Beikut 12 Tips Cara Menabung untuk Masa Depanmu!

Tips Cara Menabung untuk Masa Depanmu! - Banyak orang yang memiliki masalah ketika datang untuk menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Menabung sebenarnya sepele dan mudah, namun sering dilupakan karena berbagai alasan dan kebutuhan. Bahkan, dengan menabung, seseorang dapat mencapai situasi ekonomi yang lebih stabil dan mencapai tujuan ekonomi mereka.

Tips Cara Menabung untuk Masa Depanmu!

Tips Cara Menabung untuk Masa Depanmu!

Menabung adalah salah satu kegiatan yang paling sulit jika Anda tidak terbiasa. Tidak harus banyak, jika berjalan terus menerus dan konsisten, pada prinsipnya sedikit menabung bisa membawa keuntungan besar.

Menabung tidak harus dilakukan setiap kali menerima gaji setiap bulan, Anda bisa mempraktikkan kebiasaan menabung setiap hari. Menabung setiap hari akan menjadi kebiasaan yang perlu Anda praktikkan untuk mencapai tingkat ekonomi yang lebih tinggi dan mencapai tujuan ekonomi Anda atau untuk mencapai manfaat ekonomi besar lainnya di masa depan.

Menabung bisa menjadi budaya yang menyatu dengan kehidupan kita sehari-hari. Nah, apa-apaan ini? Mari kita gali lebih jauh dengan buku ini. Ada 12 cara untuk menabung dengan benar dan kreatif yang pasti bisa Anda praktikkan.

Nah, bagi yang merasa sulit untuk membiasakan diri menabung, cobalah menabung setiap hari. Agar lebih konsisten dan tidak terjebak di tengah jalan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa tips untuk menabung setiap hari, mari kita lihat ulasan di bawah ini!

1. Menabung Secara Manual

Menabung setiap hari adalah kebiasaan yang mudah dan sulit. Secara ekonomi, praktik ini tentu cukup sederhana, karena jumlah nominal yang dihemat biasanya tidak terlalu besar atau bahkan perubahan kecil. Namun, tanpa disiplin dan konsistensi, kebiasaan menabung sehari-hari dapat berhenti sebelum tujuan yang kita inginkan tercapai.

Untuk memulai aktivitas ini, Anda perlu membiasakan diri menabung secara manual. Artinya, setelah Anda menyelesaikan transaksi, Anda dapat menyimpan perubahan untuk menyimpannya.

Sekecil apa pun, jika Anda menabung secara teratur, isi celengan, yang diisi setiap hari, akan terisi penuh di kemudian hari. Bagian terpenting dari menabung adalah Anda harus menekan keinginan untuk menghabiskan semua pengeluaran harian Anda untuk selalu memiliki uang untuk ditabung setiap hari. Juga, jangan meremehkan sisa uang, terlepas dari jumlahnya.

2. Tetapkan sendiri tujuan untuk menabung

Anda dapat menetapkan tujuan untuk menghemat kegiatan, seperti.B perjalanan ke luar negeri atau 20 atau 50 juta dalam setahun untuk membeli mobil. Ada tujuan tabungan bulanan atau spreadsheet yang dirancang untuk memotivasi Anda untuk menabung lebih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga dapat membuat foto atau teks nomor tujuan dan memasukkannya ke dalam dompet atau celengan Anda. Jika Anda masih belum termotivasi, tambahkan foto tempat wisata dan rumah impian untuk meningkatkan disiplin menabung dan menjaga Anda dari mengulur-ulur waktu saat menabung.

3. Mulailah dengan nominal kecil

Menabung seperti setiap hari adalah langkah pertama. Ini dapat membangun keterlibatan dan niat, sehingga Anda terbiasa menabung setiap hari. Misalnya, Anda hanya dapat menghemat hingga $ 10.000 per hari. Meskipun terlihat kecil bila dikalikan dengan 365 hari / 1 tahun, Anda dapat menghemat lebih dari 3,6 juta dalam setahun.

Jika Anda dapat menyisihkan uang untuk menghemat lebih dari 10.000 sehari, misalnya, 20.000, maka isi celengan pasti akan mencapai lebih dari 7 juta. Jumlah besar ini hanya dapat dicapai jika sisa pembelian, yang mungkin tidak lagi diperlukan setiap hari, disisihkan.

4. Sisa uang saku

Cara cepat bagi siswa untuk menabung adalah, tentu saja, untuk menghemat uang saku setiap hari. Jika Anda sudah memiliki anak, Anda dapat secara bertahap mengajari anak Anda untuk menabung. Uang saku juga bisa disisihkan untuk pembelian makanan ringan, transportasi atau alat tulis. Sisa uang panggilan dapat ditempatkan di celengan atau rekening tabungan.

Siswa dapat menghemat $ 5.000 - $ 10.000 per hari dengan mengurangi pengeluaran untuk makanan ringan mereka dan meningkatkan jumlah untuk penghematan. Jika Anda rutin menyimpan uang di tempat yang aman, bukan tidak mungkin siswa membeli barang yang diinginkan dengan tabungan mereka.

5. Kolam Koin

Koin sering dianggap sepele bagi banyak orang dan sering ditempatkan di mana-mana dan bahkan dapat tersebar. Namun, jika Anda ingin menabung, jangan sia-siakan koin yang Anda miliki. Ini bisa menjadi cara tambahan untuk mengumpulkan uang dengan cara yang benar dan pada tabungan yang ditargetkan.

Simpan uang receh yang tersisa di dompet atau celengan khusus untuk menyimpan koin. Tips untuk menyimpan celengan relatif sederhana, karena Anda hanya perlu memasukkan koin ketika Anda ditinggalkan dan bahkan tidak perlu menetapkan tujuan. Bukan tidak mungkin untuk mendapatkan 1 juta dalam sebulan dengan menabung seperti ini.

6. Pesan porsi makanan lebih kecil dari biasanya

Tip lain untuk membiasakan menabung setiap hari adalah memesan makanan dalam porsi dan harga yang kecil. Tips yang diberikan oleh Nerd Wallet ini tidak dibuat tanpa alasan.

Kiat-kiat ini tidak membuat kita pelit tentang diri kita sendiri, membeli makanan dalam jumlah kecil dapat mencegah Anda dari berpotensi membuang-buang makanan atau membeli lebih banyak makanan daripada yang Anda butuhkan. Ingatlah bahwa membuang makanan adalah buang-buang uang. Tentu saja, lebih baik menghemat uang daripada membuang uang dari makanan yang tersisa.

Jika ini tidak memungkinkan, sisihkan setengah porsi untuk makanan Anda berikutnya. Namun, berhati-hatilah bahwa ini tidak menyebabkan kekurangan gizi atau penurunan berat badan yang berbahaya.

7. Manfaatkan moment diskon

Belajar menabung bukan berarti tidak bisa menikmati hidup sama sekali. Tentu saja, karena kesibukan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari lainnya, terkadang Anda membutuhkan kegiatan menyenangkan lainnya untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Cobalah untuk memanfaatkan diskon hiburan untuk mengurangi biaya sehingga kegiatan ini tidak mengganggu kebiasaan menabung harian Anda.

Plus, pilih tempat nongkrong yang ramah dompet sehingga Anda dapat menghemat uang setiap hari. Jika perlu, tahan godaan untuk terhubung dengan orang-orang yang tidak terlalu dekat atau teman, dan bersenang-senanglah dengan seseorang yang benar-benar dapat membuat hidup Anda lebih nyaman. Jadi Anda juga bisa menikmati hidup, bahkan jika intensitas liburan atau bersenang-senang dapat dikurangi.

8. Kurangi belanja online

Belanja online adalah salah satu cara paling populer bagi banyak orang saat ini untuk memenuhi semua kebutuhan mereka. Padahal, kemudahan dan manfaat platform layanan membuat kebutuhan sehari-hari terpenuhi dengan belanja online.

Namun, ketika Anda berbelanja online, karena godaan kepraktisan, seringkali sulit untuk menolak membeli barang-barang lain yang melampaui kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk membeli barang lain karena terkesan impulsif karena Anda dapat dengan mudah melihat apa yang dijual oleh penjual. Akibatnya, pengeluaran meroket, melonjak, dan tidak ada uang untuk ditabung.

Oleh karena itu, untuk menghindarinya, Anda perlu membatasi diri agar tidak menjadi kecanduan setiap kali berbelanja. Jika perlu, buat daftar barang yang ingin Anda beli, lalu pesan hanya barang-barang itu.

9. Transfer uangmu ke rekening

Menabung di rumah setiap hari adalah langkah pertama untuk mengembangkan kebiasaan menabung. Jika Anda menghemat banyak uang setiap hari, jangan lupa untuk mengirimkannya ke rekening bank yang Anda miliki untuk keamanan tambahan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghindari penggunaan asparagus dari mereka yang sulit diselamatkan.

Juga, sesuaikan program atau jenis tabungan yang dipilih. Misalnya, Anda dapat meminta deposit untuk mendapatkan bunga atas manfaat tabungan Anda, atau Anda dapat bergabung dengan rekening tabungan tetap dan akun Anda akan secara otomatis dipotong agar kebiasaan tabungan Anda berhasil.

10. Simpan uangmu deng cara ikut Arisan

Tentu saja, Anda sudah tahu apa itu Arisan. Arisan bukan hanya cara memperdalam pertemanan, tetapi juga cara untuk konsisten menabung. Secara tidak langsung, Anda harus mengeluarkan uang setiap bulan untuk membayar acara kumpul-kumpul.

Misalnya, jika Anda membuat Arisan dengan 20 orang mengumpulkan $ 300.000 setiap bulan. Artinya, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 6 juta. Bukankah itu bagus? Tentu akan sulit jika anda perlahan-lahan membayar arisan, tidak hanya persahabatan anda yang sedikit tegang, tetapi juga nama baik anda yang mendung.

11. Memiliki teman dengan pikiran yang sama

Anda tidak hanya bisa terbiasa menabung, tetapi Anda juga dapat meningkatkan motivasi dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki pemikiran serupa. Tidak dapat disangkal bahwa lingkaran teman kurang lebih membentuk kebiasaan dan cara berpikir seseorang. Misalnya, jika Anda sering bertemu dengan penjual parfum, Anda juga akan memiliki aroma harum dari penjual parfum.

Bertemu teman-teman yang memiliki gaya hidup yang sama dapat membantu Anda mempertahankan kebiasaan ini. Jadi kebiasaan menabung tidak hilang begitu saja, apalagi berhenti.

Terutama dalam hal keuangan, berteman dengan orang yang mengkonsumsi dan gaya hidup kelas atas membuat sulit untuk mengelola keuangan dan menabung lebih banyak. Jadi berteman tidak selalu berarti buruk, selama itu membuat Anda menjadi orang yang baik dan mendukung gaya hidup yang lebih baik.

12. Simpan dengan jumlah yang telah di tetapkan

Mungkin Anda masih merasa bingung ketika harus menabung sehari. Anda dapat mencoba menyimpan jumlah nominal yang sama dengan tanggal atau jumlah yang sama dengan tanggal hari ini. Misalnya, jika Anda mulai menabung pada 1 September, nilai nominalnya adalah Rp1.000, Rp11.000, Rp111.000, dan Rp1.111.000.

Seperti halnya tabungan berikutnya, pada tanggal pasti deposit harus tetap setelah nomor yang tercantum dalam kalender. Kegiatan ini dapat dilaksanakan selama sebulan dari tanggal 1 hingga 29. Anda dapat beristirahat sejenak pada tanggal 30 dan 31. Cara menabung sejak dini ini sangat ideal bagi siapa saja yang membutuhkan inspirasi untuk menabung.

Akhir Kata

Itu adalah tentang Tips Cara Menabung untuk Masa Depanmu!  Semoga dengan artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menabung dalam waktu yang lama dan singkat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel