Widget HTML Atas

7 Manfaat Belut untuk Kesehatan, Rugi kamu gak suka belut!

Mediasiana.com - Kandungan Belut. Gizi belut. Belut Enak. Manfaat belut untuk kesehatan tubuh, terutama bagi mereka yang kekurangan darah atau tensi darah rendah. Belut yang rasanya gurih dan dagingnya lezat ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Kanatetapi mayoritas orang hanya ingin mengkonsumsinya tanpa harus tahu apa manfaat dari belut ini bagi tubuh mereka dari segi kesehatan.

Belut dapat ditemukan dengan mudah di area persawahan dan juga rawa-rawa. Belut hidup di area berlumpur dan juga bersuhu dingin. Tubuh belut yang berlendir ini membuat susah untuk ditangkap apalagi gerakan belut yang gesit saat di dalam lumpur membuat kuwalahan saat menangkapnya.


Saya sering mancing belut disawah disaat pada padi menghijau dan hendak panen, karena pada moment tersebut usia belut sudah mulai remaja-dewasa sehingga belutnya sudah besar-besar. Cara meancing belut cukup mudah bagi mereka yang sudah terlatih. Biasanya saya memancing belut di area persawan tepatnya di Galengan atau di tegalan sawah/di area jalwan setapak persawahan.



Manfaat Belut untuk Kesehatan

Belut termasuk hewan nokturnal, yang mana belut ini suka keluar dan mencari makan di malam hari tetapi pada pagi ataupun sore hari Belut juga mau makan ketika kita memberikan umpan di area lubang yang ada belutnya karena belut ini termasuk hewan karnivora.


Belut jarang sekali mau makan disiang hari, biasanya mereka pada siang hari lebih memilih untuk sembunyi dan berdiam di lubang pada bagian dalm karena kalau dipermukaan air cukup panas karena terkena paparan sinar matahari pada siang hari.


Oke, itu tadi hanya intermezzo, untuk sekarang ini akan saya berikan informasi tentang khasiat dari makan belut. Belut mengandung banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Bagi kalian yang sudah penasaran mari simak ulasannya berikut ini.



7 Manfaat Belut untuk Kesehatan, berikut ulasannya :


1. Terdaat Kalori yang bagus untuk Tubuh


Belut adalah binatang yang mempunyai daging sangat gurih, enak dan kalau dimasak dengan cara di bakar lalu di oseng pedas rasanya sungguh nikmat, apalagi ukuran belut yang masih se jempol kaki orang dewasa. Rasanya gurih, dagingnya lembut dan aromanya sungguh menggoda. Apalagi dolahnya fresh baru hasil tangkapan dikolam ataupun mancing disawah.

Tapi menurut saya lebih enak daging belut hasil tangkapan disawah karena alami dan makanannya tergolong alamai. Belut ternyata kalau dilihat dari segi manfaat dan kandungannya terdapat kandungan tinggi kalori. Jadi buat kalian para remaja ataupun orang tua sangat cocok mengkonsumi belut ini karena dapat menambah stamina.

Kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, dengan adanya kalori yang cukup maka akan membuat tubuh jadi lebih segar dan tentunya lebih prima. Namun dalam hal ini perlu diperhatian juga bagi kalian yang sudah memiliki berat badan yang obesitas karena kandungan kalori dalam belut ini maka akan membuat berat badan Anda cepat naik, maka dari itu konsumsilah belut ini dengan secukupnya.


Manfaat Belut untuk Kesehatan



2. Kaya Akan Protein


Belut yang mempunyai tekstur tubuh seperti ular ini ternyata kaya akan kandungan proteinnya. Karena tubuhnya hanya bertulang dibagian tengah saja membuat belut ini kaya akan daging dan protein. Protein yang cukup akan dapat mendukung tumbuh kembang anak menjadi cepat. Maka tidak heran kalau kita mengkonsumis satu porsi belut bisa menghasilkan asupan kalori seberat 20 gram. 

IKalangan ibu hamil juga di anjurkan untuk mengkonsumis belut, hal ini bisa mendukung tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Karena asupan protein yang tinggi tadi maka tumbuh kembang anak akan semakin baik dan juga sehat.


3. Kaya akan Zat Besi


Selain kandungan protein dan juga kaya akan kalori, bekut juga kaya akan zat besi. Perlu kalian ketahui fungsi atau manfaat dari zat besi ini dapat memberikan keseimbangan atau memberi asupan pada sel-sel darah merah pada pembuluh darah.

Kandungan zat besi juga dapat mencegah terjadinya anemia, maka dari itu mengkonsumsi belut sangat bagus untuk kesehatan kita.


4. Mengadung Fosfor


Dengan rutin mengkonsumis belut maka dapat mencegah terjadinya kekeroposan pada tulang persendian. Atau istilah umumnya adalah osteopororsis, dengan demikian mengkosnusmi belut dapat mencegah terjadinya penyakit pengapuran pada tulang. Kalangan orang tua terutama para lansia juga di anjurkan mengkonsumis belut agar tulang mereka bisa lebih kuat dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi belut.


5. Dapat meningkatkan fungsi enzim dan kaya Vitamin B


Enzim yang terdapat didalam tubuh memiliki fungsi sebagai pengurai atau pengedar asupan gizi yang ada pada makanan kemudian disalurkan pada tubuh manusia. Kandungan vitamin B didalam belut ini sangat bagus untuk pertumbuhan otak, seldarah merah dan juga meningkatkan hormon dalam tubuh jadi lebih bugar.


Manfaat Belut untuk Kesehatan


6. Sebagai Pertumbuhan Tulang


Kandungan belut yang kaya akan fosfor ini membuat tulang kita jadi lebih kuat, serta gigi dan gusi juga tidak mudah keropos dan berlubang, tetap sehat dan kuat. Selain itu Kalsium yang terdapat pada belut membuat tulang-tulang kita jadi lebih sehat dan kuat.


7. Mengandung Arginin


Belut juga mengandung Arginin. Arginin adalah senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan kanker payudara. Selain itu belut juga dapat menyehatkan jantung dan juga dapat menurunkan orang terkena penyakit jantung dan penyemitan pada pembuluh darah. Jadi bagi kalian para wanita mengkonsumis belut ini juga bagus, karena dapat mencegah pertumbuhan kanker pada payudara kalian.

Catatan juga untuk ibu hamil, karena belut ini kaya akan kandungan fosfor dan zat besi maka dalam mengkonsuminya diperhatikan dan secukupnya lebih bagus lagi konsultasi ke dokter spesialis kandungan sebelum mengkonusminya agar tidak berlebihan.

Penutup

Dan itulah pembahasan mengenai 7 Manfaat Belun untuk Kesehatan. Semoga dengan ulasan ini kita makin tahu dan makin banyak ilmu. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan janganlupa baca juga artikel yang lainnya tentang seputar kesehatan dibawah ini, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya. :)
.....KLIK 1X (CLOSE).....