Tarian Tradisional dari Kalimantan Utara Lengkap dengan Gambarnya

Tarian Tradisional dari Kalimantan Utara Lengkap dengan Gambarnya - Tarian Kalimantan UtaraTarian Kalimantan Utara sangat sama dengan budaya ciri khas Dayak yang berkesan primitif di zaman modernisasi ini. Tetapi kehadiran tarian tersebut dilestarikan sampai sekarang tanpa mempedulikan perubahan kebudayaan yang lebih memprioritaskan tehnologi info. Berikut daftar Nama tarian tradisi Kalimantan Utara dan gambarnya :

Tarian Tradisional dari Kalimantan Utara

Macam Macam Tari Kalimantan Utara:

1. Tari Mance

Tari ini disebut dengan tari Bemance. Tari ini benar-benar ciri khas akan budaya Kalimantan Utara yang cukup primitif. Kelihatan benar-benar terang dari baju yang umum dipakai beberapa penari dalam tari Mance ini. Baju penari memakai baju tradisi Dayak Kalimantan Utara. Tetapi baju tradisi itu bukan baju sah atau baju kerajaan. Tetapi sebuah baju tradisionil pada periode pre penjajahan. Penari wanita memakai kemben dan penari pria cuman kenakan celana tanpa baju.

Untuk atribut yang dikenai oleh beberapa penari ialah atribut perang. Seperti talimpang / perisai dan lonjo / tombak. Dengan atribut perang, pergerakan dari tarian ini memiliki kandungan elemen pergerakan - pergerakan bela diri. Seperti silat, ketrampilan dalam memakai senjata dan talimpang dan lain - lain.

2. Tari Bangun

Jenis tarian tradisional ini ialah tari keramat dan memiliki kandungan elemen magic yang kuat. Pada dulu tari ini benar-benar dipercayai bisa mengobati satu penyakit. Oleh karenanya, bila ada salah satunya / beberapa masyarakat yang sakit, akan dikerjakan satu ritus pengobatan dengan disertai tari bangun ini.

Kini tari bangun tak lagi dipakai sebagai ritus pengobatan, tetapi cuman untuk atraksi kebudayaan semata-mata. Karena mayoritas warga Kalimantan Utara sudah berpindah ke dunia klinis dalam mengobati penyakit.

Tetapi sebagian orang, terutamanya beberapa kepala suku masih rasakan satu aura magic saat tari ini diperlihatkan. Aura magic dari tari ini juga tidak beresiko dan tidak membuat beberapa penari seperti seakan - olah dirasuki makhluk lembut. Hal itu memang umum terjadi di suatu tarian tradisionil yang keramat. Tari bangun ini, umumnya dilaksanakan oleh penari wanita. Untuk baju penari memakai baju tradisi suku Dayak Kalimantan Utara. Pergerakan dari ini cukup kurang kuat lembut.

Ada 3 buah sisi dari Tari Bangun ini. Sisi pertama ialah Ngala Bedua, dipercayai bisa ambil semangat ke orang yang sakit. Sisi yang ke-2 ialah Betujul, menurut keyakinan sisi ini untuk memberikan makanan pada makhluk ghaib. Sisi yang paling akhir ialah persembahan, memberi sesajen ke makhluk ghaib.

3. Tari Kancet Ledo / Kancet Lendo

Nama Tarian Kalimantan Utara Kancet Lendo sebagai salah satunya tari tradisional yang paling memvisualisasikan keunikan dari budaya suku Dayak Kalimantan Utara. Ini bisa disaksikan pada baju tradisi yang dipakai beberapa penari.

Kostum penari memakai baju tradisi suku Dayak komplet, yakni ta'a. Baju tradisi ini terdiri dari rompi tanpa lengan, rok, penutup kepala, gelang sampai kalung. Warna dari baju tradisi ini benar-benar sama kain beludru warna hitam dengan hiasan manik - manik yang membuat pola tertentu. Untuk penutup kepala pada baju tradisi ini memiliki keunikan yakni hiasan bulu-bulu burung enggang.

Tari ini datang dari dusun Baram, Sarawak. Untuk pergerakan dari tari Kancet Ledo menggambarkan kegiatan warga di tempat saat ada di kebun. Tari ini umumnya dilakukan oleh penari wanita.

4. Tari Blunde

Salah satu tarian tradisional Kalimantan Utara ialah tari Blunde. Tipe tari ini yakni salah satunya tari yang sudah jarang diperlihatkan. Tidak ada argumen terang sebagai pemicu tari ini jarang-jarang diperlihatkan dalam atraksi apa saja.

Tari Blunde ini dibuat oleh Datuk Pertama. Untuk musik pendampingnya memakai musik tradisionil suku Dayak dengan syair berbahasa Kayan Pimping. Musik pendamping itu sempat diremake oleh Datuk Abdul Aziz dengan judul Pinang Sendawar. Datuk Abdul Aziz memakai bahasa melayu dalam remake musik pengiring tersebut.

Gerakan dari tari Blunde ini sepintas hampir serupa dengan tari enggang. Tapi ada banyak pergerakan yang lain dengan tari enggang. Sementara untuk baju penari, umumnya memakai kebaya, tapih dan ikat kepala. Tetapi kadang penari memakai baju tradisi suku Dayak ta'a.

5. Tari Jepen

Jenis tari tradisional ini tidak mengangkat budaya dayak. Tetapi ada dampak dari timur tengah, khususnya Arab. Tari tradisionil ini memakai musik pendamping yang memiliki nuansa islami. Instrument musik yang dipakai ialah rebana. Tari ini juga kerap diperlihatkan saat dalam beragam jenis atraksi, khususnya di pada hari - hari besar Islam.

Tidak ada batas jenis penari dalam tari Jepen ini. Baik penari wanita dan pria dibolehkan untuk lakukan tarian tradisional ini. Begitu halnya pemakaian baju penari, lebih bebas dan tidak mewajibkan kenakan pakaian tradisi ta'a atau tipe baju tradisi Kalimantan Utara yang lain. Untuk pergerakan dalam tari ini dikuasai dengan pergerakan kaki. Oleh karenanya, beberapa penari kerap memakai aksesori gelang kaki, agar pertunjukan lebih meriah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel