaya Diri

Rasa Percaya Diri dan Optimisme itu Penting, ketika rasa Gengsi datang di pikiran kita maka lawanlah dengan rasa pikiran Percaya Diri bahwa apa yang kita lakukan halal dan tidak merugikan orang lain dan baik untuk diri kita.

6. Bergaul Dengan Orang Yang Tepat

Pergaulan yang salah juga dapat mempengaruhi kondisi sikologi seseorang, jadi kalau kita bergaul pada orang yang tidak mempunyai tekad yang kuat dan kalah dengan rasa gengsi sebaiknya hindari berteman dengan orang seperti ini. Karena secara tidak langsung pikiran dan mental kita akan terpengaruh dari tingkah laku mereka.

7. Pikirkan Masa Depanmu

Kalau bukan kita sendiri yang memikirkan masa depan kita siapa lagi? orang lain pasti tidak mungkin memikirkan masa depan kita kecuali mereka ayah angkat kita. Jadi saat kita sedang berusaha dan rasa gengsi mulai muncul dan meracuni pikiran maka lawanlah dengan memikirkan masa depan, maka sebsar dan sekuat apapun rasa gengsi itu muncul akan sirna.

Nah, itulah 7 Cara Mudah untuk Mengatasi rasa gengsi yang sering muncul di pikiran kita, semoga penjelasan mimin ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat mencoba semoga kita semua sukses dengan tujuan kita masing-masing, sampai jumpa!

0 Response to "7 Cara Mudah Mengatasi Rasa Gengsi Yang Muncul di Pikiran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel