5 Menu Makanan Khas Hari Raya Idul Fitri yang bakalan bikin Kamu Nagih!

Menu makanan khas Idul Fitri - Setiap tahun masyarakat Indonesia selalu menyambut Idul Fitri dengan penuh suka cita termasuk hari raya idul fitri 1442 H. Saat lebaran tiba, kita kerap disibukkan dengan menyiapkan berbagai macam kebutuhan. Penyajian menu istimewa saat lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Makanan khas ini biasanya dinikmati saat bersama keluarga.

5 Menu Makanan Khas Idul Fitri

Menu Makanan Khas Hari Raya Idul Fitri

Layaknya kuliner khas lebaran yang enak di Indonesia, tentunya hal ini dilakukan agar suasana lebaran semakin meriah. Berbicara soal makanan, Indonesia memang dikenal memiliki ragam kuliner yang unik. Nyatanya, ada beberapa kuliner tradisional yang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia.

Sebentar lagi kita akan memasuki Idul Fitri. Ini adalah waktu yang tepat untuk memikirkan hidangan apa yang akan disajikan untuk keluarga dan tamu Anda. Lalu, menu apa saja yang bisa kamu sajikan tahun ini? Pada artikel kali ini kami akan memberikan 5 menu makanan khas Idul Fitri tahun ini.

1. Opor ayam

Opor ayam merupakan menu populer yang mengiringi perayaan Idul Fitri. Bisa dibilang sajian ini sudah menjadi tradisi setiap tahun, tidak hanya untuk Idul Fitri. Chicken opor menjadi salah satu menu andalan lebaran karena berpadu apik dengan sayur ketupat yang juga menjadi sajian utama saat lebaran. Yuk baca artikel kesehatan hanya di SehatQ.com.

makanan yang hampir selalu ada saat momen lebaran tiba di setiap rumah di pulau jawa. Biasanya menu ini disajikan dengan sambal goreng dan ketupat. Memiliki rasa gurih dari santan, rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, adas manis, daun jeruk dan lain-lain.

Baca Juga : Tes Titer Antibodi

2. Semur

Selain opor ayam, semur juga menjadi sajian khas yang disajikan saat merayakan lebaran. Hidangan sop berwarna coklat ini terbuat dari daging sapi yang telah direbus dan diolah dengan bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya. Rebusan juga bisa dibuat dengan ayam, dan atasnya dengan kentang untuk menambah rasa. Untuk menambah variasi, Anda juga bisa mencampurkan telur, tahu, tauge dan lainnya untuk menemani semur kesukaan keluarga Anda.

Makanan apa yang enak disajikan saat Lebaran?

3. Rendang

Perayaan Idul Fitri belum bisa dikatakan lengkap tanpa rendang di menu Anda. Makanan yang sudah terkenal, bahkan di luar negeri, menjadi pelengkap menu Idul Fitri di setiap rumah tangga. Lauk yang harus dimiliki adalah rendang daging sapi. Menu ini akan membuat rasa ketupatnya semakin gurih dan nikmat. Memiliki rasa yang pedas dengan sajian yang gurih karena kaya akan santan. Rendang memiliki rasa dan isian yang berbeda di setiap daerah, ada yang menyajikan rendang dengan rasa yang pedas dan ada yang dengan rasa manis.

4. Kurma Bebek Kari

Selanjutnya ada makanan khas Idul Fitri di Aceh yaitu Bebek Gulai Kurma yang namanya kurma ternyata sajian ini tidak menggunakan kurma dalam bahan masakannya. Terbuat dari daging bebek yang dimasak dengan santan, rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, daun kari, kelopak pekak, dan lain sebagainya. Rasa daging bebek yang pedas, gurih dan empuk menjadi favorit masyarakat Aceh saat lebaran, hati-hati juga ya kalau kena kolestrol, yuk simak ulasan tindakan medis.

5. Kella Pate

Selanjutnya ada Kella Pate yang berasal dari Madura, berbeda dengan makanan khas Idul Fitri lainnya yang biasanya menggunakan daging sapi, kambing, ayam atau bebek. Kella Pate terbuat dari ikan tenggiri atau kepiting goreng, kemudian santan, bumbu dan belimbing membuat hidangan ini gurih dan asam. Kemudian dimakan dengan ketupat atau lontong. Demikian ulasan mengenai 5 menu makanan khas lebaran semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....