Widget HTML Atas

31 Ide Bisnis Menjanjikan Cocok dijalankan oleh Mahasiswa

Mediasiana.com - Bisnis Mahasiswa. Ide bisnis Mahasiswa. Bisnis Mahasiswa. Bisnis menjanjikan untuk Mahaisswa. Bisnis dijalankan mahasiswa. Usaha yang cocok untuk mahasiswa adalah tipe bisnis yang mudah dalam pengelolaannya dan tidak menyita banyak waktu. Ada beragam jenis usaha kecil-sampai skala besar yang dapat dijalankan oleh seorang mahasiswa. Apalagi seorang Mahasiswa identik dengan tugas kampus, kegiatan organisasi dan lainnya. Tentunya dalam berbisnis dibutuhkan jenis usaha yang felsibel atau freeline.

Jenis usaha yang cocok dijalankan Mahasiswa walaupun tergolong kecil namun memiliki omset jutaan hingga ratusan juta rupiah. Jadi kita sebagai mahasiswa perlu memanfaatkan peluang yang ada untuk membangun sebuah bisnis baru.

Apalagi untuk sekarang ini dalam proses berbisnis cukup mudah karena sudah ditunjang banyak teknologi dari Sosial Media sampai dengan Marketplace besar, hanya saja tinggal kita saja pandai-pandai dalam memanfaatkan teknologi yang ada.


ide bisnis cocok untuk mahasiswa


Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan kumpulan ide bisnis yang dari skala kecil sampai skala besar yang bisa dijalankan oleh seorang mahasiswa. Nah, bagi kalian yang sudah penasaran silahkan simak ulasanya berikut ini.


Berikut 31 Ide Bisnis Menjanjikan yang Cocok dijalankan oleh Mahasiswa :


1. Jualan Kue Kekinian

Siapa sih yang gak butuh makan  atau jajan ? pasti semua orang membutuhkan makan atau jajanan apalagi keu kekinian. Nah, bagi kalian para mahasiswa yang jago atau pandai membuat kue tidak ada salahnya memanfaatkan kondisi ini apalagi target pasarnya sudah jelas ada para Mahasiswa, dosen ataupun masyarakat yang ada di sekitar kampus. 

Apalagi kalau kamu ini jago Brandingkan produkmu di dalam kelas, bisa juga kamu titipkan ke kantin kampus dengan sistem jasa upah menaruh barang, maka akan banyak mahasiswa atau temenmu penasaran dan ingin mencoba kue buatanmu kan lumayan pendapatannya bisa buat uang spp atau keperluan kuliah, apalagi kalau bisa meraup omset banyak tentunya kamu bisa buka kedai sendiri di area kampus atau diluar kampus sekalipun. Kue kekinian banyak kok, ada donat, resoles isi daging ayam, ataupun kue-ue kekinian bisa kalian cari ide seraching aja di Google kue kekinian, pasti banyak ragamnya.

2. Jual Pulsa Elektrik (All Operator)

Dijaman sekarang ini siapa sih yang gak butuh pulsa ? apalagi kalangan Mahasiswa pastilah mereka juga membutuhkan pulsa nah tidak ada salahnya kamu jualan pulsa, lagian prosesnya juga cukup mudah dan tidak banyak memakan waktu. Jadi kamu bisa tetap lanjut untuk kegiatan organisasi dan tugas kuliahnya.

3. Online Shop

Bisnis yang mudah untuk dijalankan saat jadi Mahasiswa adalah online shop, apalagi target pasarnya udah jelas, kalau satu fakultas saja ada berapa ribu orang ? kan lumayan tuh, tidak caek-capek lagi cari costumer cukup temen satu kampus aja udah banyak.

Apalagi kalau jago brandingkan produk dan juga pandai dalam memikat hati pelanggan maka tentunya kamu akan bisa menghasilkan punid-pundi rupiah yang cukup banyak sehingga kamu bisa bayar spp, sks bahkan bayar keperluan lainnya.

4. Jasa Ketik Tugas kampus

Nah, pastinya orang sekarang ini apalagi dari kalangan mahasiswa yang punya banyak uang biasanya mereka mencari teman yang pinter atau dia itu membutuhkan uang nah, kalian bisa memanfaatkan momen ini jadi pundi-pundi rupiah, maka kamu bisa buka jasa ketik tugas kuliah seperti MS Excell, Word, dan juga PPT. 

Buka saja tarif perketiknya sesuai dengan project, kan lumayan tuh kalau dapat 10-20 costumer setipa bulannya.

5. Jasa Pembuatan Makalah atau Skripsi

Bagi kalian terutama Mahasiswa semster akhir pasti ada yang suka buka usaha seperti ini dengan juniornya, buka jasa pembuatan Makalah adalah pekerjaan yang sering dilakukan oleh para Mahasiswa tentunya hal ini akan banyak peluang dan untuk target pasarnya juga cukup mudah didapatkan yaitu kalangan Mahasiswa yang males ngerjakan tugas atau mereka yang disibukkan dengan pekerjaan kantor ataupun kegiatan organisasi.

6. Jasa Percetakan (photocopy ataupun NgePrint)

Membuka usaha percetakan yang berada di dekat area kampus sangat menjanjikan, kalau tidak punya mesin besar juga bisa menggunakan jenis printer yang kecil yang terpenting ada fitur scan, fotocopy dan juga bisa buat ngeprint, apalagi untuk sekarang ini kalau di wilayah saya satu kertasnya aja untuk ngeprint bisa 1.500 - 2.000 per kertasnya.

Dan kalau ini mendapatkan 50 orang Mahasiswa aja lumayan uangnya bisa buat bayar spp atau bayar kost.

7. Buka Jasa Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar ini sering dilakukan oleh Mahasiswa baik mahasiswa semster 3 ataupun yang udah di ujung tombak alias semster akhir. Usut-punya usut gaji dari membuka bimbingan belajar ternyata cukup lumayan buat bayar spp, sks dan untuk jajan.

Nah, buat kalian yang memiliki kepandaian dalam berbagai bidang bisa memanfaatkan hal tersebut sekalian hitung-hitung beramal dan mencari pengalaman.

8. Buka Jasa Les Privat

Peluang yang ke delapan adalah Buka Jasa Les Privat. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan meoment ini, dimana kebanyakan teman saya juga gitu mereka membuka les privat dengan incaran anak orang kaya. Ya lumayan kalau sehari bisa me les privat 2-3 orang kali aja 30 pertemuan. Uangnya bisa bayar spp , sks dan bisa meringankan beban orang tua.

9. Jasa Pembuatan Website atau Blog

Yang namanya jaman sekarang ini sudah canggih maka tidak heran kalau webiste atau blog sangat dibutuhkan, bahkan ketika hendak melamar pekerjaan dan interview di tanyakan mana karyamu? apakah kamu punya CV dan mana Blog mu ? 

Semua itu ternyata ditanyakan, karena envloyer jaman sekarang ini udah melirik hal itu palagi perihal perusahaan pemasaran.

Nah, bagi kalian para mahasiswa yang jago mendesain atau membuat website/blog bisa membuka jasa ini di kampus, untung-untung dapat proyek besar dari kampus, kan lumayan uangnya bisa buat biaya hidup.

10. Buka Jasa Penerjemah

Buat kalian teman-teman mahasiswa yang mempunyai kelebihan dalam berbahasa, apalgi kalian jago berbahasa inggris, jepang ataupun korea bahkan arab. Bisa juga kalian menggunakan skil kalian untuk mencari rezeki tambahan buat bayar spp ataupun bayar kost. Apalagi jaman sekarang ini orang penerjemah sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis bahkan juga dunia pendidikan.

11. Buka Jasa Desain Garfis

Kalian yang jago desain grafis bisa memanfaatkan skil kalian dengan membuka jasa desain grafis baik itu pembuatan Logo, desain spanduk, desain bingkai undangan, bingkai foto dan masih banyak lainnya. Lumayan, apalagi di kampus ini banyak orangnya pastinya beragam juga keperluan setiap orang.

12. FotoGrafer

Nah, bagi kalian yang jago mefoto orang, bisa juga buka jasa fotografer, apalagi saat menjelang Yudidisum, Sidang Skripsi, Wisuda ataupun acara lainnya yang ada di kampus maka kesempatan buat kalian memanfaatkan moment seperti ini, syukur-syukur dikost ada studio foto dan foto prewedding.

13. Jasa Antar Barang atau Jasa Kirim Barang

Biasanya usaha mahasiswa dalam mencari uang itu simpel, dia gak mau ribet. Ada sepeda motor gunakan aja sebagai kurir mengantar barang, kan hasilnya lumayan.

14. Jadi Ojol (Ojek Online)

Nah, jaman sekarang apalagi dikota-kota besar yang namanya profesi Ojol cukup menjanjikan, apalagi dikalangan Mahasiswa, jadi ojol bisa sewaktu-waktu bisa malam atau sore hari habis pulang kuliah. kan, lumayan uangnya bisa buat baiaya hidup di perantauan.

15. Bisnis Tour dan Travel

Buat para Mahasiswa apalagi anak Mapala pasi lebih tahu dengan objek-objek wisata yang ada di wilayah Kampusnya terutama di pelosok desa dimana kampus itu berada dengan demikian kalian bisa buka jasa tour dan travel meskipun kalau hanya sebagai perantaran dan yang memandu wisatanya ada rekan kalian yang free jadi bisa gantian.

16. Buka Jasa Pentas Seni (Musik, Teater)

Pagi atau sore bisa kuliah, malamnya aksi main musik di resto, ataupun cafe atau konser di area alun-alun kota. Kan, lumayan hasilnya bisa buat bayar kost, paling mentok jadi anak perantau yang hobi musik pasti akan ngumpul sesama anak musik dan buat grup band, terus ngamen sambil seru-seruan sekalian nyari uang buat makan.

17. Jasa Tukang Bersih-bersih halaman rumah orang

Nah, buat kalian yang jago merawat bunga atau taman, bisa dicoba jenis usaha ini. Kalian bisa menawarkan jasa kepada orang-orang kaya ataupun orang yang dekat dengan Anda bukan masud memanaatkan tetapi sekedar mencari uang tambahan buat bayar kuliah.

18. Jasa Perawatan hewan

Nah, buat kalian yang memiliki hobi pelihara atau merawat biantang bisa membuka babershop biantang atau perawatan hewan spesialis tertentu sesuai dengan skill kalian, luamyan kalau usaha ini dapat dirintis dengan pelan namun pasti maka kedepannya bisa akan besar dan membuahkan keuntungan yang banyak.

19. Bisnis Sablon Kaos

Nah, bagi kalian para mahasiswa yang mempunyai bakat dalam dunia printing bisa dicoba nih, luamayan buat tambahan beli mobil :> Apalagi target pasarnya banyak yaitu para Mahasiswa, anggap saja kamu ini bisa menguasai pasar 4 fakutas di Universitas saja udah waw banget. Tentunya kamu bakal jadi pengusaha inspiratif buat teman-teman mahasiswa yang lainnya. Apalagi kamu ini udah punya anak buah ya walaupun awalnya buka sama teman dua atau tiga orang Mahasiswa kemudian membangun sebuah CV dan kini berkembang sehingga kamu sekarang ajdi CEO nya aja, wah pasti enak banget.

20. Binsis Jual aksesoris Miniatur

Ide bisnis yang ke 20 adalah bisnis miniatur atau aksesoris seperti gantungan kunci, gelang, kalung, bros dan lainnya dengan gaya kekinian atau khas dengan corak kampusmu. Pasti banyak diburu mahasiswa yang lainnya sebagai koleksi pribadi. Tentunya dengan bisnis Crift creatif ini dapat mengasah skil dan juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi teman-teman yang lainnya.

21. Bisnis Ketring Snack

Saya dulu saat jadi Mahasiswa juga pernah menjalani bisnis ini, lumayan keuntungannya perkotaknya bisa dapat 2.000 rupiah, kalikan aja 100 kotak, udah 200.000 kan lumayan. Jadi teknisnya kita cuma beli aku, permen, tisu, sisanya kalau bisa mesen kuenya sama teman mahasiswa lainnya yang jago buat kue, syukur-sykur kalau semua bisa dibuat sendiri malahan bisa untung banyak. Nah, bisnis ini juga sangat menjanjikan.

22. Jadi Makelar HP atau barang Elektronik

Nah, kebanyakan mahasiswa itu mesti yang enggak tau jenis barang bagus dan berkualitas pasti cari teman untuk membelikan sesuatu agar apa yang ia inginkan barangnya ori atau kualitasnya bagus, maka dari itu kamu yang jago bisnis modal dengku untung banyak bisa jadi makelar apalagi skil kamu jago membedakan mana barang mahal dan kw bahkan kamu ini hanya sebagai marketing aja alias tangan kedua.

23. Bisnis Jual Koas atau Pakaian

Kalau yang tadi jasa Sablon, yang ini jual kaos atau pakaian bukan hanya via online tapi lebih ke pasar malam. Jadi buat kalian yang gak punya waktu jualan pagi dan sore bisa buka stand jualan malam di rumah atau di gang ataupun sewa kios di perempatan. Lumayan kalau bisnis ini di bangun bersama dua orang teman se kampus, pastinya bisa gantian nanti yang jagain tokonya.

24. Jasa Penulis Lepas

Jasa penulis lepas ini sudah banyak dilakukan oleh kalangan Mahasiswa, jasa penulis lepas ini biasanya menyelesaikan project artikel blog ataupun review produk. Jadi kerjaannya tidak terikat fleksibel namun ada batasan waktu, misalnya selesai artikelnya dalam satu minggu atau 3 hari.

25. Jadi Jual Barang Bekas

Kata siapa jual barang bekas itu rendahan ? ya walaupun memang faktanya orang bilang rendahan tapi posisi kita disitu adalah direktur, kita bebas bekerja kapanpun dan tanpa harus ada orang yang menyuruh. Hanya saja disitu kita tidak ada yang menjanjikan gaji katena usaha mandiri. Tetapi hal ini juga bisa dijalankan oleh seorang Mahasiswa. Barang bekas itukan beragam seperti TV rusak, HP, Radio bahkan kulkas, nah itu bisa kita perbaiki dan di jual kembali ke orang lain dengan harga fantastis.

26. Tukang Jahit

Nah, bagi kalian yang memang jadi Mahasiswa terus punya keahlian menjahit bisa saja jadi tukang jahit. Lumayan kalau usahanya bisa jalan terus dan dapat proyek lumayan dari CV ataupun kampus untuk pembuatan seragam. Nah, untuk memanajemen waktu maka kalian bisa cari partner untuk menggarap jahitan tersebut agar nantinya bisa membagi waktu dengan baik.

27. Edit Vedio

Buat kalian anak Multimedia apalagi anak Kuliah alumni MM bisa nih berkarya dengan membuka jasa vedio editing, jadi kalian bisa matok harga yang cukup lumayan. Untuk satu projectnya bisa samoai 500 ribu bahkan satu juta.

28. Jadi Youtuber

Nah, untuk saat ini jadi Youtuber adalah ide bisnis yang menjanjikan, kalau channelmu sudah dimonetasi maka kamu punya dua pilihan terus berkarya dan dapatkan uang atau menjual Channel Youtubemu ke orang lain. Karena Channel sekarang ini untuk youtube yang sudah termonetasi bisa mencapai 5 juta rupiah per channelnya apalagi kalau vedionya udah banyak maka harganya bisa puluhan juta.

29. Jasa EO (Event Organizer)

Jadi EO atau berprofesi sebagai founder Event Organizer sangat menjanjikan, apalagi punya banyak jaringan dari kenalan artis, Host ternama dan juga orang-orang besar dan berkepentingan, tentunya kamu sebagai Mahasiswa bisa memanfaatkan moment ini dikampus. Apalagi Mahasiswa ini beragam kebutuhan, siapa tau ada yang ingin memberikan surprise kepada pacarany maka kamu bisa mengatur acara itu semua menjadi EOnya dan kamu akan dapat imbalan yang cukup fantastis. Belum lagi kalau nantinya ada acar sekolah, ulang tahun ataupun acara yang lainnya maka kamu bisa jadi EO di acara tersebut, pastinya kamu akan dapat untung banyak.

30. Jadi Perias atau MakeOver

Ide bisnis yang ke 30 adalah jadi MakeOver atau tukang rias wajah. Apalagi saat hendak yudisium ataupun acara wisuda tentunya banyak mahasiswi membutuhkan orang - orang yang jago dalam merias wajah. Nah, buat kalian para wanita ataupun pria yang jago merias wajah bisa juga memanfatalan momentum ini. Kan, lumayan bisa buat bayar spp atau uang jajan. Lebih lagi kalau ada acara-cara resepsi ataupun dinner yang dilakukan oleh temen kampusmu maka kamu punya peluang besar dalam ha ini jadi periasnya.

31. Jadi Tukang Cukur Rambut

Siapa sih yang tidak butuh cukur rambut apalagi seorang Mahasiswa yang ingin sekali tampil keren. Nah, buat kalian para pria ataupun wanita yang punya bakat jadi Tukang cukur tidak ada salahnya kalian buka babershop kecil-kecilan di kost atau kiso khusus di area dekat kampusmu, pasti kalian akan kebanjiran pelanggan maka dari itu kamu bisa buka dihari-hari tertentu yang dimana saat waktumu ree, entah malam hari ataupun pada sore hari.


Penutup

Nah, itulah 31 Ide Bisnis Menjanjikan yang Cocok dijalankan oleh Mahasiswa. Bagi teman-teman yang selama ini masih bingung, maka kalian bisa memilih referensi usaha atau ide bisnis diatas. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat. Sampaijumpa dipembahasan yang lainnya. Dan janganlupa baca juga artikel tentang bisnis yang lainnya pada label Bisnis di mediasiana.