10 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh - Di musim kemarau seperti sekarang, minum air kelapa memang terasa menyegarkan. Namun, air kelapa tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa haus. Air kelapa memiliki segudang manfaat karena mengandung banyak nutrisi. Perlu diketahui, air kelapa mengandung sebuah karbohidrat yang sangat mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa sangat rendah kalori, rendah sodium dan tinggi potasium dibandingkan minuman olahraga, bahkan lebih banyak dibandingkan jika Anda mengonsumsi empat buah pisang. Air Kelapa mengandung lebih sedikit gula daripada minuman olahraga kemasan, minuman ringan, dan beberapa jus buah. Selain itu, air kelapa juga bebas akan lemak dan kolesterol.

Air kelapa juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan sebuah vitamin yang ada pada air kelapa, termasuk vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksi, dan folat, serta vitamin C. Perlu diketahui, kandungan vitamin C dalam sebuah air kelapa hanya sedikit, yaitu sekitar 2,3. Mg. 

Sedangkan kandungan mineral pada sebuah air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Kandungan mineral pada air kelapa lebih baik dari pada kandungan mineral pada jeruk. Berikut adalah beberapa manfaat dari air kelapa.

Apa saja Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh?

Manfaat dan Khasiat Kelapa

Dengan berbagai kandungan di dalamnya, tak heran jika kelapa ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi dehidrasi. Kelapa mengandung elektrolit dan mudah diserap dalam tubuh sehingga sangat bermanfaat terutama bagi penderita diare, disentri, kolera.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Air kelapa mengandung bahan yang dapat menghilangkan sebuah bakteri dan melawan virus sehingga bermanfaat untuk melindungi dari penyakit gusi, infeksi saluran pencernaan, tifus, dan infeksi. Oh ya, air kelapa kaya akan magnesium yang bisa membantu menyembuhkan migrain.

3. Meningkatkan energi. Air kelapa meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang membuat Anda lebih energik.

4. Mencegah penuaan kulit. Air kelapa mengandung sitokin yang berguna untuk pertumbuhan dan regulasi sel. Selain itu, air kelapa memiliki kandungan yang sangat baik untuk membentuk sebuah jaringan kolagen pada kulit.

5. Membantu sistem pencernaan. Air kelapa juga mengandung sebuah serat yang baik untuk pencernaan.

6. Menghilangkan racun dalam tubuh. Air kelapa memiliki sebuah kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Bagi pria, air kelapa mampu menetralkan kandungan nikotin yang mengganggu kesuburan pria.

7. Menyembuhkan alergi kulit. Alergi kulit adalah salah satu penyakit yang paling sulit diobati. Salah satu manfaat air kelapa hijau yaitu untuk mengurai sebuah bakteri, virus, dan jamur penyebab alergi kulit. Selain minum obat dan menggunakan salep, sebaiknya juga minum air kelapa muda.

8. Bermanfaat bagi ibu hamil. Anggapan bahwa banyak minum air kelapa saat hamil bisa membuat kulit bayi putih dan rambutnya lebat, hanyalah mitos belaka. Meski begitu, air kelapa tetap memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil karena mengandung antioksidan dan elektrolit. Selain itu, air kelapa juga dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang melawan bakteri dalam sistem pencernaan.

9. Mengatasi rambut rontok. Salah satu cara alami mengatasi rambut rontok adalah dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin. Kandungan mineral, glukosa, fruktosa, sakrosa, dan fruktosa dalam air kelapa hijau terbukti ampuh untuk mengatasi masalah rambut rontok.

10. Menurunkan berat badan. Manfaat lain dari air kelapa adalah untuk menurunkan berat badan. Air kelapa sangat rendah kalori, lemak dan gula.

Manfaat air kelapa sangat banyak. Namun, perlu diingat bahwa penderita beberapa penyakit seperti gangguan ginjal dan jantung tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi air kelapa. Bagi penderita gangguan ginjal, kandungan potasium yang tinggi dalam air kelapa justru dapat membebani ginjal. Kalium dan kalium yang tinggi juga akan berdampak negatif pada penderita penyakit jantung. Demikian ulasan tentang Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel