5 Kiat-Kiat Semangat Kuliah Online Yang Perlu Anda Ketahui!

Kiat-Kiat Semangat Kuliah Online - Adanya COVID-19 yang menyebar luas diseluruh dunia membuat aktivitas manusia terhambat, termasuk juga perkuliahan. Pandemi yang tak kunjung berhenti ini, membuat perkuliahan masih harus dilakukan dengan online/daring. Kuliah online tidak semudah yang kita pikirkan. Ada banyak kendala yang membuat perkuliahan secara online menjadi lebih berat/susah. Seperti, lebih sulit memahami materi, manajemen waktu yang berantakan, belum lagi masalah sinyal, perihal kampus yang tidak memberikan subsidi kuota, motivasi belajar yang hilang karena mempunyai menset yang salah.

Kiat-Kiat Semangat Kuliah Online

Kiat-Kiat Semangat Kuliah Online

Agar kuliah online tetap bisa dilakukan dengan optimal, ada beberapa tips yang harus kita tahu, diantaranya:

1. Buang Persepsi Kuliah Online=Libur

Kuliah online memang seperti libur panjang. Sehingga membuat kita malas untuk belajar. Kita beranggapan bahwa kuliah online itu santai, tanpa belajarpun kita pasti bisa jawab ujian dengan kerjasama bersama teman kita lewat Hp. Kita harus menanamkan persepsi bahwa kuliah online itu tidak sama dengan libur. Kuliah online harus sama seperti kuliah biasanya, hanya beda tempat, system dan suasana.

2. Manajemen Waktu

Mengatur waktu merupakan hal yang penting. Apalagi saat kuliah online kita harus memilih apa yang harus diprioritaskan, kuliah atau pekerjaan rumah. Kita harus pintar mengatur waktu. Waktu belajar, istirhat, dan libur. Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari akan membantu kita untuk mengatur waktu yang lebih efisien.

3. Catat Hal-Hal Penting

Simak penjelasan dari dosen, dan catat hal-hal penting dalam perkuliahan. Sehingga kita bisa mendapatkan poin-poin inti dari penjelasan tersebut dan lebih mudah ketika ingin belajar dilain waktu. Hal ini penting, karena zaman sekarang mahasiswa bukannya mendengarkan penjelasan dosen, malah sibuk foto, screnshoot, bahkan ada pula yang tidur.

4. Disiplin Mengerjakan Tugas

Membuat jadwal tugas yang harus diprioritaskan. Tugas dengan deadline lebih awal harus jadi prioritas. Tidak menunda-nunda untuk mengerjakan tugas karena sudah terlalu nyaman bermain Hp, atau sering liburan sampai lupa ada tugas yang menanti.

5. Cari Tempat Yang Nyaman Dan Aman

Kuliah online memang memberikan situasi dan rasa yang berbeda dari kuliah offline. Kita cenderung tidak konsentrasi. Maka dari itu, carilah tempat yang nyaman, jauh dari keramain. Ruang khusus belajar akan membuat mood kamu lebih baik.

Ditulis Oleh: Uli Qurrata A’yuni Candra (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....