Widget HTML Atas

Rumah Adat Kalimantan Barat : Rumah Panjang

Rumah Adat Kalimantan Barat : Rumah Panjang - Inesia adalah negara yang kaya akan budaya beragam suku dan juga banyak peninggalan sejarah yang ada di Indonesia jika kemarin ataupun di artikel lainnya saya sudah mengulas rumah adat Kalimantan Timur Kalimantan Selatan dan rumah adat di daerah lainnya maka pada kesempatan kali ini saya akan an-nas tentang rumah adat yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Rumah Adat Kalimantan Barat : Rumah Panjang


Rumah Adat Kalimantan Barat : Rumah Panjang

Pasti di antara teman-teman semua sudah ada yang mengenal bahkan tahu rumah adat dari provinsi Kalimantan Barat Namun apabila kalian ingin lebih tahu dan ingin mengetahui keunikan apa saja yang terdapat di rumah adat provinsi Kalimantan Barat ini silakan simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.

Jika Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai rumah adat yang bernama bubungan tinggi Maka Provinsi Kalimantan Barat mempunyai rumah adat yang bernama rumah panjang atau biasa disebut dengan rumah radank. Kenapa namanya itu rumah panjang karena dilihat dari bentuk rumah ini memang sangat panjang hampir mirip panjangnya dengan rumah adat yang ada di Provinsi Kalimantan Timur nah rumah panjang ini menjadi ciri khas utama dari masyarakat suku Dayak yang ada di daerah Kalimantan Barat.

Rumah panjang ini adalah sebuah gambaran sosial bagi kehidupan masyarakat suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat yang mana rumah ini telah menjadi pusat kehidupan dari masyarakat suku Dayak yang ada di Provinsi Kalimantan Barat Adapun rumah ini dapat dikatakan sudah hampir punah karena untuk saat ini jumlahnya yang sangat sedikit.

Pada tahun 1960 pemerintah Indonesia telah menghancurkan beberapa rumah panjang Karena hal ini dicurigai adanya satu hal tentang sekelompok orang yang menganut paham komunis. Rumah panjang ini juga identik hampir sama dengan rumah adat yang ada di Kalimantan Tengah apalagi letak geografisnya Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah Wah sangat berdekatan tentu keduanya ini sama dikenal rumah adatnya dengan sebutan Rumah Betang.


Ciri khas rumah panjang Kalimantan Barat

Pada zaman dahulu rumah panjang khas Kalimantan Barat ini terbuat dari kayu ulin yang mana mempunyai ketinggian sekitar 5 sampai 8 meter untuk tinggi rumah panjang ini tergantung dari tiang yang menjadi penopang rumah tersebut.

Rumah panjang yang ada di Kalimantan Barat ini mempunyai panjang sekitar 180 meter dan untuk lebarnya seluas 6 meter. Rumah ini ini memiliki banyak sekali ruangan yaitu sekitar 50 ruangan pada umumnya ruangan di rumah panjang ini dihuni oleh banyak keluarga termasuk juga dengan keluarga inti tentu Hal inilah yang menjadikan an-nashr akad suku Dayak sangat erat dengan sistem kekeluargaan sosial kesatuan dan juga kebersamaan.

Untuk dapat masuk ke rumah panjang ini biasanya ada anak tangga yang ada di depan pintu rumah ini. Rumah ini biasanya terdiri dari 1 kamar yang mana Na beberapa bagian yang ada di rumah panjang ini biasanya ada teras ruang tamu ruang keluarga.

Adapun sebutan dari Bahasa masyarakat suku Dayak teras ini disebut dengan Pante ruang tamu disebut dengan samik ruang keluarga juga disebut dengan samik untuk meja disebut dengan pene.

Adapun untuk pene ini berbentuk lingkaran yang mana digunakan untuk menyambut tamu dan ruang keluarga sederhana mempunyai panjang sekitar 6 meter dan lebar 6 meter Adapun bagian belakang rumah biasanya digunakan untuk ruang dapur untuk keluarga memasak namun di rumah ini pada umumnya masing-masing keluarga mempunyai dapur tersendiri jadi tidak berbaur dengan keluarga yang lainnya meskipun saat Satu Atap tinggal di satu rumah panjang.


Fungsi Rumah Panjang

Untuk fungsi rumah panjang ini tentu digunakan sebagai tempat tinggal bagi beberapa keluarga tetapi rumah panjang ini juga bisa digunakan tempat tinggal oleh siapa saja asalkan mendapatkan izin oleh sang pemilik atau ketua adat.

Rumah panjang ini dibangun dengan system panggung Tinggi karena hal ini digunakan untuk menghindari adanya serangan binatang buas dari hutan mengingat Kalimantan Barat ini adalah wilayah yang banyak sekali hutan semak belukar dan pohon-pohon besar tentu masih banyak binatang buas yang kemungkinan akan menyerang penghuni dari rumah tersebut.

Rumah panjang ini juga berfungsi sebagai tempat pelindung untuk menjaga keselamatan para keluarga yang mana untuk meminimalisir serangan dari suku-suku lain terhadap masyarakat suku Dayak. Rumah panjang ini juga digunakan sebagai tempat pertemuan adat baik itu upacara-upacara ritual ataupun tempat untuk belajar dan lainnya. Oleh karena itu rumah panjang ini bukan bukan hanya milik pribadi atau perorangan tetapi milik para keluarga masyarakat suku Dayak.

Nah itulah beberapa hal tentang rumah panjang semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua sekaligus bisa menjadi referensi bagi sahabat sekalian terima kasih sudah membaca artikel ini jangan lupa baca juga artikel lainnya di bawah ini terima kasih.
.....KLIK 1X (CLOSE).....