Pengaruh Literasi Digital Terhadap Gen Z

Pengaruh Literasi Digital Terhadap Gen Z - Literasi digital merupakan kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan menggunakan perangkat teknologi, informasi, dan komunikasi, tetapi juga kemampuan bersosialisasi, kemampuan dalam pembelajaran, dan memiliki sikap, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetensi digital. Saat ini penyebaran informasi yang terjadi di dunia sangat cepat (Lingga dkk ,2022). Di zaman sekarang pengaruh literasi digital banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia terutama Gen Z.

 Pengaruh Literasi Digital Terhadap Gen Z

(Marisa, 2020) menjelaskan bahwa generasi Z mempunyai karakteristik yang berbeda dengan generasi X dan Y. Generasi Z mempunyai karakter yang ramah akan teknologi, multitasking dan singkat perhatian. Gen Z saat ini berada pada revolusi industri 4.0, dimana generasi Z merupakan generasi pertama yang tumbuh di dunia internet dimana kemampuan pemahaman mereka tentang akses informasi dan pandangan telah dibentuk berbeda dengan generasi sebelumnya. 

literasi Digital Gen z

Tabel 1.1 Literasi Digital Gen Z yang Tertinggi

Literasi digital berpengaruh positif terhadap hasil belajar didukung dengan kemampuan Gen Z dalam menggunakan teknologi. Literasi digital juga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa karena pada era industri 4.0 seperti saat ini Gen Z diharuskan untuk menguasai fitur digital, oleh karena itu Gen Z harus menguasai keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk menunjang pengetahuan. Selain itu Gen Z akan lebih mudah dalam memahami materi.

Ditulis Oleh: Hariz (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....