10 Keunggulan All New Vario 160 Terbaru 2022 yang Menarik untuk Diketahui!

All New Vario 160 Terbaru 2022 -  Halo sahabat Mediasiana, pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang 10 keunggulan dari Honda Vario 160 yang sudah rilis di tahun 2022. Bukan Cuma dari segi Mesin dan fiturnya jenis All new Honda Vario 160 ini menjadi penerus motor skutik yang suda ada pada tahun 2006 yang lalu. Bahkan pada generasi keenam ini, motor baru Vario ini mendapat sejumlah ubahan dan adanya pembaruan fitur dibandingkan dengan model Honda Vario 150 yang sudah dirilis pada tahun 2018. 

Keunggulan All New Vario 160

Keunggulan All New Vario 160

Tentu hal ini sangat Menarik dibahas mengenai pembaharuan pada produk motor Vario yang baru ini. Sebab pabrikan mengklaim di setiap generasi Vario akan terus mengalami peningkatan dari fitur dan tentunya ada beragam penyempurnaan. Lantas apa saja yang baru dari model All New Vario 160 ini? Mari kita ketahui bersama dari 10 keunggulan Honda Vario 160 baru berikut ini. 

1. Dimensi Membesar

Berbicara ukuran dimensi dari jenis Honda Vario 160 yang apabila dibandingkan dengan tipe Honda Vario seri 150 tentu ukurannya jauh lebih besar. Bahkan dari foto juga tampak body Honda Vario 160 itu tampil lebih membengkak, lebih tebal dan berisi. Namun rupanya untuk dimensinya juga tak berubah banyak. 

Bahkan untuk panjangnya melebihi yang seri 150 dari awalnya itu 1.919 mm ke 1.929 mm, adapun untuk lebarnya tetap yakni 679 mm, adapun untuk tingginya dari 1.062 mm juga menjadi 1.088 mm. Jadi besar kemungkinan untuk peningkatan ketinggian dari penggunaan ukuran ban yang jauh lebih besar sehingga dalam hal ini mampu mendongkrak tinggi motor All New Vario 160. 

2. Pakai Rangka Baru eSAF

Untuk rangka Honda Vario 160 ini menggunakan platform yang baru yaitu eSAF yang sebelumnya sudah diaplikasikan di Honda BeAT, Honda Scoopy dan Honda Genio. Maka untuk rangka ini jauh lebih ringan sekitar 1,1 kilogram dari ukuran sasis terdahulu. Tentunya hal ini untuk meningkatkan stabilitas dan kelincahan motor.

Maka dalam hal ini sasisnya kini bukan berbentuk seperti pipa, melainkan juga terbuat dari lembaran baja yang sudah dipress kemudian dilas laser. Untuk benefit lain yaitu penggunaan platform eSAF adalah menjanjikannya bisa durabilitas yang tinggi, serta lebih tahan defleksi atau pembengkokan apabila adanya benturan dalam penggunaan motor yang ekstrem.

3. Mesin eSP+ 4-katup serupa Honda PCX 160

Selanjutnya untuk unsur penting dari Motor Honda Vario 160 adalah adanya penggunaan mesin yang baru, makanya dalam hal ini ada embel-embel angka 160, seperti halnya pada Honda PCX 160. Sebenarnya Kedua produk tersebut juga menggunakan dapur pacu yang tentunya sama yaitu berupa eSP+ yang berkonfigurasi pada 4-katup. Jadi, sebelumnya di tipe Honda Vario 150 masih eSP biasa ada 2-katup. 

Bahkan dari kubikasi mesin juga meningkat dari yang awalnya 149,3 cc telah menjadi 156,9 cc. Bagian dalamannya tetap SOHC dan berpendingin sebuah cairan. Karena untuk kapasitas isi silindernya juga makin prima, untuk tenaganya juga naik 2,3 PS dari 13,1 menjadi 15,4 PS. Namun untuk torsinya tidak begitu melonjak yang awalnya dari 13,4 menjadi 13,8 Nm. 

4. Honda Vario 160 Sudah Rem Cakram Belakang 

Peningkatan fitur lainnya pada Vario 160 ini yaitu hadirnya rem cakram di roda bagian belakang. Semula untuk jenis Vario 150 belum ada sistem pengereman ini. Disinyalir hal ini karena banyaknya masukkan dari pelanggan Honda Vario yang menginginkan adanya rem cakram bagian belakang, tentu ini dapat bekerja lebih optimal dan untuk menghindari decitan.

5. Pakai Ban Gambot Bikin Lebih Gemuk

Untuk ban yang digunakan di Honda Vario 160 ini jauh lebih besar dan lebar. Tujuannya yaitu selain menyesuaikan penampilannya yang super besar dan gagah juga untuk mengejar kestabilan motor saat dikendarai, serta agar pendistribusian tenaga dari arah  mesin ke roda jauh lebih baik. 

Ukuran ban naik secara signifikan, dari awalnya untuk roda depan hanya 90/80 menjadi 100/80. Sementara ban belakang 100/80 menjadi 120/70. Maka ban baru tadi bisa menyelimuti pelek palang Y yang sudah dilabur dengan warna coklat kehitaman dan untuk hitam tergantung dari tipenya. 

6. Honda Vario 160 Dilengkapi ABS

Bagian rem cakram belakang hanya tersedia di varian yang tertinggi dan sudah disematkan fitur rem ABS (Anti-lock Braking System) single channel di bagian cakram depan. Harga untuk membayarnya Rp28,5 juta. Jadi peningkatan fitur inilah yang telah menjadikannya semakin naik kelas dan disebut-sebut AHM sebagai skutik premium sporty.

Adapun untuk tipe CBS ini masih menggunakan rem belakang tromol. Dari segi harganya juga sudah disesuaikan, tetapi harganya masih terjangkau bagi yang menginginkan Honda Vario 160 ini namun tidak membutuhkan ABS. Harganya yaitu hanya Rp25,8 juta. 

7. Fitur USB Power Charger, Nggak Perlu Adaptor!

Fitur tambahan lain yang sebelumnya absen pada Vario 150 adalah adanya fasilitas pengecasan ponsel pintar. Tentu dalam hal ini bentuknya sudah port USB type-A, bukan soket lighter sehingga para pengguna motor tidak perlu menyiapkan adaptor tambahan. Tinggal bawa kabel casger saja sudah bisa. Akhirnya sekarang sudah ada chargeran di Honda Vario. 

8. Spion Baru dan Spakbor Depan Layaknya Motor Sport

Ada perintilan lainnya yang berubah yaitu desain knalpot beserta cover. Apabila diperhatikan lagi maka desain spionnya juga ikut berbeda, jadi seperti yang sudah dipasang di Honda PCX 160. 

9. Fascia Pakai DRL Baru

Kami setuju untuk fascia Honda Vario 160 tentunya makin sedap untuk dipandang. Karena hal ini tetap mempertahankan dual keen eyes atau sebuah lampu utama LED kembar dan juga disematkan rona daytime running light (DRL) baru yang mana desainnya itu ala-ala mobil mewah kekinian.

Lantas kenapa bisa begitu? Karena ini bukan LED bar biasa, bahkan desainnya juga berupa lampu LED alis di atas dari lampu utama, kemudian bagian ini juga sudah terpotong panel bodi moncong bagian depannya dan memanjang lagi hingga bagian housing lampu sein motor. Tentu hal ini menarik kan, ya!

10. Desain Belakang Sedap Dilihat

Selain dari bagian depan, tampilan bagian belakang dari Honda Vario 160 juga menarik untuk diperhatikan. Bentuknya juga jauh lebih menawan dibanding Honda Vario 150. Desain housing pada lampu dengan lekukan garis yang tegas dan ada sedikit lebih minimalis. Lalu juga sudah dipadukan dengan sepakbor layaknya motor sport dan sudah dilengkapi sein tangkai terpisah. 

Lantas perbedaan yang sangat signifikan lagi adalah pada posisi sepakbor depan dari Honda Vario 160 yang penempatannya itu mendekati lingkar atas ban depan layaknya seperti motor sport fairing. 

Akhir Kata

Nah itulah 10 Keunggulan All New Vario 160 Terbaru 2022 yang bisa kami ulas untuk Anda semua yang hobi dengan Motor merek Vario dari Honda ini. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi kepada sahabat Mediasiana yang saat ini ingin membeli motor itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel