Cara Cari Channel TV Digital Pakai STB Dengan Mudah Nonton Gratis Tanpa Kena Biaya

Cara Cari Channel TV Digital Pakai STB Dengan Mudah Gratis Tanpa Biaya - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) nantinya akan menghentikan siaran TV analog secara menyeluruh, paling lambat pada tanggal 2 November 2021. Unuk tahap pertama nantinya penghentian siaran TV analog akan dimulai paling lambat pada 17 Agustus 2021. Penghentian total atau menyeluruh pada siaran TV analog ini dilakukan Kominfo dalam program migrasi menuju siaran TV berbasis digital. Pihak Kominfo menyebutkan bahwa untuk siaran TV berbasis digital akan dapat menghadirkan kualitas gambar yang suara yang lebih jernih dan gambar yang lebih bersih. 

Cara Cari Channel TV Digital Pakai STB

Cara Cari Channel TV Digital Pakai STB

Untuk dapat menyaksikan siaran TV berbasis digital maka masyarakat diharuskan untuk perangkat TVnya sudah dilengkapi dengan penerima sinyal DVB-T2. Lantas, bagaimana dengan masyarakat yang masih mempunyai TV model lama? Apakah mereka juga perlu membeli TV yang baru?

Pihak Kominfo menyebutkan, bahwa masyarakat nantinya tidak harus membeli TV yang baru untuk dapat menikmati siaran TV berbasis digital. Dengan TV model lama, seperti TV model tabung, tetap masih bisa digunakan dan menikmati siaran TV berbasis digital, asalkan TV tersebut sudah dilengkapi dengan Set Top Box (STB) yang nantinya mampu untuk menangkap sinyal DVB-T2. 

Cara Nonton Siara TV Digital

Nah, untuk bisa mengetahui bahwa TV Anda sudah suportt tipe STB atau TV digital yang mampu menangkap sinyal DVB-T2, maka dapat mengeceknya melalui link tautan berikut ini: 

https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi 

Jadi, untuk cara menangkap sinyal dengan menggunakan STB, pihak Kominfo sudah memberikan panduan mengenai cara-cara mencari saluran atau channel TV berbasis digital bagi pengguna STB DVB-T2. 

Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  1. Pastikan TV dan STB sudah terhubung dengan listrik 
  2. Nyalakan TV, kemudian silahkan masuk ke mode AV 
  3. Bila terdapat beberapa mode AV, 
  4. Silahkan sesuaikan dengan koneksi STB, misalnya ada AV1, AV2, dan seterusnya
  5. Setelah mode AV Anda tentukan, nyalakan STB lalu Tekan tombol "Menu" pada remot STB 
  6. Cari menu "Pencarian Saluran" dan silahkan pilih "Pencarian Otomatis". 
  7. Tunggu saja hingga pencarian selesai 
  8. Jika pencarian tersebut sudah selesai pilih "Simpan" 
  9. Selamat, sinyal siaran TV digital Anda sudah berhasil ditangkap. 

Layanan TV Digital Gratis

Nah, untuk mengetahui, agar Anda dapat menikmati siaran TV berbasis digital menggunakan STB, TV Anda harus berada dalam mode AV. 

Pihak Kominfo menegaskan, bahwa untuk siaran TV berbasis digital ini bukan streaming internet, yang membutuhkan pulsa atau kuota data ya. Karena siaran TV berbasis digital ini berstatus FTA (free to air) alias tanpa adanya biaya. Jadi untuk dapat menonton siaran TV digital, maka kalian tidak perlu adanya internet, pulsa, atau membayar biaya langganan setiap bulannya. Sebenarnya ini sama dengan siaran TV yang dulu, jadi masyarakat masih bisa menikmati film sinetron, tayangan musik, atau berita pada umumnya, namun kali ini dengan tampilan gambar dan suara yang lebih bagus dari yang ada sekarang ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....