Pengertian Influencer dan Cara menjadi Influencer Sukses

Mediasiana.com - Influencer adalah sebutan bagi seorang yang memiliki banyak follower atau pengikut di jejaring media sosial ataupun di media situs. Jadi seorang influencer ini memiliki banyak pengikut baik itu dalam bentuk pengikut di Instagram, facebook, blogger, ataupun di media Youtube dan media sosial yang lainnya. Jadi sangat berpeluang besar bagi seorang yang memiliki banyak pengguna di akun jejraing media sosial mereka. 

Agar bisa menggunakan sosial media dengan tepat biasanya mereka menawarkan jasa endorse produk. Dengan menjadi influencer maka mereka bisa memanfaatkan akun sosial media menjadi lahan bisnis bagi mereka. Karena seorang yang memiliki pengikut yang banyak tentunya akan lebih mudah memberikan pengaruh kepada orang banyak yaitu pengikut setianya.

Pengertian Influencer

Pengertian Influencer


Jadi, Pengertian Influencer adalah seorang pengguna media sosial yang memilik banyak pengikut atau follower dan orang tersebut menggunakan akun sosial medianya sebagai lahan bisnis.

Tidak heran kalau pada jaman sekarang ini banyak kalangan anak muda menginginkan menjadi seorang influencer yang profesional. Karena menjadi influnecer ini sangat menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah dalam jangka panjang. Mengingat pengguna media sosial di Indonesia ini semakin tahun semakin banyak. Sehingga dengan mudahnya para influencer meraup kenuntungan.

Nah, untuk bisa membangun akun sosial media yang produktif maka ada beberapa tips yang akan saya berikan dalam membangun akun sosial media yang nantinya bisa dijadikan sebagai akun influencer.

Selain itu akan saya bagikan buat kalian para pelaku usaha yang ingin menggunakan jasa influencer sebagai media promosi, agar nantinya Anda selaku pihak pembisnis bisa tepat dan tidak rugi dalam menyewa jasa endorse para influencer. Untuk itu, silahkan Anda simak ulasannya berikut ini !

Influencer

Tips membangun Media Sosial yang produktif dan menjadi Influencer sukses


1. Sering Update dengan Konten yang menarik


Dengan seringnya kita update di akun media sosial maka menandakan akun kita adalah akun aktif atau hidup. Dan yang tak kalah penting adalah komunikatif dengan para pengguna sosial media lainnya. Dengan kita mengupload sebuah konten baik itu poster, ataupun vedio yang menarik para pengguna media sosial lainnya tentunya akan memancing mereka untuk setia berlangganan postingan status Anda bahkan mereka akan menjadi follower yang setia. 

Maka dari itu, untuk menciptakan akun media sosial yang produktif sering-seringlah upload konten yang menarik pengguna media sosial lainnya.

2. Update konten yang Baru dari orang lain


Biasanya kalau kita ini suka mengupload konten yang baru maka akan menjadi rujukan bagi pengguna media sosial lainnya, dengan begitu kita akan dengan mudah menarik mereka untuk menjadi follower karena mereka tidak ingin ketinggalan informasi dari apa yang kita rilis.

Tips memilih Influencer yang tepat


Bagi kalangan pengusaha atau pembisnis yang ingin memakai jasa influnecer sebaiknya memilih influnecer yang prospeknya itu sama dengan tipe bisnis Anda. Misalnya, influencernya itu akun sosial media yang bernama Seorang Wanita Muda sebut saja namanya Ayu Lestrai, dengan konten wanita ini tutorial makeup, nah dengan demikian buat kalian para pelaku usaha cocoknya untuk memasarkan produk kecantikan seperti perlengkapan make up, make itu sendiri dan juga hal lainnya yang berhubungan dengan kecantikan. Dengan demikian maka Anda sebagai pelaku bisnis bisa tepat dalam menjaring bangsa pasar sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Jadi, dalam menggunakan jasa influnecer sesuaikan dengan kriteria konten mereka dengan bisnis yang Anda jalankan tersebut.

1. Lihat jumlah Pengikut atau Followersnya


Nah, tidak kalah penting yang perlu Anda perhatikan, dalam menggunakan jasa endorse produk melalui influnecer perhatikan juga jumlah followernya. Kalau followernya banyak dan juga penggun aktif serta mayoritas status influencer tersebut memiliki like dan komentar banyak maka sangat direkomendasikan Anda menggunakan jasa influencer seperti ini. Jangan sampai Anda terkecoh dengan akun sosial media yang followernya banyak tapi like dan komentarnya sedikit itu bisa jadi akun yang tidak aktif atau followernya hasil sunitkan bot. 

Buat kalian para pelaku usaha maka waspada dengan akun abal-abal yang follower banyak tapi terdapat hal ganjil seperti like sedikit dan juga komentar dari pengguna lainnnya tidak ada atau sedikit sekali. 

2. Reputasi Influencer


Buat kalian para pengguna jasa influencer, perhatikan juga reputasi dari seorang influencer tersebut. Apakah banyak hetez atau banyak pengikut yang menyukainya. Kalau dirasa influencer tersebut cocok dan memiliki reputasi yang bagus dalam artian tidak pernah tersandung kasus ataupun hal negatif tentunya tidak ada salahnya kita menggunakan jasa influnecer tersebut sebagai mitra endorse produk kita. Karena dengan reputasi influencer yang bagus maka akan berdampak pada bisnis kita kedepannya.

3. Biaya jasa Endorse Influencer


Tidak kalah penting, tentunya buat Anda pelaku usaha tidak mau juga mengeluarkan biaya promosi terlalu tinggi kalau Anda baru mempunyai modal pas-pasan. Nah, agar Anda bisa menguasai kondisi pasar dengan harga promosi yang tidak terlalu mahal maka dalam hal ini carilah influencer yang memasang tarif tidak terlalu tinggi dalam sekali endorsnya.

4. Tingkat Engagement


Tingkat engagement ini adalah perbandingan dari banyaknya follower dengan banyaknya like dan koemntar yang di dapat pada setiap postingan status dari influencer yang akan kita pakai jasanya. Nah, sebagai pelaku usaha dalam memilih influnecer sebaiknya perhatikan tingkat engagement ini. Karena hal ini sangat penting dan sangat menetukan berhasil atau tidaknya pengiklan yang dilakukan oleh influencer. Untuk melihat besarnya pengaruh influencer maka kalian bisa menggunakan sistem engagement ini.

Penutup

Itulah tadi uraian pengertian influnecer dan juga cara membangun akun sosial media yang produktif dan bisa dijadikan sebagai influencer serta cara memilih influencer yang tepat untuk dijadikan jasa pengiklanan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah pengetahuan kita tentang influencer ini. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan buat pembaca setia jangan lupa baca juga ulasan artikel yang menarik lainnya dibawah ini. Sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Influencer dan Cara menjadi Influencer Sukses"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel