3 Tips Mengatur Keuangan untuk Pelajar

Tips Mengatur Keuangan untuk Pelajar - Seseorang yang yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka akan berdampak di masa yang akan datang. dengan kita mempunyai perencanaan keuangan yang baik, kita bisa membedakan pengeluaran antara kebutuhan dan keinginan sehingga kita bisa dapat menyiapkan dan mewujudkan tujuan hidup kita. 

Berikut tips mengatur keuangan untuk pelajar 

Tips Mengatur Keuangan untuk Pelajar

1. Budgeting 

Budgeting adalah proses dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan. Budgeting sangat membantu untuk mengambil keputusan keuangan yang lebih baik. Budgeting juga mempermudah mengatur pengeluaran dan pemasukan pribadi. Ada banyak cara dalam budgeting, namun cara yang paling umum digunakan yaitu dengan cara 50:30:20. 50% untuk kebutuhan, 30%keinginan dan 20%investasi

2. Memiliki Habit Menabung

Menyisihkan pendapatan hari ini akan mengatisipasi untuk kebutuhan dimasa yang akan datang. Sebagian besar orang gagal dalam menabung karena tidak konsisten, maka yang perlu ditanamkan dalam diri sendiri yaitu untuk tidak boros dalam menggunakan uang, dan bedakan mana keinginan dan kebutuhan. 

3. Catat tujuan keuanganmu 

Mencatat tujuan keuangan sangat penting, misalkan untuk persiapan studi, menikah dll. Sehingga kita bisa memiliki kedisiplinan dalam mengelola keuangan. 

Alasan lain kenapa kamu perlu menguasai personal finance dan mengelola keuangan adalah karena hal tersebut dapat membantu kamu untuk membiasakan hidup teratur.

Penulis : Dhiya Qonita (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel