9 Tarian Daerah Sulawesi Utara Lengkap dengan Penjelasannya

Tarian Daerah Sulawesi Utara Lengkap dengan Penjelasannya - Seperti yang kita kenali sekarang ini, Sulawesi Utara adalah propinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sulawesi sisi Utara. Wilayah ini lebih banyak simpan banyak makanan ciri khas, tradisi, kesenian dan kebudayaan. Semuanya yang dipunyai itu sebagai satu anugrah dari tuhan yang diberi oleh negara Indonesia.

Tarian Daerah Sulawesi Utara

Tarian Daerah Sulawesi Utara

Berbicara berkenaan provinsi Sulawesi Utara, wilayah ini mempunyai seni tari yang beragam macam macamnya baik tari tradisional atau tari kekinian. Ke-2 tipe tarian itu mempunyai ciri-ciri unik dan kekhasan tertentu. Tetapi, kesempatan ini Calonpengangguran cuman mengulas apa Tari Tradisionil yang dari Sulawesi Utara. Berikut baca pembahasan secara lengkap di bawah ini.

Tarian Tradisional dari Provinsi Sulawesi Utara

1. Tari Tempurung

Tari Tempurung sebagai salah satunya tarian adat Sulawesi Utara yang berkembang sampai sekarang ini. Istilah pemberian nama tari Tempurung, rupanya mempunyai makna yaitu cangkak atau batok kelapa yang kerap dipakai masyarakat sebagai tempat menaruk suatu hal.sebuah hal. Dalam pementasannya, tari tradisional Sulawesi Utara satu ini manfaatkan property tempurung untuk alat hasilkan suara atau bunyi ciri khas yang keras.

Di gelarnya kesnian tari tradisi ini mempunyai tujuan untuk ucapkan wujud rasa sukur berdasar hasil panen kopra atau buah kelapa yang demikian berlimpah. Di lain sisi tarian ini berperan sebagai acara pemberian animo pada beberapa keluarga petani.

2. Tari Maengket

Tarian daerah Sulawei Utara setelah itu tari Maengket. Kesenian tari tradisionil dari Sulawesi Utara ini semakin berkembang dan di terkenalkan oleh warga di tempat.Pada jaman dahulu, warga kerap dipentaskan saat periode tanam dan panen padi sebagai pernyataan wujud rasa sukur ke tuhan atas anugrah yang diberikan.

Dengan demikian, bisa dilukiskan saat petani akan mulai menanam atau memetik padi, mereka sekalian menarikannya. Di saat tarian ini berjalan, maka dibarengi dengan nyanyian syair lagu ciri khas dengan Bahasa Minahasa.

3. Tari Kabasaran

Istilah kata Kabasaran mempunyai ari prajurit ajudan yang jamin kelancara sepanjang acara upacara tradisi. Tari Kabasaran sebagai salah satunya tarian tradisi dari Sulawesi Utara yang terhitung di dalam tari an perang. Di mana beberapa penarinya memakai senjata dan pada saaat pertunjukan berjalan kesnian ini bercerita mengenai peperangan.

Properti yang dipakai dalam tari tradsional Sulawesi ini ialah pedang atau tombak. Sementara untuk pergerakan pada tari tradisi ini seperti dengan perkelahian ayam jantan. Meskipun masuk ke tarian perang, kenyataannya tari Kabasaran berungsi untuk menjaga figur tradisi penting Minahasa saat upacara tradisi diadakan.

4. Tari Lenso

Tari Lenso merupakan salah satunya tari adat dari wilayah Sulawesi Utara yang dari Maluku. Dalam menarikan tarian ini ekpresi beberapa penari benar-benar terpancar dengan muka cerah dan suka ria. Pada intinya, tari Lenso ini mempunyai tujuan untuk melipur saat ada acara perkawinan, acara pesta rakyat, panen tani, bahkan juga perayaan tahun baru dan acara yang lain.Di lain sisi tarian ini kerap diperlihatkan di saat gelaran penelusuran jodoh atau pasangan hidup.

Untuk orang yang menarikan tari tradisionil Sulawesi Utara satu ini umumnya dimainkan oleh satu kelompok anak muda yeng kenakan selendang di pundaknya. Bila selendang penari dikasih ke salah satunya pemirsa, karenanya sebuah pertanda pengungkapan isi hati atau cinta dan jika selendang itu di, karena itu maknanya rasa cintanya juga terbalaskan. Hal itu yang jadikan tarian tradisi ini demikian khas dan unik.

5. Tari Gunde

Tari Gunde sebagai tarian tradisional Sulawesi Utara yang diperkenalakan oleh warga Sangihe Talaud. Pada periode itu, kabarnya narasi tari Gunde ini dipakai sebagai media ritus keagamaan yang karakternya benar-benar keramat. Seiring waktu berjalan, kesenian ini beralih menjadi tarian tradisionil ciri khas asyarakat di tempat.

Meskipun mengalami peralihan yang sinifikan, namun kandungan nilai magic atau skral dalam tarian tradisi ini tidak lenyap dan masih tetap ditonjolkan dalam performa tarian ini. Sementara beberapa penari ini kenakan pakaian tradisi namanya Laris Tepu.Dalam pertunjukan, tarian ini disertai oleh alat musik ciri khas Sangihe, yakni Sasambo.

6. Tari Mesalai

Selain tari Gunde, rupanya ada tarian tradisi Sulawesi Utara yang dari warga Sangihe Talaud, yaitu tari Mesalai. Umumnya tarian ini diperlihatkan saat ada acara upacara tradisi. Sebenarnya tarian ini sebagai sisi dari tari Gunede. Kabarnya narasi, pada jaman dulu tari ini sebagai salah satunya kesenian rakyat yang diambil jadi tarian istana dan beralih menjadi Tari Gunde.

Untuk pemainnya kerap ditampilkan oleh turunan anak-anak bangsawan. Sementara tari Mesalai masih tetap dipandang jadi kesenian rakyat. Dalam atraksi tari tradisionil Sulawesi Utara satu ini memprioritaskan nilai pernyataan rasa sukur ke Genggona Langi Duatung Saluruang (Tuhan yang Maha Tinggi Penguasa Alam Semesta).

7. Tari Tatengesan

Tari Tradisional Sulawesi Utara setelah itu Tari Tatengesan. Di mana tarian ini memvisualisasikan narasi rakyat mengenai dusun Tatengesan, yaitu sebuah dusun yang berada di kecamatan Pusomaen, kebupaten Minahasa Tenggara.

Konon cerita, masyarakat Tatengesan dulu lakukan pertarungan dengan membajak laut asal perairan Filipina yang sering mengusik masyarakat pesisir. Dalam pementasannya, tarian ini ditampilkan dengan gestur penuh semangat dan tarian ini disertai dengan syair lagu yang bertopik perlawanan pada membajak laut.

8. Tari Mane'e

Tari Mane'e adalah satu diatara dari tarian tradisi Sulawesi Utara yang dari wilayah Talaud. Kesnian tari tradisi ini umumnya kerap dipentaskan tuliskan ada adat Nanusa. Di mana kehadiran adat ini telah ada semenjak era keduabelas dan kerap ditampilkan oleh warga pesisir yang berprofesi nelayan.

Istilah dari pemberian nama tari Mane'e ini mempunyai makna yakni "setuju". Seesuai bernama tarianya, di mana kesenian tari ini memprioritaskan nilai keputusan yang diambil melalui permufakatan mufakat. Misalkan, beberapa nelayan setuju untuk tangkap ikan secara bersama.

9. Tari Katrili

Tari Katrili merupakan salah satunya tari tradisi dari Sulawesi Utara yang dipentaskan sampai sekarang ini. Perlu Anda kenali, jika tarian tradisionil ini ialah kesenian tari warisan bangsa Spanyol itu. Di mana pada jaman penjajahan, propinsi Sulawesi Utara terkuasai oleh bangsa Spanyol.

Untuk pakaian yang dikenai oleh beberapa penari ialah jas dan gaun warna-wani. Beberapa penari ini menarikan secara berpasang-pasangan dan kesenian ini dipentaskan saat transaksi bisnis jual-beli rempah akan dilaksanakan.

Faktanya, dalam pertumjukan tari tradisi ini mempunyai tujuan untuk mengutarakan wujud rasa sukur berdasar hasil panen rempah yang berlimpah. Disamping itu, pada zaman saat ini tarian tradisional Sulawesi ini dipakai untuk acara selingan saat acara pesta pernikahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel