Adsense Right Sidebar

Tari Kipas Pakarena : Sejarah, Kostum, Gerak dan Asal Daerahnya

Tari Kipas Pakarena Berasal dari daerah Gowa Sulawesi Selatan - Diantara sobatsiana pasti ada yang sudah pernah berkunjung ke Gowa Sulawesi Selatan bahkan sudah tidak asing lagi dengan jenis tari Tradisional yang satu ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang keunikan, sejarah, gerak, kostum dan asal daerah tari Kipas Pakarena ini.

Mengenal Tari Pakarena Gowa Sulawesi Selatan

Tari Pakarena Gowa Sulawesi Selatan

Indonesia memang negara yang kaya dengan budaya. Selain suku dan ragam adat istiadatnya banyak sekali jenis tari Tradisional yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, semua daerah mempunyai keunikannya masing-masing. Seperti halnya tari Kipas Pakarena dari Sulawesi Selatan ini yang unik dan sungguh Indah tariannya.

Tari Kipas Pakarena adalah sebuah tari Tradisional yang mana saat ini masih ditampilkan, selain sebagai hiburan masyarakat tari ini juga sebagai media promosi pariwisata di Sulawesi Selatan. Dalam bahasa setempat "Pakarena" yang artinya "karena" dan memiliki arti "main". Tari Kipas Pakarena ini sudah ada sejak kerajaan Gowa dan tetap dilestarikan turun temurun hingga ke generasi yang sekarang ini.

Sejarah Tari Kipas

Masyarakat Sulawesi Selatan mempercayai bahwa asal usul tari Kipas Pakarena ini dari kisah penghuni boting langi (negeri khayangan) dan penghuni lino (penghuni bumi) berpisah. Konon sebeleum penghuni boting ini berpisah dengan penghuni lino, sempat mengajarkan kpeada penghuni lino suatu cara untuk bertahan hidup di bumi, seperti bercocok tanam, berburu, dan berternak dengan gerakan badan dan kaki.

Selanjutnya, gerakan badan dan kaki tersebut digunakan oleh penghuni lino untuk memberikan ucapan rasa syukur kepada penghuni boting langi. Dengan hal inilah menjadi cikap bakal lahirnya tari Kipas Pakarena. Dimana tari kipas ini mengekspresikan kelembutan dan mencerminkan akan karakter perempuan Gowa yang sopan, hormat dan setia kepada laki-lakinya dalam artian kepada suaminya.

Dengan ekpresi keanggunan dan kelembutan inilah yang menjadi sebuah pertunjukkan tari kipas Pakarena yang digemari baik itu digunakan untuk hiburan rakyat, dan upacara adat setempat.

Keunikan Tari Kipas Pakarena

Ada beberapa keunkan yang terdapat pada Tari Pakarena, diantaranya akan saya uraikan dalam pembahasan berikut ini.

1. Tari Kipas Pakarena terbagi menjadi 12 Bagian

Tari Kipas Pakarena ini unuk, karena setiap pola gerakannya mempuyai makna masing-masing. Setiap gerakan duduk yang menandakan awal dan akhir pementasan. Gerakan yang memutar searah dengan jarum jam ini menunjukkan siklus hidup manusia. kemudian gerakan yang naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di atas dan kadang kala dibawah.

2. Aturan Tari Kipas Pakarena

Ternyata Tari Kipas Pakarena ini mempunyai aturan yang unik, karena sang penari ini ketika sedang menarikan tari Kipas pakarena tidak diperkenankan membuka matanya terlalu lebar dan kakinya juga tidak boleh diangkat terlalu tinggi. Dengan adanya aturan ini para penari dituntut untuk punya fisik yang prima dan ketika para penari menari Tari Kipas Pakarena ini nampak anggun sekali.

3. Musik Pengiring Tari Kipas Pakarena

Seperti halnya tari Tradisional lainnya, tari Kipas Pakarena ini juga di iringi dengan tabuhan Gandrang yang berfungsi sebagai pengatur irama dan hal ini dianggap sebagai cermin watak laki-laki Sulawesi Selatan yang keras.

Penabuh alat musik Gandran juga harus menggerakkan tubuhnya, terutama pada bagian kepala. Penabuh alat musik ini juga harus mampu tau gerakan dari tari Kipas Pakarena ini dengan baik.

4. Kostum Tari Kipas Pakarena

Adapun untuk kostum yang dikenakan oleh para penari Tari Pakarena ini menggunakan baju longgar, sarung khas Sulawesi Selatan, kain selempang. Untuk bagian kepala para penari akan dikenakan sebuah konde dengan hiasan tusuknya berwarna emas dan di desain berupa bunga-bunga. Aksesorisnya berupa gelang, kalung, anting sebagai pelengkap penari. Tak mau ketinggalan yaitu sebuah kipas sebagai properti utamanya dalam tarian ini.


Baca Juga : Tari Piring yang Unik lengkap dengan sejarah dan asal Daerahnya


Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang tari Kipas Pakarena, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Sungguh indah memang tari Kipas Pakarena apalagi keunikan kostum yang unik dan di lengkapi dengan pakaian adat khas Sulawesi Selatan.

Semoga bisa menjadi referensi bagi generasi bangsa di Indonesia, sekian dari saya, sampai jumpa lagi di ulasan seni tari tradisional yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....