11 Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Lengkap Dengan Gambarnya

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Lengkap Dengan Gambarnya - Berbicara tentang kesenian daerah yang ada di Indonesia termasuk di daerah tempat tinggal kita, memang wajib untuk kita jaga akan kelestariannya, karena hal tersebut kaya akan nilai-nilai sejarah di masa lalu dan ini sebagai warisan budaya dari nenek moyang atau para leluhur kita. Sama seperti daerah-daerah yang lainnya di Indoesia, di Sulawesi selatan juga menyimpan banyak sekali akan alat musik tradisional yang sungguh sangat disayangkan jika kita tidak melestarikannya atau tidak merawatnya dengan baik.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

Jenis alat musik tradisional, pada umumnya ada yang dengan cara dipukul, dengan cara ditiup sampai dengan cara yang digesek serta ada juga jenis alat musik hanya digoyang saja sudah menghasilkan sebuah suara atau bunyi yang sampai ditelinga manusia. Nah untuk mengenal lebih jauh perihal alat musik tradisional Sulawesi selatan mari kita simak ulasannya dari beberapa jenis alat musik yang ada di Sulawesi Selatan diantaranya:

1. Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang

Alat musik yang pertama kita ulasa ini bernama Kolintang. Alat musik ini merupakan salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi. Lebih tepatnya merupakan salah satu alat musik yang sudah cukup terkenal di wilayah Minahasa, Sulawesi Utara. Instrumen alat musik ini biasanya terbuat dari bahan kayu yang ringan dan disusun secara horizontal.

Untuk dapat  memainkannya maka dibutuhkan alat tambahan berupa sebuah tongkat pukul kecil, yang mana di bagian ujungnya dibalut dengan sebuah kain atau benang. Tongkat pemukul ini disebut dengan mallet.

2. Alat Musik Salude

Alat Musik Salude

Alat musik yang kedua ini bernama Salude. Alat musik ini merupakan salah satu alat musik sejenis sitar tabung. Instrumen ini merupakan salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi, atau tepatnya di Sulawesi bagian utara.

Salude ini biasa dibuat dari bahan seruas bambu yang kemudian dilengkapi dengan dua dawai, dimana dawainya yang berasal dari kulit ari bambu tersebut. Pada bagian tengah bidang bambu,terdapat sebuah lubang yang berfungsi sebagai ruang resonansi.

Cara memainkan alat musik tradisional ini yaitu dengan cara dipetik dan dipukul. Alat pemukulnya berupa pelepah pinang yang sudah diproses sedemikian rupa .

3. Alat Musik Jalapa

Alat Musik Jalapa

Alat musik yang ketiga ini yaitu bernama Jalapa. Japa adalah alat musik tradisional dari Sulawesi bagian selatan. Alat ini berbentuk seperti Simbal yang terbuat dari logam kuningan. Instrumen tradisional  ini biasanya dimainkan pada setiap ada upacara adat tertentu. 

Alat musik ini juga  memiliki nama lain. Pada beberapa daerah, lebih dikenal dengan sebutan Kancing-Kancing karena bentuknya yang menyerupai Kancing berukuran besar.

Masyarakat setempat sering memainkan alat musik Jalapa pada saat upacara adat tolak bala. Sebagian dari mereka menggunakannya menjadi bagian dari proses seremoni. 

4. Alat Musik Tolindo/Popondi

Alat Musik Tolindo/Popondi

Selanjutnya adalah alat musik Tolindo, yang merupakan alat musik tradisional  dari Sulawesi Selatan. Alat ini dimainkan dengan cara dipetik.

Bentuknya sangat unik, karena terbuat dari bahan kayu berbentuk busur yang bertumpu pada tempurung kelapa utuh. Sedang pada bagian busurnya, terdapat senar panjang yang akan menghasilkan suara bila dipetik.

Mayoritas masyarakat Bugis memberi nama alat musik ini dengan sebutan Tolindo, sedangkan masyarakat Makassar menyebutnya dengan sebutan Popondi.

5. Alat Musik Ganda

Alat Musik Ganda

Alat musik Ganda merupakan alat musik tradisional dari Sulawesi Tengah. Cara memainkannya dilakukan dengan cara ditabuh seperti gendang. 

Bentuk alat musik ini lebih mirip dengan alat musik Tifa, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan ramping. Alat musik ini dilapisi dengan kulit binatang di bagian kedua sisinya.

6. Alat Musik Dimba Nggowuna

Alat Musik Dimba Nggowuna

Alat musik ini memiliki nama yang khas, yaitu Dimba Nggowuna. Alat musik tradisional dari Sulawesi Tenggara ini, dimiliki oleh suku Tolaki sejak Zaman Neolitikum. 

Namun sayangnya, seiring berkembangnya zaman, alat musik yang terbuat dari bambu ini, mulai tergantikan dengan alat musik modern.

7. Alat Musik Ganrang Bulo

Alat Musik Ganrang Bulo

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang ini sama seperti Gendang pada umumnya yang tidak memiliki membran. Dimana alat musik klasik ini akan mengeluarkan suara bila ditepuk atau dipukul bagian kulitnya menggunakan telapak tangan. Bagi masyarakat Bugis, alat musik ini disebut dengan nama Idiokardo, sedangkan pada masyarakat Makassar menyebutnya Gendang Bulo.

Alat musik gendang ini biasanya dipentaskan saat acara-acara seremonial, seperti pernikahan, penyambutan, tari-tarian dan kegiatan seni tradisional lainnya.

8. Alat Musik Keso-keso

Alat Musik Keso-keso

Alat musik Keso-keso memiliki persamaan dengan alat musik Rebab dan biola, akan tetapi jika alat musik Rebab biasanya memiliki 3-4 senar, sedangkan Keso hanya memiliki 2 senar saja. Untuk memainkan alat musik keso ini, Anda cukup menggesek senarnya, maka akan keluarlah bunyi yang sampai ditelinga. Bagi mereka yang sudah bisa memainkan alat musik Rebab, maka tidak akan mengalami kesusahan dalam memainkan alat musik Keso-keso.

9. Alat Musik Kecaping

Alat Musik Kecaping

Kecaping adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Sama halnya dengan keso-keso, kecaping juga memiliki 2 senar yang dikaitkan pada kayu berbentuk seperti perahu. Konon, alat musik Kacaping ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut Bugis. Pada acara-acara adat seperti upacara pernikahan, penjemputan tamu, atau saat bersenda gurau dengan keluarga alat musik ini dimainkannya.

10. Alat Musik Puik-puik

Alat Musik Puik-puik

Alat musik Puik-Puik, fungsinya seperti terompet, bentuk dan cara memainkan alat musik ini sama persis dengan terompet yang ada didaerah lain.

11. Alat Musik Jalappa

Alat Musik Jalappa

Jalappa (Jalapa) adalah alat musik tradisional yang berbentuk seperti Simbal yang terbuat dari logam kuningan. Tidak berlaku umum, alat musik ini dimainkan pada saat upacara adat tertentu. Nama alat musik tradisional Sulawesi Selatan mempunyai nama lain, yaitu dibeberapa daerah lebih dikenal dengan sebutan Kancing-Kancing karena bentuknya yang menyerupai Kancing berukuran besar.

Masyarakat setempat sering memainkan alat musik Jalappa pada saat upacara adat tolak bala . Sebagian dari mereka menggunakannya menjadi bagian dari peralatan dukun di beberapa daerah. Sebelum permainannya, pada umumnya jika pada tarian daerah Sulawesi Selatan dimulai, alat musik ini terlebih dulu dibacakan mantra-mantra dengan diiringi alat musik lainnya.

Demikian  informasi tentang 11 alat musik tradisional dari Sulawesi, yang sudah kita bahas pada artikel ini. Semoga dapat bermanfaat, dan dapat membuat kita semakin mencintai kesenian anak Bangsa kita sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close