Produktivias Sebagai Suatu Kebiasaan

Produktivias Sebagai Suatu Kebiasaan - Prodi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Depok, Indonesia. Setiap harinya manusia melakukan aktifitasnya sehari-hari seperti bangun tidur, beribadah, belajar, bersosial, dan lain sebagainya. 

Produktivias Sebagai Suatu Kebiasaan

Produktivias Sebagai Suatu Kebiasaan

Akan tetapi tidak semua orang melakukan kegiatan yang bermanfaat, ada yang hanya bangun tidur, beribadah, makan, kemudian rebahan sambil bermain gawai, scroll Instagram dan Tiktok. Tentunya kegiatan seperti itu, tidaklah mengembangkan diri untuk bisa lebih mempunyai keahlian atau kemampuan skill, hanya sekedar mendapatkan kesenangan sesaat, kemudian selesai.

Manusia diberi anugerah untuk bisa mengembangkan diri menjadi lebih baiknya lagi ke depannya, atau dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat, salah satunya produktifvtas diri. Untuk orang yang sudah telaten dengan sebuah kesibukan, mungkin tidak asing dengan kata produktivitas, karena itu merupakan kebiasaan yang pastinya sudah dilakukan oleh semua orang yang mempunyai kesibukan.

Apa sih produktivitas itu? Pada dasarnya, kata produktivitas adalah kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris, yaitu productivity. Namun, productivity itu sendiri adalah gabungan dari dua kata yang digabung menjadi satu, yaitu product dan activity. Jadi arti produktivitas adalah suatu bentuk aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan suatu produk barang atau jasa. Itu arti produktivitas menurut bisnis. Sedangkan secara umum adalah kemampuan setiap orang, sistem atau suatu perusahaan dalam menghasilkan sesuatu yang diinginkan dengan cara memanfaatkan sumber daya secara efektif dan juga efisien.

Banyak kegiatan produktifitas yang bisa dilakukan, seperti mereview pelajaran sekolah atau kuliah, melakukan kegiatan sosial, mengadakan Event Organizer, mengembangkan soft skill, dan lain sebagainya. Semua kegiatan tersebut membawa manfaat bagi diri kita masing-masing, seperti mendpatkan relasi baru, ilmu pengetahuan, menajamkan kecerdasan pada mata pelajaran/mata kuliah.

Untuk bisa melakukan kegiatan produktivitas bahkan menjadikannya kebiasaan memerlukan ketekunan yang sungguh-sungguh dan komitmen yang kuat. Banyak yang sudah mulai melakukan kegiatan produktivitas, akan tetapi setelahnya tidak melakukan produktivitas kembali. Kita boleh capek dan lelah dengan kegiatan produktivitas, tetapi setelahnya kita harus tetap berproduktivitas kembali, agar terus terbiasa dan menjadi kebiasaan.

Oleh karena itu, mulailah terbiasa untuk produktif, agar produktivitas tersebut menjadi kebiasaan kita ke depannya. Terutama yang masih berada di usia produktif, sangatlah penting untuk berproduktivitas, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Ditulis Oleh: Muhammad Fadhil Nurhidayat (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel