8 Tips Menanam Wortel di Pot Agar Tumbuh Subur dan Cepat Panen

Tips Menanam Wortel di Pot Agar Tumbuh Subur dan Cepat Panen - Wortel adalah jenis sayuran walaupun masih dalam bentuk sebuah ubi-ubian. Jadi wortel adalah salah satu sayuran yang cukup mudah unuk ditanam sendiri di rumah. Apalagi jika sahabat tinggal di daerah pegunungan atau dataran tinggi, maka dalam menanam wortel akan lebih mudah dan cepat tumbuh dengan subur. Tak lepas dari itu, bukan berarti menanam tumbuhan wortel di dataran rendah berarti itu nggak bisa ya!. Kita tetap bisa kok menanam wortel di dataran rendan asalkan dengan cara yang tepat, sahabat juga bisa menanam tanaman wortel dengan mudah lho, di dataran rendah atau di lingkungan rumahmu. 

Tips Menanam Wortel di Pot

Tips Menanam Wortel di Pot

Kali ini kami akan berbagi tips cara menanam wortel di rumah dengan medium pot atau polybag. Pada dasarnya tanaman wortel memang mudah tumbuh jika langkah-langkah yang kita lakukan sudah benar, namun kalau caranya masih salah tentu akan mendapatkan hasil yang tidak bagus, oleh karena itu untuk sahabat yang pertama kali bercocok tanam wortel dapat menyimak beberapa tips berikut ini! Yuk, simak!

1. Sebelum menanam, kenali karakteristik wortel

Kenalapa hal ini penting? dengan kita mengenali karakteristik wortel ini nantinya kita akan memperhatukan dari kandungan tanah, suhu udara, curah hujan, kelembapan udara, dan juga pencahayaan sinar matahari. Adapun untuk jenis tanah yang baik untuk menanam wortel harus memiliki kandungan asam yang cukup yaitu sebesar 5,5 sampai dengan 6,5 pH. Jika kandungan tanah belum menyentuh angka tersebut, maka sahabat harus menggarap tanah terlebih dahulu dengan memberikan sebuah pupuk perangsang keasaman.

2. Selalu pilih bibit Wortel Unggulan

Untuk mendapatkan bibitnya maka sahabat bisa membelinya di toko pertanian atau  bisa membuatnya sendiri dari sisa-sisa dapur. Sebelum kita menuju ke pembahasan cara menanam tumbuhan wortel yang benar, ada baiknya sahabat memperhatikan terlebih dahulu kualitas bibit wortel yang akan ditanam. 

Setidaknya, ada dua cara yang perlu sahabat perhatikan agar bisa mendapat bibit wortel yang berkualitas baik. Pertama, sahabat bisa memilih biji wortel unggulan yang tahan hama dan dari penyakit jika membeli di toko pertanian. 

Cara yang kedua, sahabat bisa mendapatkan biji wortel berkualitas terbaik dengan membuat bibitnya sendiri. Ya, singkatnya sahabat bisa memanfaatkan wortel dari sisa dapur. Begini caran pembuatannya:Pilih batang wortel yang menurut sahabat itu berkualitas dan wortelnya segar, silahkan Potong menjadi 1/3 ujung wortel. Pangkas daunnya dan sisakan ukuran 10 cm saja. Gimana, sangat mudah kan?

3. Siapkan media tanah yang Cocok 

Janganlupa unuk menyiapkan media tanam berupa pasi halus, campuran tanah, tanah merah, dan kompos ke dalam pot yang sudah disediakan. Satu pot biasanya bisa diisi oleh dua bibit dengan jarak 3 cm sediakan wadah pot yang cukup dalam.

Perlu sahabat ketahui bahwa tanaman wortel merupakan jenis tanaman yang memiliki jenis akar yang dapat tumbuh ke dalam karena wortel merupakan tanaman jenis umbi-umbian. Jadi, siapkan pot yang ukurannya cukup besar dengan kedalaman sekitar 30-40 cm, agar wortel bisa tumbuh besar. Hindari penggunaan pot yang ukurannya kecil, karena wortel nggak bisa tumbuh dengan baik bahkan bisa tidak tumbuh sama sekali. 

Hal ini nggak berbeda jauh dengan sistem cara untuk menanam wortel di lahan terbuka. Adapun untuk media tanam yang paling cocok bagi tanaman wotel adalah campuran tanah, pasir halus, kompos, serta sedikit tanah merah. Sahabat hanya perlu memasukkan media tanam tersebut ke dalam pot yang sudah disiapkan, sisakan juga bagian kosong di atas media tanam secukupnya ya. Setelah itu janganlupa untuk membuat lubang guna sebagai menaruh bibit wortel tersebut dengan jarak 3 cm. Setelah itu tutup kembali lubang dengan media tanam.

4. Siram Wortel Seperlunya

Penyiraman biasanya hanya untuk melembapkan tanahnya. Jadi kalian jangan menyiram terlalu sering ya! karena bisa menyebabkan wortelnya busuk. 

Apalagi wortel ini tidak seperti tanaman seledri yang mana jarang sekali terkena hama dan penyakit. Apalagi wortel adalah tanaman yang rentan dengan penyakit. Oleh karenanya, untuk cara yang tepat dalam menanam bibit wortel adalah sahabat mesti menyiram bibit wortel dengan air yang secukupnya dan pastikan tanaman wortelnya mendapat sinar matahari secara langsung. Tanahnya juga harus dijaga selalu lembap. Sahabat jangan terlalu sering menyiram wortel, lakukan penyiraman jika tanah sudah mulai mengering saja. 

Jika tinggi tanaman wortel sudah mencapai 3 cm sahabat boleh memangkas daunnya agar tetap terawat. Jika sudah panjangnya 8-10 cm, sahabat sudah bisa menambahkan pupuk. Baik itu dalam bentuk pupuk cair maupun pupuk kering dengan interval 1 kali dalam 2 minggu ya!.

5. Tambahkan pupuk secukupnya 

Pada usia tertentu, tanaman wortel akan mampu tumbuh dengan ditandai ukuran daun yang mulai memanjang. Pada ukuran 8-10 cm cobalah kalian untuk menambahkan pupuk pada tanaman wortel tersebut. Tentu saja pilihan dari pupuk yang akan digunakan seperti pupuk cair. 

Namun, sahabat juga harus menggunakan pupuk dengan dosis yang tidak terlalu berlebihan. Cukup berikan pupuk 1 kali dalam 2 minggu. Penggunaan nutrisi tambahan seperti pupuk organik cair atau MSG ajinomoto dapat diterapkan saat tanaman wortel berada pada fase vegetatif atau fase pertumbuhan.

6. Pertimbangkan Cahaya Matahari 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tempatkan pot/polybag pada tempat yang terjangkau oleh cahaya matahari. Hal ini untuk meningkatkan kualitas dan kesuburan tanah. Biasanya tanaman jenis ini membutuhkan cahaya matahari sekitar 9 jam setiap hari.

7. Selalu perhatikan saluran pembuangan air atau drainase dalam pot

Wortel sangat rentan dengan serangan jamur dan penyakit, terutama jika sistem pembuangan air dalam pot tidak baik. Jika hal ini terjadi, kamu harus memperbaiki saluran pembuangan air dalam pot agar nggak terlalu lembap. Jika wortel terserang jamur, gunakan cairan anti jamur yang terbuat dari belerang atau serbuk kayu manis.6. Wortel harus dipanen jika usianya sudah mencapai 2 sampai 2,5 bulan. Kalau sampai telat panen, rasa wortel bisa berkurang dan teksturnya bakal keras 

 8. Panen Wortel tepat waktu 

Sahabat harus memanen wortel tepat waktu untuk mendapatkan rasanya yang manis. Hindari keterlambatan memanen karena bisa menyebabkan wortel memiliki tekstur lebih keras dan rasanya yang nggak lagi manis karena wortel yang terlalu tua. Biasanya wortel seperti ini kurang laku di pasaran. 

Nah, itulah 8 Tips Menanam Wortel di Pot Agar Tumbuh Subur dan Cepat Panen yang dapat kami sajikan. Gimana, cukup mudah bukan untuk cara perawatannya? Nggak kalah mudah dengan menanam bawang merah, bukan? Semoga artikel ini bisa membantumu untuk bercocok tanam dan menghasilkan wortel yang segar dan bisa kamu konsumsi setiap hari ya!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel