13 Makanan Khas Jawa Barat Paling Terkenal untuk Dicoba dan Dibawa Pulang

Makanan Khas Jawa Barat Paling Terkenal untuk Dicoba dan Dibawa Pulang - Provinsi Jawa Barat sangat populer dengan daerah wisata yang menenangkan. Selain tempat wisata, banyak pengunjung yang ketagihan karena makanan khas Jawa Barat. 

Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat

Mengenali makanan khas Jawa Barat bisa dilihat dari bahan baku dan rasanya. Ciri khas masakan provinsi ini menggunakan sayuran mentah, ikan dominan dan memiliki rasa pedas dan asam. 

Jika Anda berkunjung ke Negeri Pasundan, jangan ragu untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat. Makanan paling terkenal di Jawa Barat sebagian besar legendaris, harganya murah dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Berikut  ulasan Makanan Khas Jawa Barat yang paling terkenal dari berbagai sumber.

1. Brayot


Brayot adalah kue basah yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan kacang tanah dengan rasa yang unik. Campuran rasa manis gula merah yang nyata, gurih lembut yang terbuat dari kacang tanah. Terstruktur lembut karena digoreng sebentar, sangat cocok disajikan di sore hari dengan teh atau kopi. 

Burayot khas berasal dari kabupaten Garut, Jawa Barat, termasuk masakan Sunda, yang unik dari segi nama, rasa dan tekstur. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Burayot berarti menggantung. Disebut demikian karena harus digantung di jahitan bambu kecil saat bernyanyi. 

2. Nasi Timbel


Nasi timbel adalah hidangan khas Sunda yang terbuat dari nasi bagolo atau nasi merah campuran yang dimasak dengan bungkus daun pisang. Nasi ini biasanya disertai dengan daging atau ikan, tahu, tempe dan sambal dan lalapan. 

3. Karedok


Karedok adalah makanan khas Sunda yang unik dalam pengolahan. Karedok disebut mirip dengan Gado-Gado. Jika Gado-Gado dibuat dan diproses dengan sayuran rebus, Karedok tidak. 

Karedok disajikan dari sayuran mentah dan tidak diproses. Karedok memiliki rasa yang unik karena campuran kencur dan saus kacang yang menjadi satu. 

Sayuran yang digunakan untuk membuat karedok sangat beragam, seperti mentimun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, kemangi dan berbagai sayuran lainnya yang dapat ditambahkan tergantung pada selera produsen. Spesialisasi Jawa Barat yang paling terkenal 

4. Ulukutek


Ulukutek Leunca adalah Leunca (Ranti) yang dimasak bersama dengan Oncom Sambal. Ini memberikan rasa pedas serta pahit dan rasanya hangat dan renyah di mulut. 

5. Batagor


Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng yang dimakan dengan saus sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai dan bawang putih. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan khas Bandung yang paling populer. 

Rasanya enak dan harganya murah, sehingga banyak orang sangat menyukai makanan khas Bandung ini. Batagor dibuat dengan tepung tapioka dan kemudian seperti daging dikupas, tetapi biasanya dikombinasikan dengan tahu pada sebungkus potongan Batagor seperti kubus kecil. 

Bagi yang ingin membawa Pulang Batagor sebagai oleh-oleh, Anda bisa memilih Batagor beku yang disediakan oleh vendor Batagor di Bandung. Biasanya, batagor beku dilengkapi dengan bumbu yang terpisah, sehingga lebih tahan lama untuk dipakai saat bepergian. 

6. Ambokueh


Ambokueh adalah salah satu hasil kuliner dari alkulturasi budaya China. Ambokueh terdiri dari telur, tahu goreng, lapicong atau sosis babi dan bawang putih, yang disiram dengan saus tepung tapioka. Ambokueh juga bisa terdiri dari sosis sapi atau ayam. Spesialisasi Jawa Barat yang paling terkenal 

Cuka rujak diolah rujak sayuran menjadi buah-buahan dengan rasa asam, pedas dan manis. Cuka Rujak menggunakan saus, yang lebih cair dari Rujak pada umumnya. Saus asam yang digunakan untuk bumbu terbuat dari bumbu halus dengan bumbu cabai merah, cabai keriting merah, terasi, garam dan ebi kering. 

7. Peuyeum


Peuyeum adalah makanan khas Bandung yang sangat terkenal. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan pita yang ditemukan di banyak daerah lain, tetapi peuyeum lebih juicier dan cukup encer. 

Peuyeum mendapat julukan sejuta orang karena harganya yang murah, enak dan juga tahan lama. Makanan khas Bandung adalah oleh-oleh yang paling dicari karena mudah ditemukan dan murah. 

Selain produksi dengan ketel pohon, ada juga Peuyeum yang terbuat dari es lengket yang difermentasi, seperti halnya dengan sebagian besar Peuyeum. Di tengah oleh-oleh khas Bandung Anda akan menemukan banyak penjual Peuyeum. Biasanya Peuyeum adalah pejajakan dengan menggantung di tali dalam jumlah banyak. 


8. Colenak


Colenak adalah peuyeum panggang olahan yang dimakan dengan mencampurnya dalam gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Makanan ini berisi makanan khas Bandung yang sangat legendaris. Spesialisasi Jawa Barat yang paling terkenal 

Saat berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan Lembang. Ada makanan khas Bandung yang ditemukan di sana, yaitu tahu susu. Tahu susu Lembang sangat terkenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika makanan khas Bandung ini sering cepat habis karena banyak yang membelinya. 

Seperti namanya, makanan khas Bandung ini terbuat dari kedelai dan kemudian dikombinasikan dengan susu murni, yang menciptakan rasa hangat dan lembut ketika masuk ke mulut. 

Tidak hanya itu, jika Anda mengetahui hal ini di dalam, lebih padat, sehingga lebih mengenyangkan saat makan, tidak seperti tahu Sumedang, di mana tidak ada isian. Untuk bisa menikmatinya, tahu ini bisa dinikmati langsung atau digoreng terlebih dahulu dan lebih nikmat saat Dicocol Sambal. 


9. Surabi


Surabi adalah adonan tepung beras olahan yang dimasak dengan oven. Di Bandung, serabi biasanya dijual di pagi hari dan dimasak dengan oven untuk menciptakan rasa yang khas. 

Kue ongol ongol tergolong unik khas Sunda karena bentuk dan namanya. Kue ini berbentuk kubus dengan bungkus kelapa parut. Harus dicoba saat berkunjung ke wilayah Jawa Barat bagian utara seperti Indramayu dan Cirebon. 

10. Ongol - Ongol


Ongol-Ongol adalah kue yang memiliki tekstur kenyal, manis, gurih dan berwarna coklat. Artinya, kue ini sudah ada sejak tahun 1200-an. Bahan dasar pembuatan kue ongol ongol adalah tepung singkong dan hunkue. Spesialisasi Jawa Barat yang paling terkenal.


11. Beef Gepuk


Beef Gepuk adalah makanan yang cukup populer di tanah Pasundan. Termasuk menu yang wajib dicicipi saat berkunjung ke provinsi Jawa Barat. Daging gepuk adalah makanan khas Sunda yang unik dari segi produksi dan nama. 

Produksi daging sapi Gepuk diwakili oleh namanya. Gepuk terbuat dari potongan tipis daging sapi, yang dipukuli alias peepuk hingga seperti keropeng dan dimasak dengan campuran rempah-rempah manis. 

Setelah daging dihancurkan dan dibumbui, dagingnya tanggul sampai wort menembus ke setiap serat daging. Daging yang sudah diungkep biasanya memiliki tekstur yang halus. Setelah daging bertekstur empuk, empal digoreng hingga kering atau bisa dimakan langsung tanpa harus digoreng lagi. 

12. Jojorong


Jojorong adalah makanan Sunda yang unik dan lezat alias adiktif saat dimakan. Kue jojorong terbuat dari pati pati, tepung beras dan isian gula merah cair. Sekilas, camilan sah ini mirip dengan puding, namun lebih lembut dengan penambahan santan di atasnya. 

Kue, yang ditumungi oleh daun pisang kecil, adalah camilan yang sangat populer di daerah Rangkasbitung, Banten. Jojorong berarti bahwa nama didorong / jorong sesuai dengan jenis makanan, yang harus dipromosikan dengan sendok sehingga mudah untuk mengambil. 

Tekstur kue Jojorong basah dan lengket. Tekstur ini tidak membuat Jojorong bertahan lama. Jika kue jojorong disiapkan di pagi hari, pada suhu kamar hanya bisa bertahan hingga sore hari. 

13. Mie Whipted


Mie whipted mudah ditemukan di Bandung, Jawa Barat. Mie ini berisi makanan khas Sunda yang unik karena pengolahannya. 

Terbuat dari mie kuning, tauge, bakso dan kiki yang disiram dengan kaldu sapi. Biasanya mie whippeaked disajikan dengan penambahan daun seledri, daun bawang dan bawang panggang. 

Asal usul nama mie yang dipukuli berasal dari proses memasak. Mie ini dimasak dengan mengocok mienya dalam wadah khusus sambil dicelupkan ke dalam air panas. 

Mie kuning memiliki ukuran datar dengan tekstur yang lembut. Untuk makan mie kocok, itu menjadi sesuatu yang istimewa, beberapa orang biasanya memberikan kecap manis dan sambal ke kaldu. Spesialisasi Jawa Barat yang paling terkenal. Tonton juga Video Ondel Ondel Betawi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel