7 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube di Tahun 2022 - Cuan Ratusan juta!

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube di Tahun 2022 sampai ratusan juta perbulan - Kita tahu bahwa dijaman sekarang ini sangat mudah untuk bisa menghasilkan uang dari Internet teruma pada platform Youtube, Tikttok, facebook dan lainnya. Youtube adalah sebuah web berbagi video dan media ini tidak hanya untuk berbagi konten video saja, melainkan YouTube juga bisa menjadi ladang penghasilan cuan yang berlimpah. Apakah Anda pensaran bagaimana caranya? yuk simak cara menghasilkan uang dari YouTube berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Dijaman digital sekarang ini semakin mudah orang-orang bisa menghasilkan uang dari internet, termasuk salah satunya dari media YouTube. Tentunya, kalian sudah tak asing lagi bahkan sudah akrab dengan platform berbasis web video sharing yang satu ini.

Youtube didirikan oleh tiga orang mantan karyawan dari PayPal pada tanggal Februari 2005, yang mana YouTube kini telah menjadi salah satu media online yang populer dan paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Pada awalnya, para founder Youtube membuat media YouTube sebagai situs kencan online. Namun setelah mereka menganalisa pasar, bahwa YouTube pun beralih menjadi situs besar dengan tujuan berbagi video online.

Siapa sangka, bahwa sekarang ini YouTube bahkan sudah menjadi wadah bagi banyak orang untuk bisa menghasilkan pundi pundi cuan berlimpah. Lantas bagaimana sajakah untuk caranya? Yuk, silahkan Anda simak cara agar bisa menghasilkan uang dari media YouTube yang ada di bawah ini!

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Buat kalian yang hobinya tampil di depan kamera maka cara yang satu ini bisa Anda coba untuk menjadi seorang Youtuber dan nantinya Anda akan bisa menghasilkan uang dari YouTube.

Pasalnya,di Youtube ini terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan bergabung di YouTube Partner Program (YPP), jual jasa beli jam tayang youtube, bahkan bisa menjadi influencer di YouTube, bisa juga membuat layanan beli jam tayang youtube dan masih banyak hal lagi. Untuk lebih jelasnya, yuk baca ulasannya untuk cara menghasilkan uang dari YouTube selengkapnya yang ada di bawah ini!

1. Gabung di YouTube Partner Program (YPP) (Google Adsense Youtube)

Partner YouTube Program (YPP) adalah sebuah program yang sudah dirancang khusus sehingga memungkinkan bagi kreatornya bisa mendapatkan uang dari berbagai video yang telah diunggah dan layak monetisasi.

Buat Anda selaku kreator dalam YPP, maka bisa memperoleh pendapatan dari tayangan iklan yang ada di Video Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan akses Merch Self (galeri merchandise), Super Chat, Super Stickers dan Channel Memberships, hingga YouTube Premium. Namun dalam hal ini perlu diketahui bahwa ada beberapa syarat atau kriteria yang harus Anda penuhi terlebih dahulu sebelum berganung di YPP.

Persyaratan tersebut diantaranya:

  • Anda tinggal di negara/wilayah Program Partner YouTube (YPP) tersedia.
  • Channel Youube Anda setidaknya memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik selama setahun terakhir.
  • Akun Youtube Anda memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
  • Memiliki akun AdSense yang aktif dan bisa ditautkan ke Channel Yotube Anda.

2. YouTube Premium

Cara yang kedua yaitu jika Anda adalah pengguna dari YouTube, tentunya Anda sudah mengetahui dari program YouTube Premium, yakni sebuah layanan berbayar yang juga ditawarkan oleh pihak YouTube. Dengan cara orang membayar YouTube premium, dan nantinya orang tersebut menonton video Anda maka Anda selakukan content creator akan bisa menghasilkan uang, walaupun video yang di tonton orang tersebut tidak tayang iklannya. 

jadi, jika Anda sudah terdaftar di YPP, tentu Anda akan berkesempatan untuk dibayar oleh pihak YouTube. Dalam hal ini Anda cukup buat konten yang  menarik, unik dan bisa dinikmati oleh pengguna YouTube maka Anda akan dibayar berdasarkan seberapa banyak para pengguna yang menonton kontenmu.

3. Jualan Merchandise

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa dengan Anda bergabung pada Partner YouTube Program (YPP), maka Anda bisa mendapatkan sebuah akses galeri merchandise. Melalui galeri ini pihak YouTuber akan bisa menjual merchandise dengan merek resmi miliknya di Channel YouTube.

Meskipun galeri ini sering tidak muncul di halaman video, tetapi nyatanya banyak para YouTuber yang telah menghasilkan banyak uang dari sini. Jadi galeri merchandise sendiri akan dapat menampilkan hingga 12 produk kepada para penontonmu di berbagai halaman video channel yang tentunya sudah memenuhi syarat.

4. Fan Funding

Cara yang ke empat yaitu Layaknya crowdfunding pada umumnya, Anda juga bisa mendapatkan donasi dari para audiens atau penggemarmu di YouTube. Apabila Anda sudah memberikan konten yang bagus dan unik biasanya audiens akan menyukai serta mendukung kontenmu, tentu ada kemungkinan bahwa mereka juga akan bisa secara sukarela memberikan dana kepadamu.

Jika Anda sudah mendapatkan pendanaan, diharapkan Anda juga berkomitmen dan berjanji untuk membuat konten video yang lebih baik tentunya lebih bermanfaat lagi. Dengan demikian, para donatur pun akan merasa tidak sia-sia dan tidak kecewa telah menjadi penggemarmu yang setia.

5. Lisensikan Konten YouTubemu

Cara yang kelima untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan memberi lisensi kontenmu yang telah diunggah di YouTube. Tentu ini sangat cocok bagi Anda yang bisa membuat video trenidng dan viral dengan daya tarik massal.

Biasanya seperti Studio Musik, Media TV, online, dan pembuat konten-konten lainnya yang mungkin akan menghubungimu mengenai hak dalam menggunakan video viral tersebut. Bahkan Anda juga bisa mendaftarkan videomu di beberapa platform Jual Beli Video seperti Jukin Media agar konten lebih mudah untuk ditemukan oleh banyak orang dan dibeli mereka.

6. Menjadi Seorang Influencer

Cara yang ke enam yaitu Anda bisa menjadi Influencer marketing, hal ini adalah salah satu strategi pemasaran online yang sudah sering digunakan oleh banyak merk /brand ataupun perusahaan. Bahkan tidak hanya dilakukan di media sosial seperti Facebook, Pinterest, Instagram dan Tiktok, Anda juga bisa menjadi seorang influencer di YouTube, apalagi jika subscribers-mu sudah mencapai ratusan ribu hingga jutaan!

Dari profesi inilah, para YouTuber akan bisa mendapatkan tawaran endorse produk dari brand brand maupun jasa. Biasanya jumlah uang yang akan didapatkan dari jasa endorse ini sebetulnya tergantung dengan kesepakatan Anda dengan klienmu.

Dalam hal ini akan lebih baik lagi, jika kesepakatan dibuat dari awal, maka dari itu Anda harus menetapkan rate card sehingga pendapatanmu dari jasa endorse bisa lebih jelas. Sekedar informasi ya buat kalian yang masih newbi, rate card sendiri adalah sebuah daftar tarif yang ditawarkan oleh seorang influencer kepada kliennya.

7. Menjadi Affiliate Marketer

Tahukah Anda bahwa kini sudah banyak sekali affiliate marketer yang sudah menghasilkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam setiap bulannya. Sebagai seorang YouTuber Anda juga bisa menjadi seorang affiliate marketer dengan membagikan link kalian ke dalam deskripsi atau video di unggahanmu.

Cukup Anda buat konten yang relevan dengan link produk affiliate marketing tersebut yang ingin Anda bagikan. Anda jua bisa buat konten soft-selling sehingga dalam hal ini para penontonmu akan dapat merasa percaya 100% dan juga mereka berkeinginan untuk membeli produk atau jasa dari link rekomendasimu tersebut. Alhasil, Anda akan bisa mendapatkan sejumlah komisi dari pihak affiliate marketing tersebut. Tentu cara ini sangat menguntungkan bukan? Jadi jangan sampai Anda tidak mencobanya ya.!

Akhir Kata

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba melalui cara bermain affiliate marketing, bisa memanfaatkan marketplace seperti Lazada,  Shopie, Tokopedia  yang saat ini masih ada program affiliate yang menawarkan komisi paling menarik sampai saat ini!

Jadi itulah beberapa kumpulan cara menghasilkan uang dari YouTube. Lantas dari deretan 7 cara di atas, maka cara mana yang ingin Anda coba pertama kalinya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel