15 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah manggis sangat bagus untuk tubuh kita. Buah manggis adalah buah yang biasa tumbuh di iklim tropis dan banyak ditemukan di Negara Indonesia. Selain rasa dagingnya yang manis ternyata kulit manggis juga terdapat manfaat yang luar biasa untuk bahan obat herbal. Pembahasan topik tentang : 

  • manfaat buah manggis untuk ibu hamil
  • manfaat buah manggis untuk kecantikan
  • manfaat buah manggis untuk diabites
  • manfaat buah manggis untuk lambung
  • manfaat buah manggis untuk anak
  • manfaat buah manggis untuk wajah
  • manfaat buah manggis untuk promil
  • manfaat buah manggis untuk ibu menyusui

Maka tidak heran, buah ini banyak sekali diburu oleh banyak orang untuk dimanfaatkan sebagai bahan utama obat herbal. Dari berbagai riset yang telah dilakukan oleh para ahli, buah manggis juga cocok untuk ibu Hamil. Buah manggis cocok untuk Ibu hamil sebagai asupan gizi pada bayi yang ada di dalam kadungan sang ibu. Selain itu dari riset yang dilakukan oleh para ahli bahwa selain kulitnya yang bermanfaat bijinya juga bisa di manfaatkan walaupun rasanya pahit.



Nama buah manggis dalam bahasa latinnya yaitu garcinia mangostana yang mana buah ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi. Maka tidak heran buah manggis bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung, diabetes dan juga penyakit obesitas. Ada sebuah studi yang dilakukan oleh BioMed Akes bahwa buah manggis mampu menurunkan kadar protein C-reaktif pada tubuh manusia.

Buah manggis juga dapat bermanfaat untuk kecantikan, karena di dalam buah manggis terdapat zat seperti xhantone, astosionin dan tanin yang mengandung antialergi, antiinflamasi, antioksidan dan juga antifungi. Semua zat tersebut sangat membantu dalam merawat kulit dan juga kesehatan tubuh manusia.

Manfaat buah manggis juga bagus bagi anak, kenapa saya katakan demikian ?, karena di dalam buah manggus terdapat zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, seng, kalium, natrium, mangan, tembaga, protein, karbohidrat dan juga serat. Maka tidak heran buah ini sangat di anjurkan untuk dikonsumsi anak-anak. Buah manggis juga bagus untuk ibu menyusui karena selain dari kandungan zat di atas, buah manggis mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin B12, dan juga vitamin A yang bagus untuk asupan gizi pada sang balita. Adapun untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini :


15 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

1. Bermanfaat untuk merawat kulit

Kandungan buah manggis tidak kalah dengan buah-buahan yang lainnya. Buah manggis sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk bahan kecantikan. Telah dilakukan penenlitian dan juga studi pada kandungan buah manggis ini menunjukkan bahwa kandungan buah manggis dapat mencegah penyakit kanker kulit. Karena ada kandungan anti-inflamasi dan juga anti bakteri, jamur dan juga anti oksidannya dapat membantu kita agar terhindar dari risiko terkena kanker kulit atau peradangan pada kulit manusia dan juga mencegah penuaan kulit sejak dini.

2.  Menghambat Pertumbuhan Penyakit Kanker

 Kulit yang ada pada buah manggis ternyata mempunyai manfaat. Kulitbuah manggis mengandung cukup banyak zat xanthoneyang maka hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan kanker yang ada pada tubuh manusia. Nah buat Anda yang dulu belum mengetahi akan kandungan kulit manggis ini nantinya jangan dibuang akan tetapi bisa Anda pergunakan sebagai obat herbal. Kulitnya bisa Anda keringkan dan Anda jemur kemudian Anda tumbuk hingga halus lalu simpan pada wadah yang kering. Karena kulit manggis ini bersifat apoptosis atau penghancur kanker.

3. Sebagai Obat Awet Muda

Kandungan zat antioksidan yang ada pada buah manggis ternyata dapat menghambat proses penuaan dini. Zat yang ada pada buah manggis dapat memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang telah rusak dan nantinya akan di ganti dengan  sel yang baru. Maka dengan Anda rutin mengonsumis buah maggis ataupun kulitnya maka Anda akan awet terlihat muda.

4. Dapat meningkatkan kekebalan Tubuh

Buah manggis yang kaya dengan kandungan mineral, vitamin, xanthone dan juga nutrisi akan dapat membantu tubuh anda menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Maka dengan hal tersebut apabila Anda rutin mengonsumsi buah manggis maka tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit.

5. Dapat mempercepat proses penyembuhan luka

Daun dan juga kulit pohon manggis ternyata bisa digunakan untuk ramuan herbal. Karena daun dan juga kulit pohonnya terdapat zat anti bakteri yang bisa digunakan untuk penyembuhan luka pada kulit dengan lebih cepat. Untuk cara penggunaannya yaitu Anda rebus daun ataupun kulit pohon manggis dan minum air rebusan tersebut.

6. Sifat Antioksidan

Buah manggis yang kaya akan zat xanthone dapat digunakan untuk obat herbal dan sebagai obat kekebalan tubuh. Maka tidak heran kita bisa lihat iklan di televisi tentang Gracia Sari manggis ini dan menag benar bahwa buah manggis kaya akan zat antioksidan.


7. Buah manggis dapat bermanfaat untuk mengatasi Menstruasi

Untuk Anda para wanita, menstruasi adalah hal yang wajar terjadi pada setiap bulan namun mayoritas wanita ketika sedang mengalami datang bulan/menstruasi ada yang merasakan sakit secara berlebihan mungkin karena proses menstruasinya tidak lancar. Maka dengan Anda rutin mengonsumsi buah manggis disaat menstruasi akan dapat membantu dan mempermudah siklus menstruasi dan mengurangi nyeri berlebih yang dapat menghambat aktifitas Anda.

8.  Buah manggis juga dapat mengontrol Diabetes

Pernahkah Anda mengalami Diabetes? nah bagi Anda yang sudah pernah mengalaminya atau sekarang lagi mengidap penyakit diabetes maka rasanya akan sakit sekali ketika tubuh Anda diprergunakan untuk aktifitas. Apalagi anjuran dokter kurangi minum yang mengandung kadar gula yang tinggi. Nah, dengan Anda rutin mengonsumis buah manggis ini ternyata dapat mengontrol penyakit diabetes tersebut, maka dengan Anda rutin mengonsumsi buah manggis bisa jadi Anda akan sembuh atau yang tidak mempunyai penyakit diabetes akan bisa terhindar dari penyakit yang menakutkan ini.

9. Buah manggis dapat menurunkan berat Badan

Nah, bagi Anda yang ingin diet atau lagi proses tahapn diet maka Anda bisa mengonsumsi rutin buah manggis ini. Karena nutrisi yang terdapat pada buah manggis dapat membantu Anda dalam proses diet dengan lebih cepat dan tentunya lebih menyehatkan tubuh.

10. Dapat membantu memerangi Lemak jahat pada Tubuh

Buah manggis yang mengandung anatagonistik ternayat bisa membantu Anda dalam menyerang lemak-lemak jahat yang terdapat pada tubuh kita. Karena pada hakekatnya lemak jahat yang terdapat pada Tubuh manusia tidak dapat dicerna dengan baik. Dengan Anda rutin mengonsumis buah manggis maka zat antagonisktik tersebut dapat bekerja dengan rutin dan menggelontrokan lemak jahat yang ada pada tubuh manusia. Karena pada hakekatnya lemak jahat tersebut berpotensi dapat menurunkan kekebalan tubuh manusia.

11. Buah manggis dapat mencegah stress berlebih

Pernahkah Anda ketika lagi stess kemudian makan buah manggis ? kalau belum pernah cara ini bisa Anda coba. Pernah suatu hari saya ketika lagi stress dengan tekanan cukup dahsyat saya tidak senaga makan buah manggis dan alhasil setelah saya makan untuk pertama gigitan, saya merasakan manisnya buah manggis ini dapat mengurangi tekanan stress yang sedang saya rasakan. Mungkin karena sangking manisnya dan juga kalau dagingnya tebal dan terdapat air sedikit saja, wah rasanya sungguh nikmat sekali stresspun menjadi berkurang.

12. Buah manggis dapat memperkuat daya ingat manusia

Nah, biasanya apabila orang yang lagi mengalami stress tinggi daya ingatnya akan cepat turun, contoh kecilnya seperti Anda lupa menaruh kunci sepeda motor, kalau Anda sedang stress dan Anda ingin mencari kunci sepeda motor maka nantinya kunci tersebut tidak mudah di ingat dimana terakhir meletakkannya karena sudah dalam kondisi panik dan stress tinggi. Nah dengan Anda memakan buah manggis maka stress akan berkurang dan daya ingat Anda kana lebih baik dan tentunya lebih kuat.

13. Mempertahankan Kinerja Otak Manusia

Nah untuk hal yang satu ini ternyata buah manggis dapat mempertahankan kinerja otak manusia dengan baik.  Karena dengan dukungan daya ingatnya yang baik maka akan mendorong kinerja otak manusia bekerja dengan baik pula. Maka tidak hanya pintar dan kuat ingatan, buah manggis dapat menstimulasi kinerja otak dan bisa membantu dalam mencerdaskan otak manusia.

14. Kulit Manggis dapat menyembuhkan Alergi

 Gejala umum yang biasa terjadi adalah alergi pada makanan atau suhu udara. Bisa jadi akan muncul gatal dan juga bintik-bintik pada kulit manusia. Nah dengan Anda rutin mengonsumsi kulit dari buah manggis ini dapat menyembuhkan Anda dari penyakit alergi tersebut. Cara pengguannya bisa Anda tumbuk sampai halus kulit manggis tersebut lalu Anda tuangkan air panas dan aduk hingga merata kemudian diamkan hingga air menjadi hangat lalu minum. Ya rasanya sih pahit, tapi itu sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

15. Kulit Manggis dapat mencegah Penyakit jantung

Masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kulit manggis bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung louh. Kandungan yang terdapat pada kulit manggis yang cukup beragam seperti magnesium, mangan dan juga tembaga ini dapat merawat dan juga mencegah adanya penyakit jantung. Dengan rutin mengonsumis kulit manggis akan membuat jantung Anda lebih sehat. Karena Kalium yang terdapat pada kulit mangggis dapat mengontrol sel dan cairan yang ada pada tubuh hal ini dapat mengontrol detak jantung dan tekanan Anda dengan baik. Manfaat ruitn mengonsumsi ramuan herbal kulit manggis juga dapat menghindarkan dari penyakit stroke dan juga jantung koroner.

Nah, itulah 15 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh. Bagaimana apakah Anda sekarang masih ragu dengan kandungan buah manggis beserta pohon-ponnya ?, padahal kekhasiatan buah manggis ini sudah banyak dibuktikan oleh para ilmuan. Maka tidak heran ketika buah manggis ini sudah di olah menjadi obat herbal dan dikemas dengan kemasan yang menarik dan modern, maka harga obat ini akan mahal. Padahal kalau kita mau membuatnya sendiri harganya akan lebih murah dan juga bahannya lebih fresh dan tidak terkontaminasi dengan zat yang ada pada pubrik obat tersebut.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai khasiat dari buah manggis ini dapat menambah wawasan ataupun pengetahuan kita dalam kandungan ataupun vitamin yang terdapat pada buah-buahan. Saya ucapkan selamat mencoba semoga kita semua sehat selalu dan bisa mengambil ilmu pengetahuan dari artikel kali ini. Demikian ulasan tentang khasiat buah manggis sampai bertemu di pembahasan khasiat buah yang lainnya, sampai jumpa..!

Sumber referensi:
https://doktersehat.com/manfaat-buah-manggis-bagi-kesehatan-tubuh/
https://doktersehat.com/manfaat-kulit-manggis/
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3104203/6-manfaat-manggis-untuk-kesehatan-tubuh-anda

Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel