Persamaan serta Perbedaan Cerpen dan Novel

Mediasiana.com - Cerpen dan novel adalah dua bacaan yang gemar dibaca oleh para pecinta sastra. Kedua buku tersebut dapat dengan mudah kamu temukan di toko-toko buku seperti Gramedia ataupun Togamas.

Bedanya Cerpden dan Novel


Membaca adalah kegiatan yang bermanfaat dan tentu saja menyenangkan, apabila jika yang kita baca adalah buku favorit kita. Cerpen dan novel adalah salah satunya.

Cerpen dan novel memang sama-sama merupakan karya sastra. Namun keduanya tidak bisa disamakan. Anda harus bisa membedakan mana yang termasuk cerpen dan mana yang termasuk novel. Selain perbedaannya, persamaan keduanya juga harus kamu ketahui.



Melalui artikel ini, saya akan membahas kedua hal tersebut. Selengkapnya, mari simak uraiannya di bawah ini :

# Persamaan Cerpen dan Novel

Cerpen dan novel sama-sama merupakan karya sastra dan karya fiksi. Selain itu keduanya juga memberikan pesan moral yang bisa kita petik dari cerita yang terkandung di dalamnya.

Cerpen dan novel juga merupakan sama-sama sebuah proses yang memiliki ritme yang bebas. Itulah yang menjadi persamaan umum cerpen dan juga novel.

# Perbedaan Cerpen dan Novel

Cerpen adalah karya sastra yang berbentuk fiksi yang menceritakan tentang kisah seorang tokoh dan segala Konflik yang ditulis secara ringkas dan padat. Sementara itu novel merupakan suatu karya sastra berbentuk prosa.

Novel sendiri berasal dari Bahasa Italia "Novella" yang artinya kisah atau cerita. Itulah salah satu perbedaan cerpen dan novel, jika melihat dari definisi atau pengertiannya.

Apa hanya itu saja perbedaannya? Tentu saja tidak. Masih banyak perbedaan lainnya yang bisa kamu temukan dari kedua karya sastra tersebut. Perbedaan lainnya bisa kamu lihat dari beberapa hal seperti panjang tulisan, sasaran pembaca, unsur cerita, alur cerita, penokohan dan lain sebagainya.

Penjelasan lengkap mengenai perbedaan cerpen dan juga novel bisa kamu baca pada konten di bawah ini :

1. Beda Panjang Tulisan

Cerpen dan Novel memiliki panjang tulisan yang berbeda. Cerpen pada umumnya mensyaratkan agar jumlah kata dalam tulisan tidak lebih dari 10 ribu kata.

Sementara itu, untuk novel biasanya memiliki panjang tulisan sekitar 3500 kata. Maka dari itu, buku novel umumnya terlihat lebih tebal daripada cerpen.

2. Beda Sasaran Pembaca

Cerpen maupun novel diciptakan dengan sasaran pembaca yang berbeda. Cerpen biasanya dibuat untuk orang-orang yang tidak terlalu suka membaca panjang karena pada sebuah cerita pendek memiliki alur cerita yang tidak terlalu panjang. Selain anak-anak adalah golongan yang paling gemar membaca cerpen.

Berbeda dengan cerpen, untuk novel dibuat untuk orang-orang yang mau membaca dalam jangka waktu yang cukup lama. Biasanya para wanita remaja adalah orang-orang yang paling sering membaca sebuah novel.

Jadi dengan mengetahui target pembaca membuatmu bisa membuat cerpen atau novel dengan gaya bahasa yang sesuai.

3. Beda Alur Cerita

Cerpen dan novel memakai alur yang berbeda dalam penulisannya. Cerpen hanya berisi satu alur dasar yang maju, sedangkan untuk novel dapat berisi banyak subplot dan plot utama yang kompleks.

Alur cerita untuk novel lebih sering menggunakan alur maju mundur atau yang juga disebut sebagai alur campuran.

4. Beda Perwatakan

Perbedaan cerpen dan novel selanjutnya bisa kamu ketahui dari perawatakan tokoh yang ada terdapat pada cerita di dalamnya. Perwatakan untuk cerita pendek digambarkan secara singkat, sementara itu untuk novel digambarkan secara lebih mendetail.

5. Beda Konflik

Dari segi konflik, Cerpen dan novel sudah tentu sangat jauh berbeda. Pada cerita pendek terdapat satu konflik dan nasib tokoh tidak berubah. Sementara itu, untuk novel konfliknya jauh lebih banyak dan tokoh bisa saja mengalami perubahan nasib.

6. Perbedaan Jangka Waktu

Perbedaan kedua karya sastra ini juga bisa kamu ketahui dari jangka waktu penyelesaian alur ceritanya. Cerita pendek pada umumnya mencakup periode waktu yang sangat singkat, sementara itu untuk novel mencakup periode waktu yang cukup panjang.

Penutup

Bagaimana? Cukup jelas bukan? Itulah beberapa poin yang menjadi persamaan serta perbedaan antara karya sastra novel dan juga cerpen. Dengan mengetahui hal tersebut, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian mengenai cerpen dan juga novel.

Nah, bagi kamu yang ingin melihat contoh cerpen yang bagus dan menarik, silakan simak Cerpen Tentang Pendidikan dari Senipedia ini. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persamaan serta Perbedaan Cerpen dan Novel"

Post a Comment