100 Gambar Elektronik : Cara Mewarnai Gambar Sketsa Alat Elektronik untuk Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA

Kumpulan Gambar Alat Elektronik : Cara Mewarnai Gambar Sketsa Alat Elektronik untuk Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA! - Dewasa ini banyak sekali dijumpai gambar sketsa. Baik di media sosial maupun peramban google. Kita dapat dengan mudah mengaksesnya secara gratis. Namun, apa itu sketsa gambar? Dalam sebuah karya seni 2D sketsa gambar biasanya lebih merujuk pada gambar.

Gambar Alat Elektronik

Gambar Sketsa Alat Elektronik

Namun, gambar yang dimaksudkan di sini lebih ke desain awal dan bukan akhir dari sebuah karya. Pada saat menggambar seorang seniman akan menemukan beberapa tujuan tersendiri. Seperti halnya menuangkan gagasannya secara lebih luas, memvisualisasikan ide, dan lain sebagainya.

Sketsa Gambar Elektronik

Apa itu Sketsa Gambar?

Sebelumnya mungkin Anda sudah pernah mendengar nama sketsa gambar. Namun, pengertian sketsa gambar sebenarnya diambil dari bahasa Inggris, yakni sketch yang secara singkat biasa disebut juga sebagai gambar kasar. Menurut sumber lain sketsa gambar juga diartikan sebagai gambar pendahulu. Namun, apa itu sketsa gambar elektronik?

Sketsa gambar elektronik adalah gambar kasar dari desain elektronik. Seperti yang kita ketahui elektronik itu banyak sekali, bukan? Mulai dari ponsel, telepon, televisi, kamera, komputer, dan lain sebagainya. Semua gambar tersebut dapat Anda temukan di peramban google karena ada seseorang yang menggambarnya dan sebelum menjadi gambar dibuatlah sketsa.

Apa Manfaat Menggambar Sketsa?

Pembuatan sketsa gambar elektronik maupun lainnya dinilai memiliki manfaat tersendiri. Namun, tanpa bertanya pada penghambatnya langsung pasti Anda tidak akan tahu apa tujuan dibuatnya Sketsa tersebut, kan? Tidak perlu khawatir! Kecanggihan teknologi memudahkan Anda mencari ragam informasi. Seperti yang satu ini!

Salah satu manfaat dibuatnya Sketsa gambar adalah untuk media berlatih. Mengapa dikatakan media berlatih? Coba Anda bayangkan! Sama halnya ilmu pasti, yakni matematika. Supaya mahir dibuangnya kita harus banyak berlatih. Banyak berlatih mampu membuat Anda belajar dari kegagalan sebelumnya supaya menjadi lebih mahir dikemudian hari. Termasuk dalam sketsa gambar elektronik ini.

Selain sebagai media berlatih sketsa gambar elektronik juga sangat bermanfaat untuk mempelajari sebuah objek. Dalam menggambar objek apa pun itu selalu dibutuhkan yang namanya komposisi, proporsi, bentuk, anatomi, dan lain sebagainya. Maka bentuk yang paling populer digunakan diwakili oleh sebuah gambar yang bermula dari sketsa.

Bukan hanya dua manfaat di atas saja, manfaat menggambar sketsa juga sangat penting dalam menuangkan ide atau gagasan. Ide atau gagasan yang dibiarkan di dalam otak saja tidak akan diketahui oleh orang lain. Memang ada banyak cara memvisualisasikan ide. Termasuk dengan berbicara. Namun, cara yang paling real adalah dengan gambar.

Sementara itu, sketsa gambar elektronik juga bisa mewakili perasaan penghambatnya. Terkadang saat sudah diwarnai akan jadi lebih terasa perasaan apa yang sedang dirasakan oleh penggambar. Itulah ragam manfaat membuat sketsa. Pastinya Anda akan menjadi lebih banyak tahu lagi setelah membaca selengkapnya di bawah ini!

Bagaimana Teknik Mewarnai Sketsa?

Ada beberapa teknik dalam membuat sketsa. Baik dari segi mewarnai atau menggambar sebenarnya hampir serupa. Teknik-teknik ini sebenarnya sudah sangat populer. Namun, tidak dapat dipungkiri bagi seorang pemula memang harus banyak membaca teknik di bawah ini! Penasaran? Berikut ini teknik menggambar atau mewarnai sketsa dengan mudah!

• Arsir

Pernahkah Anda mendengar istilah teknik arsir? Teknik arsir bisa dibilang sudah sangat terkenal. Teknik menggambar atau mewarnai gambar elektronik bisa memanfaatkan arsiran sebagai bentuk garis-garis murni yang Anda goreskan ke tengah gambar. Meskipun banyak orang yang mengenal hanya arsir saja, sebenarnya teknik ini masih dibagi menjadi beberapa bagian. Seperti halnya teknik arsir kombinasi, sejajar maupun silang.

• Dussel

Selain teknik arsir, bagi Anda yang ingin mempelajari teknik arsir lebih halus bisa dinamakan dengan teknik dussel. Pada dasarnya kedua teknik ini memang sama, hanya saja letak perbedaannya pada teksturnya yang terlihat lebih halus. Teknik dussel cocok untuk kombinasi gelap terang pada pewarnaan bidang 3D seperti layar televisi cembung.

• Perspektif

Teknik lainnya dalam mewarnai sketsa gambar elektronik bisa dengan memanfaatkan teknik perspektif. Teknik yang satu ini sama seperti namanya, perspektif yang bermakna sudut pandang. Dalam kata lain menggambar dengan mengambil sudut pandang tertentu atau berdasarkan yang dilihat orang. 

• Blog

Pernahkah Anda mendengar teknik blog? Sekilas memang kedengaran asing bagi draftman. Namun, teknik ini sebenarnya sudah biasa digunakan oleh para pengutip. Termasuk teknik blog itu sendiri bermakna mengutip gambar namun penggunaan warnanya hanya satu macam saja. Misalkan gambar televisi warna abu-abu maka yang digunakan hanya warna itu.

• Pointilis

Kalau teknik mewarnai sketsa gambar elektronik yang satu ini sudah pasti terkenal, bukan? Teknik mewarnai dengan cara pointilis sesuai namanya yang diambil dari kata point, yakni berupa titik. Jadi caranya adalah dengan mengumpulkan titik-titik kecil sebagai warna dari objek yang Anda buat sebagai warnanya. Teknik ini biasanya dimanfaatkan untuk menciptakan gelap terang suatu bidang. 

• Aquarel

Bukan hanya teknik-teknik di atas saja, misalkan Anda sudah membuat gambar pun bisa memanfaatkan teknik aquarel untuk menciptakan warna. Teknik yang satu ini memanfaatkan media cat air sebagai pewarnaan supaya menciptakan gambar yang transparan. Kalau dalam opacity media digital pastinya Anda hanya memanfaatkan opacity saja, bukan?

• Linear

Teknik lainnya adalah teknik linear. Teknik dalam menggambar yang satu ini sangat memanfaatkan garis sebagai penentu. Entah itu garis lurus atau melengkung Anda hanya diperkenankan menggunakan garis jika mengusung tema linear. Tenang saja, terkadang pewarnaan gambar elektronik juga bisa memanfaatkan teknik ini, kok.

Apa Saja Alat untuk Mewarnai Sketsa Gambar Elektronik?

• Cat Air

Ada banyak sekali alat yang dimanfaatkan untuk mewarnai sebuah gambar. Salah satunya dengan menggunakan car air. Alat yang satu ini sangat cocok untuk membuat transparansi karena dibuat dari bahan-bahan yang halus. Namun, untuk menggunakannya Anda juga membutuhkan media yang tebal agar tidak mudah rusak.

• Crayon

Bukan hanya cat air saja, crayon juga bisa digunakan sebagai media mewarnai gambar elektronik. Bahkan alatnya yang setebal jari tangan ini bisa digoreskan dengan mudah di atas kertas. Bagi Anda yang sudah mahir dalam gradasi, pilihan media crayon sangat direkomendasikan. Karena alatnya yang keras bisa digunakan pada media kertas.

• Pensil warna

Untuk mewarnai sketsa gambar juga Anda bisa memanfaatkan penggunaan pensil warna. Media pensil warna sangat cocok digunakan pada  teknik linear, yakni membuat garis. Hal ini karena teknik linear mengandalkan garis-garis, maka bagi Anda yang ingin mengaplikasikan gunakanlah pensil warna. 

Kumpulan Gambar Sketsa Elektronik

Gambar Sketsa TV


Tentu saja selain pensil warna ada pula oil pastel atau spidol yang bisa Anda pilih sebagai alat untuk mewarnai. Terlepas dari beragam aturan yang ada, gambar sketsa baik itu sketsa gambar elektronik atau lainnya masuk ke dalam sebuah seni. Sehingga hal seperti ini selalu mewakili perasaan pembuatnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer