11 Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Cerdas untuk Pemula

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Cerdas untuk Pemula - Dengan adanya Kartu kredit saat ini adalah bukti kecanggihan keuangan modern, siapa yang tidak tahu kemudahan menggunakan kartu kredit? Cukup dengan menggunakan kartu dan transaksi telah berhasil diselesaikan. Tidak hanya kemudahan bertransaksi, kartu kredit biasanya juga menawarkan banyak diskon dan cashback untuk setiap kali pemakaian.

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Begitu banyak nilai tambah yang ditawarkan kartu kredit kepada penggunanya, tetapi tahukah Anda jika Anda tidak pintar menggunakan kartu kredit, akan menjadi bumerang bagi penggunanya, apalagi tak pandai dalam memanajemen keuangan mereka. Kebanyakan orang berpikir bahwa kartu kredit adalah tempat untuk berhutang karena dengan kemudahannya orang - orang yang benar-benar banyak menggunakan transaksi melalui kartu kredit bisa kewalahan ketika mereka harus membayar tagihan.

Alasan mengapa kartu kredit sangat populer di kalangan orang

● Pembayaran cicilan 0%. Ini adalah salah satu hal paling populer di antara pemegang kartu kredit potensial. Tingkat 0% difasilitasi daripada membeli barang secara langsung.

● Dapat membayar cicilan kartu kredit dengan pembayaran minimum. Tahukah Anda bahwa kartu kredit memberikan keringanan pembayaran setiap bulan? Anda dapat membayar nilai minimum jumlah faktur bulanan.

● Dapat mengkondisikan pembayaran berkala. Jika Anda memiliki tagihan utilitas, telepon, dan lainnya, bank pertama-tama akan membayar seluruh tagihan Anda dengan mengurangi batas kartu kredit. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membayar tagihan secara individual.

● Diskon dan hadiah. Semakin sering kartu kredit digunakan, semakin banyak poin atau hadiah yang Anda peroleh. Poin-poin ini dapat ditukar dengan hadiah langsung yang disediakan oleh bank tempat Anda membuat kartu kredit.

Mendapatkan kartu kredit untuk pertama kalinya adalah hal yang sangat beruntung. Biasanya, Anda memiliki seribu paket dengan kartu kredit baru. Kesalahan dalam penggunaan kartu kredit biasanya dilakukan oleh banyak pemegang kartu kredit yang tidak berpengalaman. Nah, berikut adalah cara menggunakan kartu kredit pintar untuk pemula sehingga Anda tidak berhutang dengan kartu kredit.

Tips menggunakan kartu kredit untuk pemula

Pada dasarnya, kartu kredit adalah alat pembayaran yang memudahkan Anda jika digunakan dengan bijak. Kartu kredit bisa menjadi salah satu alat untuk mengelola keuangan bulanan, yang terpenting ada banyak diskon dan cashback yang Anda dapatkan jika memilih untuk membayar dengan kartu kredit. Berikut cara menggunakan kartu kredit pintar untuk pemula.

1. Pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Ada banyak kartu kredit yang ditawarkan oleh outlet perbankan dengan berbagai penawaran menarik. Pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya jika Anda ingin menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback belanja.

2. Jangan meminjamkan kartu kredit kepada siapa pun

Jangan biarkan kartu kredit jatuh ke tangan orang lain. Meskipun paling dekat dengan Anda, ini tidak menghalangi penyalahgunaan kartu kredit yang Anda gunakan. Ini berakibat fatal jika kartu kredit digunakan tanpa kewajiban. Bisa jadi tagihan bulanan membengkak di luar rencana.

3. Jangan gunakan beberapa kartu kredit

Tidak masalah memiliki lebih dari satu kartu kredit. Tetapi yang perlu Anda ketahui, semakin Anda memiliki kartu kredit, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Setiap kartu kredit biasanya memiliki biaya administrasi tahunan, biaya keterlambatan, biaya pencetakan faktur, dan lain-lain.

Jika Anda tidak digunakan dengan bijak, banyak kartu kredit akan membuat Anda berbelanja lebih sering tanpa memikirkannya. Tagihan kartu kredit akan membengkak setiap bulan, ini akan menjadi tagihan, apalagi kartu kredit yang dimiliki oleh lebih dari satu.

4. Tutup atau non-AKtifkan kartu kredit yang jarang digunakan

Jangan terjebak dengan semua kenyamanan kartu kredit. Jika Anda sudah memiliki lebih dari satu kartu kredit, segera tutup yang tidak diperlukan. Tapi sebelum itu, pastikan seluruh tagihan sudah dibayarkan, ya.

5. Sesuaikan batas kartu kredit dengan pendapatan

Secara umum, kartu kredit memberi Anda batas dua hingga tiga kali gaji Anda. Misalnya, gaji 5 juta rupiah, maka bank akan menawarkan limit 7 juta rupiah. Namun, itu tidak berarti Anda harus melewati garis itu. Selalu gunakan kartu kredit dalam batas wajar dan pastikan tagihan tidak lebih tinggi dari gaji bulanan.

6. Gunakan kartu kredit untuk transaksi yang Anda mampu

Seperti yang dijelaskan di awal, kartu kredit bukanlah tempat utang. Kartu kredit adalah alat pembayaran yang memfasilitasi transaksi. Jadi jangan membeli barang-barang yang Anda tidak mampu untuk harga tunai.

Ini adalah ide yang baik untuk menggunakan kartu kredit untuk membayar hal-hal penting. Cara ini sangat ampuh untuk menghindari utang kartu kredit yang terlalu besar.

7. Penelitian pra-transaksi

Anda mungkin tergoda oleh promosi kartu kredit cicilan 0% atau diskon 70% dengan kartu kredit. Jangan tergoda, bahkan jika Anda menerima diskon dan suku bunga rendah, batas kartu kredit menurun sesuai dengan nilai barang.

Misalnya, beli smartphone seharga 5 juta rupiah dengan promo suku bunga 0%. Batas Anda akan dikurangi sebesar 5 juta rupiah. Ini sebagian besar tidak diketahui dari pengguna kartu kredit yang tidak berpengalaman.

8. Jangan menarik uang tunai dengan kartu kredit

Kartu kredit memiliki opsi penarikan tunai. Opsi ini sangat memungkinkan untuk mengambil uang tunai melalui ATM seperti pinjaman kilat. Di balik kemudahan penarikan uang tunai dengan kartu kredit adalah bunga besar sekitar 2,5% per bulan. Jika tagihan tidak dibayar tepat waktu, bunga akan terus tumbuh.

9. Jangan membayar tagihan minimum

Sekali lagi, kartu kredit menawarkan pembayaran yang mudah. Sebagai aturan, Anda diizinkan untuk membayar faktur minimum dari total faktur, misalnya, faktur minimum adalah 15% dari total faktur. Ini berarti Anda dapat membayar 15% dari total tagihan dalam sebulan. Tetapi metode ini sangat berbahaya bagi Anda karena bunga akan terus mengalir seiring waktu.

10. Periksa faktur bulanan dengan hati-hati

Setelah tagihan kartu kredit diterima melalui email atau surat, pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu. Periksa semua transaksi dalam sebulan sehingga tidak ada transaksi yang tidak Anda lakukan tetapi tercantum dalam faktur.

Setelah memastikan tidak ada tagihan "siluman" pada transaksi kartu kredit Anda, catat data penting yang tercantum. Tanggal penting ini biasanya adalah tanggal jatuh tempo faktur.

11. Rahasiakan detail kartu kredit Anda

Selalu ingat, kartu kredit adalah salah satu objek yang terkait dengan kejahatan, terutama pencurian. Itu akan terjadi tanpa disadari, jadi sangat penting untuk menjaga detail kartu kredit yang Anda miliki, seperti pin, nomor kartu kredit, dan detail pribadi pemiliknya. Juga, berhati-hatilah sebelum melakukan transaksi dan pastikan tidak ada yang mencurigakan tentang setiap transaksi. Jangan berbagi PIN kartu kredit Anda dengan siapa pun.

Akhir Kata

Setelah membaca ulasan diatas mengenai cara menggunakan kartu kredit untuk pemula, semoga Anda akan lebih pintar dalam menggunakannya. Namun, banyak kartu kredit yang memiliki kelebihan untuk diproses, ada banyak penawaran diskon dan promo seperti kartu kredit yang ada. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap promosi untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel