Untung Rugi Kredit Mobil Murah Baru atau Bekas

Untung Rugi Kredit Mobil Murah Baru atau Bekas. - ‘Enaknya kredit mobil baru atau bekas ya?’ Anda yang berencana untuk membeli mobil pasti sering bertanya akan hal ini. Dibandingkan pembelian tunai kredit mobil murah kini jadi alternatif memiliki mobil yang lebih banyak dipilih. 

Untung Rugi Kredit Mobil Murah Baru atau Bekas

Untung Rugi Kredit Mobil Murah Baru atau Bekas

Alasannya simpel, dengan kredit Anda bisa memiliki mobil tanpa harus menunggu sampai tabungan terkumpul. Apalagi kebutuhan akan mobil cukup mendesak, seperti karena anggota keluarga bertambah dan mobilitas Anda cukup tinggi. 

Namun sebelum berani ambil kredit, Anda harus tahu apa saja untung rugi kredit mobil baru atau bekas. 

5 Keuntungan Kredit Mobil Murah Baik Baru atau Bekas 

Keuntungan Kredit Mobil Murah Baik Baru atau Bekas

Baik itu mobil baru atau bekas sebenarnya tidak jauh berbeda, karena pemilihannya bisa disesuaikan dengan jumlah dana yang dimiliki. Apabila Anda saat ini memiliki uang muka kurang mencukupi, maka mobil bekas jadi pilihan terbaik. 

Namun jika saat ini keuangan Anda cukup baik, tidak ada salahnya untuk kredit mobil baru. Keduanya memiliki beberapa segi keuntungan yang patut Anda simak berikut ini. 

1. Pengaturan DP dan Angsuran yang Fleksibel 

Kredit mobil murah yang kini banyak ditawarkan oleh perusahaan leasing memudahkan calon pembeli untuk mengatur sendiri uang muka dan angsuran. Fleksibilitas pengaturan angsuran ini bisa disesuaikan dengan kemampuan mencicil perbulannya. 

Anda yang ingin mendapatkan mobil sesegera mungkin bisa melakukan perhitungan kredit mobil di awal terlebih dahulu. Anda tidak akan terjebak oleh angsuran besar seperti yang banyak ditakutkan oleh masyarakat. 

2. Otomatis Mendapatkan Asuransi 

Keuntungan lainnya juga karena pembelian mobil akan langsung disertakan dengan asuransi. Jadi Anda tidak perlu mencari lagi perusahaan asuransi yang akan mengcover kebutuhan mobil disaat terjadi sesuatu. 

Anda tinggal memilih saja jenis asuransi apa yang ingin disertakan dan perhitungan biayanya akan dilakukan oleh pihak leasing. Tidak perlu lagi merasa rumit untuk menghitung sendiri. 

3. Manajemen Uang jadi Lebih Tertata 

Anda yang ingin memiliki keuangan lebih baik kredit mobil murah dari sekarang. Karena bunga yang didapatkan untuk angsuran rata-rata adalah bunga flat sehingga jika Anda membeli sekarang bunga jadi lebih kecil. 

Manajemen keuangan Anda juga akan tersusun lebih rapi. Sambil mengangsur Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan bulanan lainnya. Oleh sebab itulah pertimbangan masalah biaya kredit ini harus diperhitungkan sejak awal. 

4. Lebih Produktif Bagi Anda yang Membeli Mobil Niaga 

Tidak perlu berpikir ulang untuk kredit jika tujuan Anda membeli adalah untuk keperluan usaha. Sambil menggunakan mobil, usaha Anda akan jauh lebih produktif dan tentunya mendapatkan keuntungan besar. 

Keuntungan ini nantinya sebagian bisa digunakan untuk mengangsur dan sisanya digunakan untuk pengembangan usaha. Tidak heran, lebih banyak pemilik usaha yang membeli mobilnya dengan kredit dibandingkan tunai. 

5. Terasa Lebih Ringan 

Secara psikologis membeli mobil dengan uang tunai terasa berat. Anda sudah menabung selama bertahun-tahun, sedangkan harga mobil terus meningkat. Sekali mengeluarkan uang, jumlahnya sangat besar. 

Berbeda dengan pembelian secara kredit, uang yang dikeluarkan tidak terasa berat karena jumlahnya yang sesuai tabungan saat ini. Anda bisa menggunakan dana yang sudah dikumpulkan untuk kebutuhan lainnya. 

3 Kerugian Kredit Mobil Baru Bekas untuk Dipertimbangkan

Ada untung ada rugi, walaupun ada lima keuntungan yang akan Anda dapatkan saat kredit mobil murah namun ada juga kerugian yang jadi resiko. Faktor kerugian ini harus Anda pahami dengan baik agar tidak menyesal melakukan kredit. 

Apa saja kerugian yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Beban Angsuran Setiap Bulan 

Resiko pertamanya adalah angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya bisa menjadi beban tersendiri. Khususnya jika Anda membeli mobil untuk kebutuhan pribadi. 

Pasalnya mobil masih belum menjadi milik sendiri melainkan perusahaan leasing atau bank. Anda harus melalui proses angsuran sesuai dengan waktu yang telah disepakati. 

Supaya Anda tidak merasa memiliki beban angsuran berat, maka carilah mobil dengan harga murah. Pastikan sumber penghasilan tetap Anda sudah stabil sehingga tidak mengalami masalah dalam mengangsur. 

2. Resiko Pengajuan Ditolak 

Baik itu kredit mobil bekas murah atau baru tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi. Apabila salah satu syaratnya tidak lengkap maka penolakan atau kegagalan pengajuan kredit bisa saja terjadi. 

Kerugian ini akan mempersulit Anda yang ingin mendapatkan mobil untuk kepentingan pribadi atau usaha. Trik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencari perusahaan leasing yang menawarkan kredit dengan syarat mudah. 

Pastikan lagi bahwa Anda sudah memenuhi semua syaratnya baru melakukan pengajuan. Mulai dari berkas dokumen sampai dengan bebas dari cicilan lainnya. 

3. Bunga dan Denda Jika Terlambat Mengangsur 

Apabila ditotal, harga beli mobil dengan tunai dan kredit tentu lebih murah tunai. Karena sistem kredit menerapkan bunga untuk setiap angsuran dan denda jika Anda terlambat mengangsur. 

Anda mungkin akan merasa dirugikan dengan bunga dan denda ini, tapi disisi lain Anda mendapatkan keuntungan untuk bisa menggunakan kendaraan dulu. Selama perencanaan keuangan sudah baik, maka tidak ada masalah akan bunga dan denda ini. 

Jangan jadikan angsuran menjadi beban hutang, karena sebaliknya kredit mobil murah memberikan kemudahan Anda untuk membeli di awal. Perusahaan leasing seperti Maybank Finance menawarkan kemudahan kredit ini untuk Anda. 

Mobil baru, mobil bekas, alat berat, pembiayaan syariah semuanya lengkap tersedia bagi Anda yang ingin kredit mobil tahun ini. Bahkan Anda bisa mengecek simulasi kredit untuk tahu berapa biaya angsuran dan DP yang harus dibayarkan. 

Jadi tunggu apalagi, pilih mobil yang Anda inginkan sekarang juga dan segera ajukan kredit mobil murah di Maybank Finance

Sumber: 

https://www.suara.com/otomotif/2021/08/09/120058/catat-ini-plus-dan-minus-kalau-ingin-beli-mobil-baru-secara-tunai-atau-kredit

https://www.cermati.com/artikel/keuntungan-membeli-mobil-secara-tunai-dan-kredit

https://www.otonesia.co.id/blog/post/pilih-membeli-mobil-bekas-atau-mobil-baru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel