Cara Menggambar Binatang atau Hewan untuk anak-anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA

Cara Menggambar Binatang atau Hewan untuk anak-anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA - Kumpulan Gambaran Hewan atau Binatang, Pengertian Sketsa dan Manfaat, serta Teknik Mewarnainya!  - Gambar menjadi salah satu objek yang bisa digunakan untuk belajar. Tidak hanya untuk pendidikan prasekolah yang merupakan jenjang anak usia dini, namun juga jenjang lebih tinggi. Ini dapat dilihat dari kegunaan media gambar sketsa dan jenis gambar 2D lainnya sebagai media pembelajaran.

Gambar Hewan

Kumpulan Gambar Hewan atau Binatang


Sebelum membahas mengenai kegunaan sketsa sebagai alat bantu pembelajaran, tahukah kamu pengertian sketsa? Ketika ditelusuri pengertiannya secara leksikal, kata /sketsa/ merujuk pada lukisan cepat yang hanya berupa garis besarnya saja. Sehingga bisa dipahami bahwa sketsa merupakan jenis gambar dua dimensi yang masih kasar meski sudah miliki konsep yang jelas.

Sketsa atau yang dalam bahasa Yunani disebut sebagai shedios estempore inijuga bisa diartikan sebagai rancangan sebelum membuat karya seni rupa lainnya. Hal ini karena umumnya, perupa, arsitek, maupun para animation creator lebih dahulu membuat skech-nya. Tak terkecuali ketika hendak membuat sketsa gambar hewan, pemandangan, bangunan, bunga, dan lain sebagainya.

Pengertian Sketsa Gambar Hewan

Merujuk dari sejumlah pengertian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa sketsa dibuat dari pengalaman pengindraan dari seorang perupa. Baik dari apa yang dilihat, dirasakan, dihayati, bahkan dipikirkannya. Sehingga buah dari kreativitasnya tidak bisa dilepaskan dari instuisi dan kepekaannya terhadap nilai keindahan dari objek yang ada di sekitarnya. 

Ada bermacam-macam objek yang bisa dijadikan sebagai referensi membuat gambar sketsa. Mulai dari objek abstrak hingga yang realistik dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah hewan. Ini dikarenakan hewan adalah makhluk hidup bergerak yang paling dekat dengan manusia. Sifat penurut hewan domestifikasi seperti kucing, anjing, kelinci membuatnya tak berjarak dan sudah serupa sahabat bagi manusia.

Kedekatan secara psikologis anak dengan hewan peliharaan menjadi penguat mengapa banyak perupa membuat sketsa hewan. Sebab umumnya, mereka mengabadikan momen kebersamaan melalui guratan-guratan sederhana. Sehingga gambar sketsa hewan bisa diartikan sebagai cara pengungkapan ekspresi dan emosi dari objek hewan yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D sederhana.

Manfaat Manggambar Sketsa Hewan

Sebagai seni yang tidak hanya dimanfaatkan dari segi keindahan atau nilai estetiknya saja, tentu ada kegunaan lain dari gambar hewan. Bukan hanya manfaat praktis dari hasil gambarnya, tapi juga manfaat dari kegiatan menggambar dan mewarnainya. Nah, berikut adalah paparan sejumlah manfaat menggambar sketsa hewan. Salah satunya dijadikan media pembelajaran!

1. Media menuangkan imajinasi

Sebuah seni baik berupa seni rupa murni maupun terapan tentunya lahir dari kedalaman jiwa pembuatnya. Sebab sebagaimana yang dikatakan oleh Osman Effendi, kehadiran sebuah karya berasal dari instuisi dan hasil pengindraan yang diperoleh creator-nya. Inilah alasan mengapa sketsa pohon, hewan, dan berbagai objek lain umumnya tidak bisa dilepaskan dari keterikatan emosi, perasaan, dan imajinasi. 

2. Meningkatkan daya kreativitas anak

Kreativitas bukanlah sesuatu yang bisa dibeli dengan uang, namun bisa dilatih untuk tingkatkan kemampuannya. Menggambar dan mewarnai menjadi dua di antara kegiatan-kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya kreatif ini. Tidak hanya bagi anak-anak, namun juga bagi orang dewasa. Sebab meski identik sebagai kegiatan anak usia dini, membuat sketch juga merupakan hobi sebagian besar jenjang usia lainnya.

3. Tingkatkan hormon endorfin dan kembalikan suasana hati

Manfaat gambar berikutnya yakni bisa dijadikan sebagai media untuk mengembalikan suasana hati. Hal ini berkenaan dengan karakter beberapa warna yang memang bisa dijadikan sebagai terapi. Sehingga ketika mood swing melanda, bersentuhan dengan guratan-guratan sederhana dan aneka warna bisa menjadi alternatif cara yang mudah dilakukan. 

4. Sarana mengenalkan berbagai hewan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak objek gambar yang bisa dibuat dengan mudah. Mulai dari gambar hewan, gambar pohon, gambar pemandangan, dan lain sebagainya. Memberikan berbagai referensi sketsa hewan yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari, misalnya, merupakan cara paling tepat untuk mengenalkan berbagai hewan. Sebab hewan yang bisa ditangkap penglihatan anak akan lebih mudah dipelajari ketimbang hewan yang abstrak.

5. Bisa dijadikan sebagai media pembelajaran bagi guru

Dan manfaat dari kegiatan menggambar dan mewarnai berikutnya yakni bisa dijadikan sebagai media pembelajaran bagi guru. Kelebihan penggunaan media gambar ini ialah mudah dibawa dan dapat menampilkan objek secara nyata. Misal ketika guru hendak menjelaskan bentuk daun menjari, maka ia bisa menunjukkan gambar pohon pepaya yang miliki ciri daun tersebut. Tentu ini lebih sederhana daripada seorang guru harus membawa daun pepaya bersama pelepahnya.

Teknik Mewarnai Sketsa Hewan yang Mudah

Terdapat beragam cara yang bisa dilakukan untuk mewarnai. Tentunya, masing-masing teknik memiliki karakter hasil gambaran yang berbeda. Tidak perlu berbasa-basi lagi, berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa teknik yang biasa dilakukan untuk mewarnai sketsa hewan:

1. Teknik blok

Teknik mewarnai yang sering digunakan adalah blok atau blocking. Ini karena blok dianggap sebagai teknik yang paling mudah dan dapat digunakan dengan berbagai media cat. Baik media kering seperti pensil warna maupun spidol, bahkan media basah seperti cat air dan aklirik.

2. Teknik arsir

Teknik mewarnai gambar hewan berikutnya yakni teknik arsir. Teknik yang satu ini dilakukan dengan mengarsir bagian objek tertentu secara merata. Garis-garis sejajar yang dibuat dengan gunakan teknik mewarnai yang satu ini memungkinkan objek seolah miliki bayangan. Mempraktikkan teknik arsir biasa dilakukan menggunakan pensir warna, sebab media ini hasilkan warna yang halus.

3. Teknik gradasi

Dan teknik mewarnai yang terakhir adalah gradasi. Berbeda dengan blocking dan arsir, teknik satu ini memerlukan kepekaan terhadap warna yang luar biasa. Hal ini karena gradasi dilakukan dengan memadupadankan dua warna bertingkat untuk dapatkan kesan gambar yang esensial. Misal memadukan warna biru dengan kuning, merah dengan kuning, dan lain sebagainya.

Alat-Alat yang Dibutuhkan untuk Mewarnai Sketsa

Semakin tidak sabar untuk mewarnai gambar? Eit, sabar dulu. Sebab kamu juga harus siapkan berbagai alat yang dibutuhkan saat mewarnai. Mengingat menyiapkan segala yang dibutuhkan akan mempermudah langkah berikutnya, maka tidak ada salahnya simak beberapa paparan di bawah ini. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu siapkan.

1. Sketsa gambar hewan 

Yang pertama harus disiapkan adalah sketsa gambar. Dalam hal ini, ketika menyadari bahwa menggambar bukanlah keahlian semua orang, kamu tak perlu khawatir. Sebab di internet sudah terdapat banyak referensi gambar yang bsia diunduh dengan gratis lalu dicetak dan diwarnai. Selain itu, ketika menyulitkan untuk menemukan printer dan gambar yang tepat, kamu juga bisa membeli buku mewarnai yang biasa dijual di toko-toko buku terdekat.

2. Warna 

Ketika sudah memiliki gambar hewan yang hendak diwarnai. Maka, langkah selanjutnya adalah menyiapkan berbagai media yang dapat digunakan untuk mewarnai. Ya. Di sini kamu memiliki kebebasan untuk menggunakan berbagai media sesuai dengan kecenderunganmu. Mulai dari media kering seperti pensil warna, krayon, bahkan spidol. Hingga media basah seperti cat air, cat aklirik, tinta, dan lain sebagainya.

Kumpulan Gambar Hewan yang Sangat Menarik dan Lucu

gambar sketsa burung


Gambar Sketsa Delman



gambar sketsa burung keren


Gambar Zebra





Gambar Kelinci Lucu





gambar rusa jantan





gambar sketsa anak rusa lucu





Gambar Ibu Gajah





Gambar Sketsa anak Gajah



gambar sketsa kura-kura lucu



gambar sketsa kura-kura tua


Gambar Sketsa Penyu Lucu



Gambar sketsa kura-kura di Laut



download gambar katak di atas Air



gambar sketsa ikan di Laut



Gambar Sketsa Bebek Berenang




gambar sketsa ayam



Gambar Sektsa Anak Ayam


Gambar Sketsa Ikan


gambar sketsa ayam dan anaknya




Gambar Sketsa Kucing



Gambar Sketsa Kucing dan Burung


gambar sketsa Kucing Berdua


Gambar Sketsa Anjing Lucu




gambar sketsa anjing dan burung


Gambar Sketsa Ular Lucu



Gambar Sketsa Monyet Lucu


Gambar Sketsa Monyet Makan Pisang




gambar sketsa badak

Gambar Sketsa Badak Lucu

Download Sketsa Gambar Badak Imut

Gambar Sketsa Burung Rajawali

Penutup

Demikianlah paparan selengkapnya mengenai pengertian sketsa gambar hewan, manfaat, dan teknik mewarnainya. Mengetahui jika mengenal warna dari objek-objek kongkret ini berikan manfaat bagi kecerdasan, membiasakan kegiatan ini untuk ananda adalah tindakan yang bijak. Terlebih, meski kini sudah banyak apps digital yang mudahkan anak mewarnai melalui gawai. Mengenalkan buah hati atau anak didik dengan cat sungguhan akan beri pengalaman berbeda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer