Peran dan Manfaat Fintech Bagi UMKM Berbasis Marketplace

Peran dan Manfaat Fintech Bagi UMKM Berbasis Marketplace - UMKM merupakan implikasi dari pembagian/kriteria usaha dalam konteks di Indonesia. Hal ini sangat penting mengingat kriteria tersebut akan memberikan dampak pada penentuan kebijakan usaha yang terkait. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(Sofyan,2017). 

 

Peran dan Manfaat Fintech Bagi UMKM Berbasis Marketplace

Seperti yang kita ketahui UMKM selalu menjadi sumbangsih peningkatan ekonomi bangsa,di tahun 2021 terdapat sebanyak 64 juta UMKM di Indonesia. Akan tetapi pada era serba digital hadirlah inovasi berupa marketplace yang membantu para UMKM dalam memasarkan produk mereka.

Bahkan pada saat pandemi covid-19, berdasarkan survey databoks pada Mei 2021 para UMKM banyak yang merasakan terbantu dalam memasarkan produk dan juga dapat memberikan banyak promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya karena hadir nya marketplace. Pada segi fitur pun marketplace memberikan kenyamanan transaksi yang aman bagi para UMKM dan juga konsumen dan yang paling terpenting marketplace mudah untuk digunakan. Saran saya kepada UMKM agar memanfaatkan fitur marketplace dengan sebaik mungkin agar dapat mengoptimalkan pendapatan usaha.

Ditulis oleh : Hariz (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel