Gambar Pemandangan : Sketsa Gambar dan Teknik Mewarnainya dengan Benar

Kumpulan Gambar Pemandangan : Cara menggambar, sketsa gambar dan Teknik Mewarnainya dengan Benar - Pengertian Sketsa Gambar Pemandangan, Manfaat, dan Teknik Mewarnainya!  Dewasa ini, mengabadikan momen istimewa umum dilakukan melalui foto. Baik diambil menggunakan kamera maupun foto yang diambil melalui jepretan ponsel pintar. Lalu, bagaimana jika momen istimewamu dan hal-hal menarik yang ditangkap inderamu diabadikan melalui sketsa gambar? 

Gambar Pemandangan

Gambar Sketsa Pemandangan Alam

Sketsa atau yang dalam bahasa Inggris disebut sketch merupakan gambaran kasar menyerupai objek sebenarnya yang umumnya berupa guratan-guratan sederhana. Berawal dari garis demi garis inilah berbagai karya seni seperti lukisan, gambar desain bangunan, bahkan animasi dapat kita nikmati. Tak terkecuali, keindahan matahari terbit dari puncak gunung, desir ombak laut, dan berbagai pemandangan lain yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan.

Ini selaras dengan pendapat Oesman Effendi, yang mana sketsa bisa diartikan sebagai paduan berbagai proses pengindraan. Bukan hanya dari tangkapan mata saja, namun juga keterlibatan perasaan, penghayatan, pikiranm sikap, dan lain sebagainya. Sehingga sketsa baik yang tampak seperti gambar pemandangan, sosok insan, maupun berbagai objek lain tentunya terlahir dari kedalaman jiwa pembuatnya.

Pengertian Sketsa Gambar Pemandangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu objek yang dapat dijadikan sebagai sketsa adalah pemandangan. Tidak dapat dipungkiri jika sampai sekarang pun, ketika mendengar kata “pemandangan”, yang terbersit adalah gambar gunung dengan matahari dan awan di atasnya. Ya, tentu karena bagi saya pribadi, ini adalah objek yang dianggap paling mudah dibuat ketika masih sekolah dasar. Lalu, apa sih sebenarnya pengertian “pemandangan” itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salah satu pengertian pemandangan adalah keadaan alam yang indah dipandang. Inilah alasan mengapa bentang alam seperti pegunungan, savana, atau berpetak-petak sawah menjadi beberapa objek lainnya dianggap menarik untuk digambar. Nah, perwujudan objek yang dituangkan melalui guratan-guratan sederhana serupa bentang alam yang dilihatnya inilah yang dinamakan dengan gambar sketsa pemandangan.

Manfaat Menggambar Sketsa Pemandangan

Berhasil mengabadikan pemandangan yang dilihat menjadi sketsa tentu menjadi kesenangan dan kebanggan tersendiri. Akan teteapi rupanya, bukan itu saja. Tapi tenang, karena disini akan dipaparkan mengenai beberapa manfaat membuat gambar pemandangan baik bagi anak usia dini maupun untuk orang dewasa. Langsung saja, berikut adalah paparan selengkapnya.

1. Media untuk membebaskan ekspresi

Bersentuhan dengan guratan-guratan berupa garis dan bidang serta beraneka warna membuat seorang perupa bisa bebas mengungkapkan ekspresinya. Hal ini karena sebagaimana tiap-tiap warna miliki psikologisnya sendiri-sendiri, para creator ini bisa memilih warna sesuai dengan perasaan dan emosinya. Sehingga secara langsung maupun tak langsung, sketsa pemandangan maupun objek lainnya bisa dijadikan sebagai media untuk olah rasa ini.

2. Media untuk memperbaiki suasana hati

Tidak hanya sebagai media mengungkapkan ekspresi, sebab nyatanya warna juga bisa menjadi sarana untuk mengobati gundah hati. Manfaat ini berkaitan dengan sifat seni pada umumnya yang mana ia tidak hanya diciptakan untuk kebutuhan praktis saja. Namun juga sebagai media untuk menghibur diri sekaligus menjadi media terapi untuk memperbaiki suasana hati. Terlebih jika objek yang dirujuk miliki keterlibatan secara emosi dengan pembuat sketsanya.

3. Media untuk meningkatkan daya konsentrasi

Manfaat menggambar pemandangan berikutnya yakni meningkatkan daya konsentrasi. Karena pada hakikatnya, tidak ada satupun kegiatan yang bisa dilakukan dengan benar ketika seorang tidak bisa konsentrasi. Sementara itu, bersentuhan dengan objek langsung yang bisa ditangkap secara visual dianggap sebagai cara yang tepat untuk melatih fokus. Salah satunya yakni terjun ke alam seraya menghayati keindahan hayati untuk dituangkan menjadi sketsa pemandangan.

4. Media untuk mengenal bentang alam negeri

Tak dapat dipungkiri jika memiliki indera penglihatan yang sempurna adalah anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Sebab melalui kelebihan ini, manusia bisa menikmati bentang alam yang suguhkan keindahan. Dan bukan itu saja, gambar pemandangan yang dibuat perupa membantu banyak orang yang tidak bisa menikmati keindahan alam secara langsung. Sebab sketsa berupa guratan sederhana ini bisa dibagikan ke berbagai orang di penjuru dunia.

5. Media mengenalkan anak untuk tidak merusak alam

Dan manfaat menggambar dan mewarnai pemandangan berikutnya yakni bisa dijadikan media mengajari buah hati pentingnya menjaga alam. Ini karena keindahan yang ada sekarang bukan tidak mungkin tak bisa dinikmati oleh anak-cucu nanti. Sebab tanpa menjaga dan merawat alam semua ketentraman ketika bersentuhan dengan gunung maupun pantai akan tinggal kenangan saja. Bukankah hari ini saja sudah tampak banyaknya kerusakan karena ulah manusia?

Teknik Mewarnai Pemandangan yang Mudah

Menggambar menjadi kegiatan yang mudah bagi mereka yang memang memiliki passion pada seni membuat garis-garis menjadi objek tertentu ini. Sebaliknya, ia menjadi kegiatan yang sulit dilakukan bagi mereka yang memang tidak bisa mengungkapkan ekspresinya melalui gambar. Namun sekarang, kamu tak perlu kesulitan untuk mewarnai sketsa. Sebab tidak harus membuat sendiri rancangannya. Berbagai sketsa pemandangan bisa diunduh dan dicetak dari intentet.

Berbeda dengan menggambar, mewarnai menjadi kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Ini karena bersentuhan dengan aneka warna semacam kesenangan tersendiri yang dapat dirasakan oleh anak maupun orang-orang dewasa. Tapi sebelum itu, tahukah kamu jika nyatanya terdapat banyak teknik mewarnai gambar pemandangan yang mudah? Jika belum, yuk simak paparan selengkapnya di bawah ini.

1. Teknik blocking

Memiliki kesan tajam adalah salah satu keunggulan gambar pemandangan yang diwarnai dengan teknik blocking. Teknik ini dilakukan dengan memberikan warna tertentu pada bagian gambar. Tidak mengherankan, kemudahan menggunakan teknik blocking pada sketsa pemandangan maupun objek-objek lain membuatnya menjadi teknik mewarnai yang paling banyak dilakukan.

2. Teknik gradasi

Sebagai penikmat karya seni rupa, tentunya sudah tak asing lagi dengan penggunaan dua warna berbeda yang masih seiras pada satu bidang yang sama, bukan? Benar. Itu adalah contoh nyata dari penggunaan teknik gradasi dalam gambar. Teknik ini umumnya dilakukan untuk dapatkan kesan lebih nyata setelah gambar diblok secara merata. Sayangnya, untuk mendapatkan kesan realistik, seorang perupa harus miliki kepekaan yang dalam terhadap warna-warna yang cocok.

3. Teknik mixing gambar pemandangan 

Dan teknik terakhir yang bisa digunakan untuk mewarnai adalah teknik mixing. Membaurkan warna pada sketsa dengan teknik campuran bisa dikatakan susah-susah gampang. Sebab teknik yang dilakukan dengan cara membuat garis lurus dan melingkar ini juga memerlukan kepekaan pada pemilihan warna.

Berbagai Alat yang Diperlukan Saat Mewarnai

Seperti yang telah disebutkan, mewarnai gambar pemandangan bisa dilakukan dengan mudah. Sebab dengan mencarinya di internet, unduh, dan mencetaknya pada kertas HVS, kamu tidak perlu susah payah untuk membuat sketsanya sendiri. Sementara itu, untuk mewarnai gambar yang telah dicetak, ada baiknya lebih dahulu siapkan beberapa alat di bawah ini.

  • Pensil, jika ingin mewarnai dengan monokrom
  • Pensil warna
  • Buku mewarnai/gambar sketsa yang telah dicetak
  • Tissu, untuk membersihkan kotoran dari pensil ataupun pensil warna

Kumpulan Gambar Sketsa Pemandangan

Gambar Sketsa Pemandangan Rumah


Gambar Sketsa Pemandangan Sawah Gunung




Gambar Sketsa Gunung



Gambar Pemandangan Pohon


Itulah paparan mengenai sketsa gambar pemandangan, manfaat, dan sejumlah teknik mewarnai yang bisa kamu praktikkan. Melalui manfaat yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan jika kegiatan menggambar dan mewarnai bukan hanya untuk anak usia dini. Namun juga bisa dilakukan oleh semua orang di berbagai jenjang usia. Sebab selain kepuasan hati, menggambar sketsa juga bisa dijadikan sebagai kegiatan positif mengisi waktu senggang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer