7 Makanan Tradisional Khas Jawa Timur Yang Super Enak

Jenis Makanan Tradisional Khas Jawa Timur - Salah satu kulineran yang mempunyai resep yang sudah diturunkan secara turun-temurun jadi kebanggaan satu daerah yakni makanan tradisional. Pasalnya , tiap wilayah di Indonesia tentu mempunyai keberagaman budaya dan tradisi istiadat yang berbeda dengan karakter dan keunikan semasing.

Makanan Tradisional Khas Jawa Timur

Makanan Tradisional Khas Jawa Timur

Namun, bersamaan dengan mengembangnya jaman beberapa makanan tradisional sekarang kerap terlewatkan. Oleh karena itu kita sebagai penerus wajib buat terus melestarikan makanan tradisional ini.

Berikut daftar 7 tipe makanan tradisional Khas Jawa Timur yang dikutip dari beragam sumber.

1. Semanggi Suroboyo

Semanggi Suroboyo sebagai makanan ciri khas Surabaya yang sekarang hampir terlewatkan.

Pada dasarnya Semanggi Suroboyo nyaris serupa dengan pecel, namun jika Semanggi Suroboyo tidak memakai nasi pada penyuguhannya. Makanan ini umumnya dihidangkan dengan daun pisang yang berisi daun semanggi, kecambah, kerupuk puli, dan diperlengkapi dengan bumbu dari tela, gula jawa dan kacang tanah.

2. Rujak Cingur

Siapa yang tidak tahu Rujak Cingur? Beberapa pencinta kuliner ciri khas Jawa Timur tentu sudah sering dengar makanan yang ini. Sesuai namanya cingur dengan bahasa Jawa Timuran memiliki arti "Mulut".

Rujak Cingur sebagai makanan tradisionil ciri khas Jawa Timur terutamanya Surabaya yang dibuat dari bagian dari mulut sapi yang lunak umumnya Pipi atau lidah sapi.

Di dalam sajianya umumnya terdiri beragam tipe buah, daging di bagian mulut dan digabung dengan Petis yang dibuat dari olahan udang.

3. Madu Mongso

Madu mongso ialah jajan tradisional Jawa Timur yang mempunyai rasa manis dan bahan intinya dibuat dari tape ketan hitam.

Umumnya Madu Mongso dihidangkan pada beragam acara keagamaan, pernikahan atau acara keluarga tertentu.

4. Getuk Pisang

Bila bertandang ke kota kediri tidak ada kelirunya untuk mencicip makanan yang ini. Getuk Pisang mempunyai kekhasan tertentu karena umumnya getuk dibuat dari singkong, tapi getuk ini dibuat dari pisang dan dibuntel dengan daun pisang juga.

Aroma ciri khas pada buntel daun pisang membuat makanan yang ini jadi lebih nikmat.

5. Brem

Makanan yang ini sebagai makanan tradisional ciri khas dari kota Madiun, Jawa Timur. Brem mempunyai rasa yang manis dan dibuat dari sari tempe peragian yang diproses secara khusus.

6. Pudak Gresik

Kalau ingat makanan yang ini terasanya kenangan pada jaman dulu karena langkah pembungkusanya yang memakai daun jagung muda. Jajan Ciri khas Gresik ini dibuat dari olahan tepung beras, gula pasir dan digabung dengan santan.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Super Nendang

7. Sale Pisang Pacitan

Makanan tradisional khas Jawa Timur yang paling akhir ialah Sale Pisang Ciri khas Pacitan. Tidak kalah unik dari beragam makanan tradisional lainnya karena umumnya Sale Pisang berupa gepeng, tetapi sale pisang ciri khas Pacitan ini berupa bundar bulat seperti keong bahkan juga ada pula yang seperti anggur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel