Financial Freedom: Arti Makna dan Tips Cara Mencapainya!

Financial Freedom: Arti Makna dan Tips Cara Mencapainya! - Halo sahabat Mediasiana, kalian pasti pernah mendengar istilah tersebut baik disaat pada waktu perkuliahan atau saat sedang mengikuti seminar motivasi financial. Nah, di tahun ini mungkin sahabat punya target keuangan yang aman dan menjadi salah satu resolusi tahun baru di 2022 nanti ?. Tentu hal ini bagi sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang memiliki literasi keuangan yang baik akan menjadikan financial freedom sebagai target hidup mereka. Tapi, apa sih arti yang sesunggguhnya dari financial freedom ini?

Arti Financial Freedom

Financial Freedom

Setelah di pahami bahwa financial freedom itu lebih dalam maknanya jadi tidak hanya sekadar “jadi orang kaya raya”, “memiliki banyak uang”, atau “hidupnya sejahtera”. Ya  walaupun ketiganya tersebut barangkali memang masih bersinonim, tetapi untuk bisa memiliki financial freedom itu feel-nya tentu beda. Bahkan dalam segi financial freedom juga memiliki faktor yang “aman” lebih dominan. 

Makna Financial Freedom

Jjadi orang kaya, memiliki banyak uang, dan hidupnya sejahtera, bagaimana? Belum tentu itu bisa secure secara sebenar-benarnya. Karena beberapa keadaan yang sudah diyakini merupakan dari bagian financial freedom adalah: 

1. Sahabat memiliki tabungan yang cukup yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu kebutuhan hidup setiap hari, saat ini yang sudah terencana maupun ketika ada kebutuhan mendadak. 

2. Sahabat ini sudah memiliki aset yang memadai, dengan sebuah proporsi aset aktif yang pas tentunya bebas utang, terutama hal itu utang konsumtif yang mampu memilih gaya hidup yang sahabat inginkan. Sahabat juga punya rencana masa depan yang jelas, detail, dan komprehensif. 

Nah itulah penjelasan dari financial freedom, alias kebebasan finansial. Tentu ini bisa saja ada tambahan lain, karena kita tahu bahwa untuk kebutuhan setiap orang dengan rasa kenyamanannya itu berbeda-beda. 

Kalau sahabat ada tambahan kriteria dari ungkapan kebebasan finansial yang lain, boleh tuh ditambahkan di catatan kalian ya. Tentu sangat nyaman bisa punya hidup yang senyaman itu.

Apakah bisa? tentu Bisa dong. Kenapa enggak? Apalagi untuk cara bisa mencapai Financial Freedom juga banyak cara yang bisa di lakukan untuk dapat mencapai kebebasan Financial Freedom tersebut. 

Namun yang jadi masalahnya adalah tidak ada cara yang singkat dan mudah untuk meraihnya. Semuanya juga butuh perjuangan. Namanya juga hidup, tentu semua hal butuh perjuangan terutama untuk bisa meraih financial freedom.

Tips Mencapai Financial Freedom

Semua orang tentu dapat dan akan mencapai cara bisa meraih financial freedom, mau tau caranya? Yuk silahkan simak tips untuk mencapai financial freedom yang ada pada ulasan berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Tips yang pertama adalah, silahkan sahabat tentukan tujuan dari keuangan Anda terlebih dahulu, agar kedepannya sahabat dapat lebih mudah dalam menyusun strategi atau membuat perencanaan keuangan sahabat saat ini.

Sebagai contohnya yakni di bulan ini sahabat dapat menghitung ada berapa persen pengeluaran kalian dan sahabat harus menghemat dari pengeluaran yang ada di bulan sebelumnya, dan sahabat juga harus bisa menambahkan pendapatan tersebut lebih besar dari pendapatan sahabat di bulan sebelum nya.

2. Pahami Kondisi Financial Saat ini

Adapun untuk dapat mencapai financial freedom ini, tentu tidak di ukur melalui umur kalian dan batasan lainnya. Tetapi ini akan lebih bergantung pada pendapatan yang sahabat miliki, apakah pendapatan tersebut sudah mampu memenuhi segala kebutuhan hidup sahabat.

Sahabat harus bisa memahami kondisi dari financial sahabat saat ini terlebih dahulu, apakah pendapatan sahabat di saat ini sudah mampu menutupi semua pengeluaran sahabat?

Jika hal ini belum, maka tandanya sahabat belum bisa mencapai financial freedom tersebut.

3. Cari Pendapatan Tambahan

Tips yang ketiga yaitu mencari pendapatan tambahan dari pekerjaan lain adalah salah satu cara yang amat penting untuk bisa mencapai financial Freedom. Nah, untuk bisa mencari pendapatan tambahan ini maka bisa memulai dengan cara-cara berikut ini.

- Bisnis

Yang paling mudah yaitu memulai bisnis adalah salah satu cara tepat yang paling sering dilakukan dan sudah populer untuk mencapai financial freedom, sahabat bisa membuka peluang bisnis tersebut yang mana bisnis ini sedang populer saat ini atau dibutuhkan banyak orang.

- Bangun Passive Income

Selanjutnya yaitu cara paling mudah untuk bisa membangun passive income adalah dengan kalian memanfaatkan media internet, maka sahabat akan bisa membuat media yang sangat menarik berupa Akun media sosial unik, blog atau website dan tentu pengemasannya harus sangat menarik untuk bisa menarik para pengunjung dan pembaca.

Jika sahabat ini mampu membuat tulisan-tulisan yang unik dan menarik serta informatif bukan tidak mungkin sahabat ini akan bisa mendapatkan passive income yang menjanjikan.

4. Kurangi Gaya Hidup Konsumtif

Yang terakhir adalah kurangi gaya hidup yang konsumtif, karena ini akan sangat menghambat kalian untuk bisa mencapai financial freedom.

Untuk itu mulai biasakan hidup untuk tidak membeli barang yang hanya sekedar sebuah keinginan saja. Dan mulailah  detik ini untuk mengalokasikan uang kalian untuk ditabung saja 10-20% dari pendapatan yang kamu miliki atau bisa membeli saham dan reksadana.

Akhir Kata

Nah, itulah Financial Freedom: Arti, dan Tips Cara Mencapainya yang dapat kami sajikan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan membantu sahabat semua dalam mewujudkan impian ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel