1 Mil Berapa Km? berikut adalah pengertian dan Konversi Satuan Mil Ke Kilometer

1 Mil Berapa Km? berikut adalah pengertian dan Konversi Satuan Mil Ke Kilometer –  Halo sobat, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk membahas mengenai konversi ukuran satuan panjang dari Mil ke Kilometer, disini akan kami jelaskan secara terperinci mengenai satuan Mil ke Km. Untuk itu silahkan sobat simak penjelasan lebih lengkapnya yang ada dibawah ini.

 1 Mil Berapa Km

1 Mil berapa Km

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang satuan Mil ini maka secara umum Panjang dalam Sistem Internasional (SI) adalah meter, sedangkan pada sistem cgs yaitu (centimetre gram second) atau di sebut dengan cm (dibaca sentimeter). Sedangkan pada ilmu fisika dan teknik, kata “panjang” ini sering sekali digunakan secara sinonim dengan kata “jarak”, dengan menggunakan simbol “l” (huruf kecil) atau “L” (adapun singkatan dari bahasa Inggris yaitu Length).

Mil

Adapun untuk mil atau mile (bahasa inggris) adalah sebutan satuan untuk pengukuran unit yang sering dipakai oleh bangsa eropa yaitu negara Amerika. Jadi, 1 mil sama dengan 1,609 km (koma itu artinya adalah nilai desimal dan bukan ribuan ya) atau 5280 kaki (feet) atau 1760 (yard), dan untuk standarisasi adalah 1609,344 meter (koma yang berarti nilai desimal).

Km (kilometer)

Sedangkan untuk Km atau biasa di singkat KM atau kilometer (ejaan Amerika) atau kilometre (ejaan dari SI) adalah sebutan suatu nilai ukuran satuan panjang dalam sistem metrik. Jadi, 1 km sama dengan 1000 meter atau (kilo awalan dalam SI untuk 1000). Adapun untuk sekarang satuan pengukuran ini dipakai secara resmi yang digunakan untuk menyatakan jarak antara tempat-tempat geografis tanah yang ada di beberapa bagian dunia, terkecuali pada negara Amerika Serikat dan jaringan jalan dari wilayah Inggris di mana negara itu sering memakai unit resmi yang lain.

1 Mil Berapa Km?

Mil dan kilometer merupakan sebuah ukuran satuan panjang. Adapun Mil ini berasal dari bahasa frasa Latin mille passus yang artinya “seribu langkah”, dimana ini yang menunjukkan pada keberadaan jarak yang ditempuh oleh para prajurit Romawi kuno saat meninggalkan jejak kaki 1.000 kali pada waktu dalam perjalanannya.

Satuan Mil ini pada umumnya digunakan dalam menyatakan suatu ukuran jarak pada sebuah tempat Geografis. Di negara indonesia sendiri untuk satuan kilometer (km) malahan lebih sering digunakan dibandingkan dengan satuan mil ini. Namun alangkah baiknya jika kita juga mengetahui perihal konversi dari satuan ini.

1 Mil = 1,60934 Km


Diagram Konversi Mil ke Km

MIL KILOMETER

1 mil 1,609 km

2 mil 3,218 km

3 mil 4,827 km

4 mil 6,436 km

5 mil 8,045 km

6 mil 9,654 km

7 mil 11,263 km

8 mil 12,872 km

9 mil 14,481 km

10 mil 16,090 km


Contoh Soal Satuan Mil Ke Km


Contoh Soal 1

Telah diketahui untuk panjang sungai Nil yaitu 2,5 mil. Jika panjang tersebut dinyatakan pada satuan kilometer, maka berapakah panjang sungai Nil tersebut?

Jawab:

Diketahui 1 mil = 1,609 km, maka:

2,5 mil = 2,5 x 1,609 km

2,5 mil = 4,0225 km

Jadi untuk panjang sungai Nil tersebut yaitu 4,0225 km.


Contoh Soal 2

Sebuah kendaraan mobil merek Honda Jaz menempuh jarak 50 mil dengan kurun waktu sekitar satu jam. Tentukan berapakah jarak yang telah ditempuh kendaraan mobil Honda Jaz tersebut dalam versi satuan kilometer!

Jawab:

Diketahui sebuah kendaraan mobil Honda Jaz menempuh jarak 50 mil.

Jadi, 50 mil = 50 x 1,609 km = 80,45 km

Jadi, jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan mobil Honda Jaz tersebut jika dinyatakan dalam satuan kilometer maka yaitu, 80,45 km.


Contoh Soal 3

Sebuah kendaraan sepeda motor Jupiter Z menempuh jarak 30 mil dengan kurun waktu sekitar satu jam. Tentukan berapakah jarak yang sudah ditempuh kendaraan sepeda motor Jupiter Z dalam sebuah satuan kilometer!

Jawab:

Diketahui untuk sebuah kendaraan sepeda motor Jupiter Z menempuh jarak 30 mil.

Jadi, 30 mil = 30 x 1,609 km = 48,27 km

Jadi, jarak yang sudah ditempuh kendaraan sepeda motor Jupiter Z tersebut jika dinyatakan dalam satuan kilometer maka yaitu 48,27 km.


Contoh Soal 4

Sebuah bus antar provinsi telah menempuh dengan jarak sebanyak 30 mil. Jika dinyatakan pada satuan kilometer, maka berapakah jarak yang sudah ditempuh oleh bus antar provinsi tersebut:

Jawab:

Diketahui 1 mil = 1,609 km, maka:

30 mil = 30 x 1,609 km

30 mil = 48,27 km

Maka, jarak yang ditempuh oleh bus antar provinsi tersebut yaitu 48, 27 kilometer.


Baca Juga: 1 Liter berapa ml, berikut ulasan selengkapnya!


Penutup

Nah, demikian untuk pembahasan mengenai konversi satuan, 1 Mil berapa kilometer (Km), pengertian dari Mil dan Km, serta diagram konversi dan juga beberapa contoh soal satuan Mil ke Km. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat semua yang sudah membaca artikel ini. Terima kasih dan sampai jumpa pada pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer