5 Tarian Tradisional Jawa Timur Lengkap dengan Gambarnya

Tarian Tradisional Jawa Timur Lengkap dengan Gambarnya - Tarian Jawa Timur adalah provinsi yang sarat dengan kebudayaan. Jawa Timur sebagai salah satunya propinsi yang berada di Indonesia yang banyak memiliki kesenian tradisionil. Disamping itu, ada tarian sebagai keunikan dari propinsi Jawa Timur. Berikut ialah seni tari yang terpopuler dari wilayah Jawa Timur.

Tarian Tradisional Jawa Timur

Tarian Tradisional Jawa Timur

Jenis Tarian Jawa Timur yang hendak kita ulas ada 5 jenis tari, berikut keterangan tari Jawa Timur dan penuturannya.

1. Tari Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah kesenian dari Jawa Timur yang telah populer di seluruh dunia. Tari Reog ini datang dari wilayah Ponorogo, Jawa Timur. Tarian yang paling epic ini ditampilkan oleh beberapa pria dan wanita, umumnya sejumlah enam orang atau 8 orang.

Tarian ini termasuk salah satunya tarian yang mempunyai durasi waktu lama. Hal itu karena ada banyak babak dalam tarian Reog Ponorogo ini. Tarian ini mempunyai riwayat yaitu pergerakan tariannya datang dari satu perjalanan. Perjalanan yang dikisahkan di sini yaitu oleh Prabu Kelana Sewandana. Si Prabu lakukan perjalanan untuk cari pacar hatinya. Perjalanan itu dilaksanakan oleh Prabu Kelana bersama dengan Bujangganong, yaitu prajurit dan patihnya. Kekasih yang dicari oleh Prabu Kelana namanya Dwi Sanggahlangit yang disebut Putri dari Kediri.

Diceritakan jika si Putri cuman akan terima cinta Prabu Kelana bila Prabu bisa membuat satu kesenian. Sampai pada akhirnya terbentuklah tarian Reog ini yang sudah dilakukan oleh beberapa prajurit. Berikut urutan orang yang menarikan tari Reog; Prabu Kelono Sewandono, Patih Bujangganong. Disamping itu prajuritnya ialah Jathil, Warok, dan Pembarong.

Tarian Jawa Timur Reog Ponorogo mempunyai satu keunikan yaitu pemakaian kedok yang besar sekali. Kedok ini seperti Barongsai tetapi ukuran semakin besar dengan berat 50 kg. ukuran yang paling berat bisa secara mudah dibawa oleh penari dengan giginya. Tetapi, beberapa penari rog ponorogo ini telah terbiasa sepanjang sepuluh tahun, jadi kepiawaiannya tak perlu diragukan.

2. Tari Remo

Tari Remo adalah salah satu tarian dari Jawa Timur yang dari kata Remong. Tarian ini dipakai sebagai tari penyambut tamu terhormat. Seringkali tarian ini diperlihatkan pada kesenian Ludruk ciri khas Jawa Timur. Dalam kesenian Ludruk, tarian ini dipakai sebagai tari pembuka saat sebelum ludruk dimainkan.

Tari Remo ini umumnya ditampilkan oleh seseorang penari atau satu kelompok penari. Sebelumnya, tari Remo ini dilaksanakan oleh golongan pria karena pergerakannya yang tegas dan keras. Tetapi, di zaman saat ini tarian ini telah berkembang dan ditarikan oleh kaum wanita.

Tarian ini mempunyai topik perjuangan hingga beberapa penari bertanding seperti pejuang. Dalam tarian ini, pergerakannya lumayan cepat dengan gestur muka yang keras, tegas, dan pergerakan tubuh yang cepat.

3. Tari Topeng Malangan

Tarian Jawa Timur yang lain ialah Tari topeng Malangan disebutkan Wayang Kedok Malangan. Tarian ini sebetulnya adalah pergelaran seni yang berdiri dari era 8 Masehi. Karena tarian ini telah lama dilestarikan oleh warga Jawa Timur, Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan memutuskannya sebagai peninggalan budaya Takbenda. Ada 8 kesenian dari Jawa Timur yang diputuskan sebagai peninggalan budaya.

Tarian ini dibuka dengan Tarian Topeng Bangtih atau Tari Beskalan Lanang. Tarian ini ditampilkan oleh penari sebagai lakon Panji. Episode atau pergerakan tarinya ialah Jejer Jawa, pergerakan Perang Tidak berhasil, Episode Gunung Sari Patrajaya, Pergerakan Jejer Sabrang, episode Peang Pekerja, dan Bubaran.

4. Tari Beskalan

Masih dari daerah Malang, ada satu tarian namanya Tari Beskalan. Tari ini ini berarti Akan. Tari ini menjadi satu diantara tari yang paling tua di Jawa Timur karena telah ada semenjak beberapa ratus tahun lalu. Pergerakan tari Beskalan ini benar-benar halus dan lembut dengan iringan suara sinden. Tetapi tari ini bukanlah tari jaipong meskipun sama mempunyai pergerakan yang lembut. Dengan music dari kendang dan jidr, beberapa sinden bernyanyi dengan memanjakan mata mengiringi tarian ini.

5. Tari Gandrung Banyuwangi

Tari tradisional dari Jawa Timur yang setelah itu Tari Gandrung Banyuwangi. Sesuai namanya, tari ini datang dari wilayah Banyuwangi. Kata gandrung pada nama tari ini diambil dari nama Dewi Sri. Dalam budaya Jawa, Dewi Sri sebagai simbol kemakmuran karena sebagai Dewi Padi. Warga yang melihat pertunjukan tari Banyuwangi ini umumnya akan membawa beras untuk dihimpun sebagai imbalan bagi penari.

Para penari umumnya kenakan pakaian berbahan beludru dan memakai atribut di kepala. Atribut kepala yang dipakai ialah mahkota omprok. Di bagian kaki, beberapa penari memakai samping batik sebagai salah satunya keunikan Jawa Timur. Tarian ini disertai dengan musik gong ataupun kempul.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel