Kisi-kisi SBMPTN dan SNMPTN Terlengkap ini akan Mengantarkanmu Masuk Kampus Impian

Mediasiana.com - Kisi - kisi SBMPTN dan Kisi-kisi SNMPTN 2020 ini akan mengantarkanmu masuk kampus impianmu. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah untuk pendaftaran SBMPTN atau SNMPTN dilaksanakan secara online. Apabila kalian sudah mendaftar secara online dan dinyatakan data yang Anda upload sudah lengkap dan terverifikasi tentunya Anda akan dapat segera mengikuti ujian SBMPTN ataupun SNMPTN.

Nah, buat kalian yang nantinya akan mengikuti ujian SBMPTN maupun SNMPTN sebaiknya sebelum 1 hari ujian, maka kalian cek dulu untuk lokasi tesnya dan juga no kursi ujian, agar nantinya saat hari H ujian SBMPTN ataupun SNMPTN kalian tidak bingung lagi mencari lokasi ujiannya.


Dan setiap ujian ini tentunya sangat banyak pesertanya yang mengikuti ujian SBMPTN maupun SNMPTn maka dari agar kalian bisa lulus ada baiknya pelajari kisi-kisi SBMPTN dan SNMPTN yang akan saya sajkan dalam artikel kali ini. Agar kalian bisa lulus sebaiknya perhatikan beberapa Indiktaor yang ada di jurusan masing-masing, namun kalian tenang saja karena pada perjumpaan ini saya akan memberikan kisi-kisinya jadi kalian bisa belajar dirumah nantinya.



kisi-kisi sbmptn
Foto: Liputan6.com


Pengertian SNMPTN dan SBMPTN


Namun, sebelum saya menguraikan lebih mendalam tentunya buat kalian calon mahasiswa akan masih bertanya-tanya apa berbedaannya SBMPTN dan SNMPTN ? kan ya. Untuk itu akan saya jelaskan dulu Pengertian SBMPTN dan SNMPTN, yuk simak ulasannya berikut ini.


SNMPTN : adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dengan ketentuan hanya Mahasiswa yang mempunyai Nilai Rapot yang tinggi ataupun Pelajar SLTA yang mendapat undangan Khusus untuk mengikuti proses seleksinya baik itu secara tertulis ataupun tes lainnya. Saya dulu juga pernah mendapatkan Undangan tes tertulis dari Universitas Muhammadiyah Malang, namun pada saat itu tidak saya ambil.

SBMPTN : adalah Seleksi Bersama Masuk Perguran Tinggi Negeri, jadi kegiatan ini diadakan serentak di Indonesia. Maka dari itu apabila pelaksanaan ujiannya bersamaan tentunya kalian para calon mahasiswa akan kesusahan mengikuti tes tertulis di kampus lainnya lagi, jadi hanya satu Perguruan Tinggi Negeri saja yang bisa kalian ikuti.


Kisi-kisi SBMPTN dan Kisi-kisi SNMPTN



Waktu menjawab soal SBMPTN dan SNMPTN


Dalam menjawab soal ujian SBMPTN dan SNMPTN maka perhatikan perihal waktu, karena dalam mengerjakan satu soalnya Anda akan diberi waktu hanya 60 detik saja atau 1 menit dalam setiap soalnya. Maka dari itu Anda jangan mudah terlena, sebaiknya kerjakan dulu soal-soal yang mudah dikerjakan.


Nah, jika kamu sudah bisa menyelesaikan soal-soal yang mudah semua, selanjutnya kamu bisa mengerjakan soal-soal yang susah. Jangan tinggalkan tanpa jawaban, jawab sebisa mungkin, apalagi kalau soalnya itu pilihan Ganda.



Teknik The King


Nah, dalam eknik The King ini juga sudah banyak digunakan oleh teman-teman kita dari kakak-kalak kalian yang sudah lulus. Biasanya teknik The King ini juga di ajarkan dalam Bimbel atau Bimbingan belajar dan mungkin dari teman-teman yang masuk bimbel sudah mengetahui dengan teknik The King ini.


Teknik The King ini adalah salah satu cara cepat untuk mengerjakan atau menyelesaikan soal-soal yang rumit, panjang dan juga bersifat hitungan seperti matematika, kimia ataupun fisika.


Dalam menggunakan teknik The King ini Anda juga di tuntut untuk cerdik karena dalam mengerjakannya satu persatu, sambil menghubungkan soal yanga ada, dengan begitu Anda akan dapat dengan mudah menemukan jawabannya.


Berlatih menjawab soal SBMPTN dan SNMPTN


Cara ini juga dianggap trik jitu bagi kalangan Calon Mahasiswa yang mengikuti ujian SBMPTN dan SNMPTN. Dengan Anda rajin mengerjakan soal latihan SBMPTN dan SNMPTN maka Anda akan mengetahui seberapa besar kemampuan dan kebiasaan Anda dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN dan SNMPTN sebelum Anda mengikuti ujian SBMPTN dan SNMPTN.



Update Soal SBMPTN dan SNMPTN


Agar kalian bisa lulus dengan mudah nantinya saat ujian SBMPTN dan SNMPTN, sebaiknya Anda juga sering update tentang informasi soal-soal SBMPTN dan SNMPTN. Dengan demikian Anda akan dapat mengetahui dinamika perkembangan soal-soal ujian SBMPTN dan SNMPTN yang akan berlangsung nantinya. Biasanya peserta akan dituntut untuk bisa menggunakan nalarnya dengan baik. Jadi tidak hanya pada tes keakademikan saja, penalaran seorang calon mahasiswa juga akan di uji dalam ujian SBMPTN dan SNMPTN kali ini.


Soal-soal yang keluar dalam ujian SBMPTN dan SNMPTN ini beragam bisa berupa :

  • Untuk Soal umum : Seperti soal cerita, Aljabar, Hitungan atau Matematika, Logika, Gambar, Bahasa dan juga yang lainnya. 
  • Dan untuk tes kemampuan dasar biasanya soal yang keluar adalah Matematika, soal cerita, aljabar, deret dan juga angka. 
  • Dan untuk Bahasa biasanya adalah tentang mencari ide pokok kalimat, maksud ataupun tujuan dari cerita yang ada, serta menyimpulkan isi cerita.
  • Kalau untuk Soshum ini biasanya Sosiologi, ataupun pelajaran IPS
Dan untuk Saintek biasanya adalah materi tentang IPA, soal-soal ujian Saintek ini seputar mata pelajaran IPA yang ada di tingkat SLTA maka dari itu silahkan Anda belajar dan update materi IPA setipa tahunnya. Kalau IPA ini bisa juga Biologi, Fisika ataupun Kimia.

Untuk soal yang disajikan dalam ujian SBMPTN dan SNMPTN di kampus yang ada di Indonesia ini semua hampir sama yang di keluarkan hanya saja bedanya itu no soal dan juga narasi yang berbeda atau istilahnya itu Passing Greadenya.

Tes Bidang Studi Saintek (IPA)


 Nah, buat kalian yang mengambil jurusan Saintek dalam perguruan tinggi maka materi yang harus Anda pelajarai dan kuasai adalah mata pelajaran Biologi, Fisika dan Kimia. Jadi kalian harus menguasai mata pelajaran tersebut, apabila Anda suka dan hobi dengan mata pelajaran tersebut tentunya kalian akan dipermudahkan nantinya dalam mengerjakan soal-soal ujian dalam jurusan Saintek di SBMPTN dan SNMPTN.

Karena bobot dalam soal-soal ini adalah 20%, jika kamu bisa menjawab benar soal-soal dari mata pelajaran IPA ini tentunya ada peluang besar bagi kalian untuk bisa lulus di sistem SBMPTN ataupun SNMPTN.

Tes Bidang Studi Soshum (IPS)


Dan untuk mata pelajaran yang keluar dalam bidang Studi Soshum ini adalah Sosiologi, Geografi dan juga Sejarah. Nah buat kalian yang mengambil studi soshum silahkan belajar mata pekajaran tersebut baik itu yang ada di SLTA ataupun yang ada di materi Bimbingan Belajar.

Untuk bobot penentu kelulusan jika kamu berhasil mengerjakan soal-soal Soshum ini adalah 20%. tentunya ada kesempatan besar buat kalian bisa lulus tes SBMPTN dan SNMPTN apabila bisa mengerjakan soal dari mata pelajaran tersebut.

Tes Bidang Studi Gabungan Saintek dan Soshum (IPC)


Nah, bagi kalian yang ingin mengikuti dua program studi yang berbeda maka kalian bisa ikut tes IPC. Jadi soal-soal yang disajikan ada dari Saintek dan juga Soshum. Untuk saintek sendiri ada Biologi, Fisika dan Kimia dan untuk Soshum ada Sosiologi, Geografi dan Sejarah. Maka soal ujian nantinya akan di gabung dalam satu tes yaitu disebut dengan IPC.

Tentunya buat kalian yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata bisa mengikuti prgram ini namun tidak disarankan bagi kalian yang mengikuti ujian ini apabila kecerdasan kalian dibawah rata-rata, karena tes ujian ini cukup berat, karena kalian dituntut harus menguasai Saintek dan Soshum.

Karena soal ini akan jadi satu paket sebaiknya kalian pertimbangkan lagi sebelum mengambil dalam program ini, meskipun ketentuan benar +4 jika salah -1 dan untuk bobot nilainya masih sama yaitu 20%.

Tes Keterampilan (Fisik) dalam SBMPTN dan SNMPTN


Nah, bagi kalian yang mengikuti program studi seperti seni ataupun olahraga maka kalian akan dituntut untuk bisa segala keterampilan yang berhubungan dengan jurusan yang kalian ambil. Sebelum kalian dinyatakan lulus tentunya kalian akan di uji dulu dan kalian harus memperlihatkan bakat kalian di dewan tim penilai. Biasanya untuk tes fisik ini para peserta juga di kenakan biaya tes.

Dan pengumuman hasil ujian atau pengumuman kelulusan biasanya akan di umukan sehari setelah tes selesai. Dan apabila nilai benar kalian bisa mencapai bobot 50%  tentunya ada kesempatan bisa lulus dalam seleksi kali ini. Namun biasanya untuk bobot ini berlaku juga di jurusan tertentu. Semua akan kembali pada kebijakan panitia Seleksi SBMPTN dan SNMPTN di kampusnya masing-masing.

Tips Belajar Efektif Tepat Sasaran Menjelang SBMPTN dan SNMPTN


1. Pahami Konsep Belajar yang Baik dan Benar

Apabila kalian ingin sukses lulus dalam SBMPTN dan SNMPTN, sebaiknya pahami konsep belajar yang tepat. Jangan terlalu berlebihan dalam belajar karena hal tersebut justru akan membuat otak Anda jadi pusing. Belajarlah pokok-pokoknya saja sesuai dengan mata pelajaran yang akan keluar saat SBMPTN dan SNMPTN. Sesuai dengan program studi yang akan di ambil

2. Fokus di Beberapa Materi Dulu

Kalau kalian ngambil Soshum sebaiknya fokuskan di materi soshum dulu. Agar nantinya mendekati hari H SBMPTN dan SNMPTN kalian sudah siap betul dan tidak bingung lagi belajar ini dan itu.

3. Targetkan Juga Dalam Belajar

Nah, kalau tanggal SBMPTN dan SNMPTN masih lama maka buat target belajar yang baik, misalnya satu minggu sebelum SBMPTN dan SNMPTN kalian sudah belajar, maka nantinya ketika mendekati SBMPTN dan SNMPTN kalian sudah tidak gelabakan lagi. Karena nantinya akan banyak yang di urus seperti Administrasi ataupun berkas lainnya.

4. Catat Poin-poin Penting 

Nah, agar kalian mudah ingat, sebaiknya siapkan buku catatan khusus untuk mencatat poin-poin yang sudah kalian pelajari dalam persiapan Ujian SBMPTN dan SNMPTN. Dengan seperti itu maka Anda akan lebih mudah nantinya apabila ingin memansasi otak.

5. Berpedoman dengan Kisi-kisi dan dari berbagai Sumber terpercaya

Nah, buat kalian yang ingin mengikuti Ujian SBMPTN dan SNMPTN, sebaiknya belajar berdasarkan kisi-kisi. Dengan kisi-kisi maka dalam belajar akan lebih terarah dengan baik dan soal yang keluar nantinya saat ujian tidak jauh dari kisi-kisi yang kita pelajari sebelumnya. Serta dianjurkan juga kalian bertanya kepada kakak kelas kalian yang sudah lulus dalam ujian SBMPTN dan SNMPTN, dengan begitu kalian akan mendapatkan gambaran pola soal ujian yang biasa ada di SBMPTN dan SNMPTN.

6. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan sebelum pelaksanaan SBMPTN dan SNMPTN sangat penting. Karena kondisi yang sehat juga menjadi faktor penting keberhasilan seorang calon mahasiswa dalam menjawab soal-soal SBMPTN dan SNMPTN. Kalau badan saja sedang sakit tentunya akan berpengaruh pada kinerja otak kita sendiri.

7. Gunakan Sarana Belajar dengan Baik

Buat kalian pelajar Indonesia yang mau ikut ujian SBMPTN dan SNMPTN, bisa gunakan alat belajar yang ada ini dengan tepat, seperti Media Internet, Sosial Media ataupun Bimbel Online yang terpercaya dan terbukti sudah keunggulannya. Namun perlu di ingat, untuk penggunaan sosial media dalam sarana belajar sebaiknya hati-hati ya, jangan sampai malah salah dalam menggunakan sosial media. Karena di sosial media kita bisa cari informasi seputar soal maupun teknis ujian SBMPTN dan SNMPTN.

Penutup

Nah, itulah kisi-kisi SBMPTN dan SNMPTN, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan meberikan gambaran bagi teman-teman yang lainnya sebelum kalian mengikuti ujian seleksi SBMPTN dan SNMPTN. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan dan mohon maaf apabila terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan. Sekian dari saya sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya. :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisi-kisi SBMPTN dan SNMPTN Terlengkap ini akan Mengantarkanmu Masuk Kampus Impian"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel